biodanza dan terapi sholat

mungkin agak aneh ya apa hubunganya danza dan terapi sholat… jelas kalau cari hubungannya jelas susah, tapi kalau dicari persamaanya ada juga. alhamdulilah kemarin selama 2 hari mengikuti training for trainner BIODANZA FOR CHILDREN. persamaanya ada pada gerakan dan relaksasi, kalau sholat kita bergerak takbir, bergerak rukuk, bergerak duduk, dan bergerak sujud…. dan setelah pada posisi rukuk sujud ataupun berdiri yang dilakukan adalah relaksasi.. demikian pula dengan biodanza setelah badan bergerak kemudian melakukan relaksasi …..

pada sesi sesi relaksasi dengan iringan musik yang sangat pas… saya gunakan untuk ke Allah wuuiih enak sekali.. terasa rileksnya.

eh ada sesi silaturahmi nya juga, persis seperti yang diajarkan ust abu sangkan pada pelatihan sholat khusyu. pendapat dari pak Dr. Marcus stuck, bahwa telapak tangan adalah aliran penyalur kasih sayang kita , jadi kalau kita membelai anak anak dengan telapak tangan maka tangan akan dapat dirasakan oleh anak..

pada workshop 2 hari kemarin banyak pengalaman dan ide ide untuk melakukan pelatihan … pada pelatihan sholat utnuk anak ¬†anak ada metode baru bagaimana mengajak anak untuk relaks dan tumakninah dalam sholatnya. insya Allah sya akan mengadakan pelatihan sholat tumakninah khusus untuk anak anak.

 

By Setiyo Purwanto

Trainer dan Peneliti psikologi islam
Dosen Fakultas Psikologi UMS

13 replies on “biodanza dan terapi sholat”

Assalamualaikum pak pur , tertarik pada kata relaksi pakai musik menuju Allah enak sekali gimana caranya dan pakai musik jenis apa ? mohon pencerahannya.

waalaikum salam, ternyata ada musik danza yang sangat cocok untuk nge fly pak, judulnya lupa pak.. he he.. ,, musik musik timur tengah sebenarnya bisa juga pak, terutama yang menggunakan ketipung… setiap ketukan ketipung kita gunakan untuk loncat ke Allah pak…. rasanya seperti .. shuut…..shuuttt…

Assalamu’alaikum ust….hampir tiap hari saya nyimak tulisan njenengan….luar biasa!!! Tapi dah nyoba latihan patrap belum juga nyambung…kalo mo privat ja bisa nggak ya???

waalaikum salam, ya pak sebaiknya privat saja… untuk patrapnya, kapan saya tunggu di solo…

iya Bu insya Allah, ehhmm apakah ibu bisa mengumpulkan anak (7-12th) jika bisa sekitar 10-20 saya akan datang saja ke semarang. nanti kita lakukan pelatihan di sana …

Insya Allah. nanti saya hubungi Bapak. Kebetulan anak laki-laki saya berumur 8 tahun. Saya coba hubungi teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.