sangat terkesan dengan tulisan Ust Abu sangkan tentang ayat kursi

“”Saya sering mendengarkan orang berbicara mengenai wirid yang di dawamkan akan mempunyai khadam pembantu yang akan selalu menolong siapa saja yang mengamalkannya. Hal ini sangat bertentangan dengan ayat tersebut yang menegaskan bahwa Allah adalah Sang Penolong, Yang memelihara semua makhluk-Nya, tempat meminta”.

tulisan ust Abu tersebut yang berjudul ayat kursi mengingatkan kita tentang wasilah, seringkali umat islam ini suka dengan wasilah , ada wasilah bacaan atau wird, wasilah kyai, wasilah shalawat dan lain lain. namun beberapa orang hatinya lupa akan yang memberi yaitu Allah SWT. seperti halnya ketika seseorang mendawamkan bacaan ayat kursi dia berkeyakinan dengan bacaan ayat kursi ini akan membawa khadam, dimana khadam ini yang berada di menjaga huruf ayat kursi tersebut bisa menjaga kita dari gangguan orang maupun mkhluk lainnya.

keyakinan tentang khodam ini sebenarnya sudah menggelincirkan kita kepada Allah SWT, sehingga kita secara tidak sadar menjadi syirik. boleh membaca ayat kursi atau berwasilah kepada ayat kursi namun sebaiknya dipahami isinya kemudian diinternaslisasi sehingga menjadi bagian yang kuat dalam sistem keyakinan dalam diri kita. Nah dengan keyakinan itulah maka akan muncul kekuatan yang luar biasa, yang bukan berasal dari khodam tapi dari Allah SWT.