Bersihkan diri dari beban hidup

Hidup akan menjadi beban jika ada beban… nah kita dapat membersihkan beban hidup itu dengan mengenolkan diri kita menjadi diri yang tiada ego. Mengenolkan ego dapat anda latih dengan berdzikir nafas secara rutin dan usahakan terus menerus. Kita akan merasakan bagaimana nikmatnya hidup tanpa beban. Kita akan dapat melakukan aktifitas tanpa ada yang membebani. Kita bekerja enjoy, kita ibadah enjoy dan semua enjoy.

Ingat bahwa masalah sebenarnya di luar bukan di dalam diri kita. kenapa diri kita yang di dalam ini juga ikut bermasalah karena diri kita ikut ikutan, Coba kalau kita pisahkan dengan masalah yang ada di luar dan kita lepaskan maka kita akan enjoy. Contoh kita punya hutang, hutang ini kan masalah di luar diri kita bukan masalah di dalam. Kalau masalah di luar ini kita bawa ke dalam misalnya dengan memikirkannya “bagaimana kalau tidak bisa bayar”, memikirkan misalnya “aduh.. hutang banyak sekali…” dan seterusnya .. Maka hidup kita akan terbebani dan kita dalam keadaan “bermasalah’

Masalah tidak kita lupakan dalam konsep membersihkan diri dari beban hidup adalah bahwa masalah tersebut kita pasrahkan kepada Allah, kita mintakan solusi kepada Allah SWT. sangat beda melupakan masalah dengan memasrahkan masalah tersebut kepada Allah. ada beberapa orang yang nyengir ketika saya mengatakan bahwa saya menyerahkan masalah saya kepada Allah. Seolah saya di ejek “bagaimana mungkin masalah selesai kalau diserahkan kepada Allah”… ya itulah ejekan orang yang tidak beriman … ya saya biarkan saja…

ketika kita memasrahkan masalah kita kepada Allah maka beban hidup kita nol, dan kita akan bisa menikmati hidup sambil menunggu apa yang Allah ilhamkan dalam diri terkait dengan penyelesaian masalah tersebut. dan saya menjalankan perintah Allah untuk menylesaikan masalah tersebut dapat saya jalankan dengan ringan dan dengan bahagia, tidak ada beban tidak ada malas apalagi khawatir dengan masalah tersebut.

itulah tips membersihkan diri dari beban hidup semoga kita dapat menikmati hidup yang sekarang bukan kemarin atau nanti, kita bahagia sekaran maka akan bahagia nanti, kita sengsara sekarang maka akan sengsara nanti.

2 thoughts on “Bersihkan diri dari beban hidup

  1. assalamualykum pk pur, berarti kita pasrahkan semua masalah kt kpd Alloh dan kita aktifitas sprt biasa sambil menunggu ilham dr Alloh gt njeh pk?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *