campaign : Dzikrullah bukan ingat Allah tapi sadar Allah (21-25)

campaign : Dzikrullah bukan ingat Allah tapi sadar Allah (21)

sebuah pesan menarik dari Tuan Syeihk Dr. Ismail kassim malaysia tentang dzikir yang mengarah pada kesadaran akan Allah SWT,

Zikir Nafas Hadist Qudsi berikut: “Aku mencintai hamba-Ku yang tidak pernah berhenti mendekati-Ku lewat amalan-amalan sunnah-Ku [ Sunntullah yang paling utama adalah Rukun Islam pertama iaitu Mempelajari Ilmu la ilaha IlAllah ] . Kalau Aku mencintai seorang hamba, maka Aku akan membuat hamba-Ku mendengar melalui pendengaran-Ku, melihat melalui penglihatan-Ku, memegang melalui tangan-Ku, dan melangkah dengan kaki-Ku.

 

Campaign; dzikrullah bukan ingat Alah tapi sadar Allah (22)

Dari santri jombang mas John Donie Allender

saya itu dari sejak pertama belajar tauhid,, (sebelum kesana, belajar dulu nahwu shorof),, saya sudah curiga kalau makna dzikir itu memang bukan Ingat… kalangan santri di jawa menerjemahkan dzikir sebagai eling, sedangkan eling diterjemahkan dalam bahasa indonesia sebagai ingat… padahal dalam lingkungan jawa (tepatnya jombang sebagai tempat domisili saya) eling kalau dinisbatkan kepada Alloh, bukanlah eling sebagaimana yang ditujukan pada manusia… eling yang dimaksudkan lebih condong ke arah “Sadar”…. yaa memang hanya beda istilah, hanya saja pelan – pelan kesalah kaprahan penerjemahan akan mempengaruhi efek pemahaman dikemudian hari….

dan oke saja kalau kita sebagai pelaku suluk (salik), penempuh jalan ilahiah, kita ndak perlu ribut bahasan ilmu. kita objektif saja, karna saya kira masing masing kita sudah paham esensi dzikir itu seperti apa.. apakah dzikir itu dengan otak? dengan hati? dengan rasa? atau justru dengan Jiwa? atau mungkin bahkan dengan Ruh?

 

Campaign; dzikrullah bukan ingat Alah tapi sadar Allah (23)

belajar sadar yang paling efektif menggunakan metode patrap. dengan latihan sekali langsung bisa paham apa itu sadar Allah. Kalau “sadar” ini di teorikan dikuliahkan akan sulit memahaminya. maka saran saya belajar patrap maka nanti akan paham sadar. Sadar ini ibarat minum teh dimana setelah minum kita akan paham rasa teh

 

campaign: Dzikrullah bukan ingat Allh tapi sadar Allah (24)

jangan rancukan sadar dengan ingat, belajar dzikrullah harus bisa membedakan mana ingat dan mana sadar, bedakan alatnya. Kalau saya menyebut sadar ya sadar bukan ingat, tapi kalau saya menyebut ya ingat bukan sadar.

 

campaign: Dzikrullah bukan ingat Allh tapi sadar Allah (25)

semakin anda bertanya tentang sadar maka semakin anda tidak paham. tulisan ini pun pasti akan anda debat “lha kalau ndak tanya bagaimana bisa paham” sadar Allah itu ya pakai Iman.. coba iman kepada Allah jelaskan pada saya pasti nanti jawabnya akan sama seperti pengertian sadar Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *