Cara agar tidak terhipnotis oleh guru spiritual

Orang yang terlalu mengkultuskan seseorang biasanya seorang mursyid syeh atau seorang ustad, bisa berakibat positif dan negatif, berakibat positif karena tokoh yang kita kultuskan memiliki sifat positif tapi bahayanya hal hal negatif yang ada pada orang yang dikultuskan tersebut juga akan menurun. Jika Beliau orangnya murah hati pemberi dan kasih sayang maka sifat itu akan menurun kita namun jika Beliau memiliki sifat “suka perempuan” misalnya, maka sifat ini juga akan menurun.

Bagaimana bisa terlepas dari sikap negatif tersebut ?

  1. jelas, tidak mengkultuskan secara BUTA, tetapi tetap hormat dan santun kepada Beliau
  2. berpikir rasional dalam belajar dengan Beliau, lihatlah dengan pikiran jernih bahwa perbuatan salah adalah salah dan jangan di contoh, ingat hadis sabda rasulullah , ambil yang baik tinggalkan yang tidak baik. Kalau Beliau baik ya di contoh kalau beliau salah yang jangan di contoh. 
  3. waspadalah dengan atribut Beliau, atribut tersebut bisa gelar misalnya Habib, syech, waliyullah, atau atribut pakaian misalnya jubah, serban etc, atau cerita cerita yang Beliau sampaikan misalnya dia ditemuai Rasulullah, Dia sakti, Dia bisa ini dan itu, dan atribut berjenis lainnya. Atribut atribut ini bisa menyebabkan kita terhipnotis yang pada akhirnya bisa menyebabkan tidak bisa berpikir objektif dari apa yang dia ajarkan, dan inilah yang sering menyebabkan ajaran ajaran sesat di banyak tempat. 
  4. Tetap berpegang pada Allah jangan lainnya. jangan takut dengan ancaman Beliau misalnya kalau dia tidak dipatuhi maka kita akan mendapatkan adzab Allah, jika kita tidak patuh maka kita tidak akan mendapatkan pengajaran dan pencerahan hidup. berpegang kepada Allah bukan kepada yang lain akan menyebabkan kita tidak akan terhipnotis oleh Beliau.  

Semoga kita selamat dunia akhirat…..

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *