Berperilaku efektif

Setelah seseorang dapat meninggalkan perilaku yang sia sia selanjutnya adalah menjalankan segala sesuatu dengan efektif, sehingga “demi masa” yang merupakan sumpah Allah kepada waktu atau masa benar benar kita anfaatkan sebaik baiknya. Waktu pada setiap manusia adalah sama yaitu 24 jam, waktu yang hanya 24 jam ini bagaimana dapat kita pergunakan sebaik-baiknya.

kehidupan manusia semakin sibuk, dan apa yang harus dilakukan harus sudah mulai tertata dari waktu ke waktu. Rencana adalah untuk masa depan, namun membuat rencana adalah sekarang artinya itulah pekerjaan kita sekarang. Dalam membuat rencana bukan berarti kita mengatur hidup kita mendahului kehendak Allah namun rencana adalah pekerjaan sekarang yang harus kita lakukan sekarang ini. Membuat rencana sekarang dengan aplikasi di android yang tersinkronisasi dengan lainnya sehingga hidup kita akan lebih efektif. Kemudian lakukan berdasarkan rencana yang sudah dibuat kapan ya sekarang juga, namun meski kita menjalankan rencana fleksibilitas dalam berperilaku harus kita jalankan, tidak kaku dan tidak harus.

hidup efektif tidak harus berpikir keras untuk menjadi efektif, itu akan sangat melelahkan dan mudah bikin stress. Satu cara yang dapat digunakan adalah dengan mengosongkan diri kemudian menjadikan Allah sebagai penggerak segala sesuatu. Yang kita kosongkan adalah kesadaran kita sebagai bentuk keyakinan kita kepada Allah yang tidak sama dengan apapun kemudian mengosongkan segala kemampuan dan kebisaan kita untuk kita gantikan dengan Allah. Ketika kita kosong dan tidak bisa apa apa, kemudian kita lakukan apa saja yang seharusnya kita lakukan. maka nanti akan ada perilaku yang efektif dengan sendiri. Dalam memahami cara ini kita akan di ajak memasuki dunia yang sangat luas tidak hanya sekarang tapi juga masa depan, seolah masa depan adalah sekarang. Dengan keluasan berpikir ini akan dapat menjadikan kita lebih efektif dalam merencanakan dan menyusun strategi untuk penyelesaian kedepannya.

cara diatas yang menjadi point penting juga adalah bagaimana membawa apa yang akan kita lakukan di masa depan menjadi rencana yang harus kita susun sekarang. Pemahaman dalam menyusun rencana adalah tidak berada di masa depan tapi menyusun rencana itu adalah sekarang dan disini. sehingga kita akan bisa menikmati dalam menyusun masa depan tanpa terbebani apa apa.  Cara menyusun strategi ini pun tidak dengan berpikir sampai kening berkerut tapi cukup dengan menuliskan ilham yang muncul ketika membuat rencana tersebut. Jadi benar benar menikmati tanpa terbebani.