Cara berdakwah dengan benar kepada orang nasrani ( kristen )

dalam beragama point penting adalah mengenalkan Tuhan, bukan syariat, jadi salah besar jika berdakwah kepada agama lain yang ditekankan adalah masalah sholat zakat dan lainnya. Justru yang paling penting adalah masalah ke Tuhanan. Maka jika anda akan mengajak orang beragama lain misalnya orang nasrani maka ajaklah untuk membahas masalah Tuhan, tentunya anda juga harus kuat dalam berTuhan bukan dalam tataran menguasai ilmu keTuhanan atau …ushuludin…. tapi anda harus benar benar makrifat kepada Tuhan Allah. Kalau kita hanya mengetahui tanpa mengenal secara langsung maka diskusi atau debat kusir tidak akan selesai. karena cara yang akan saya sampaikan ini adalah mengajak orang nasrani masuk islam dengan pembuktian riil bukan dengan teori teori ilmu ke Tuhanan atau ilmu kebenaran agama islam.

baiklah saya akan sedikit memberikan tips atau urutan yang bisa menjadi referensi jika anda ingin mengajak orang nasrani atau agama lain masuk islam :

  1. ajaklah dia makan makan atau berikan sesuatu yang di sukai atau butuhkan, berikan terus … jangan membahas masalah agama atau yang berkaitan dengan agama, buat dia terkesan dengan akhlak kita. cara ini efektif agar dia ada “klik” dengan kita dalam bahasa nlp ini disebut dengan PACING kemudian setelah terkajadi klik ajaklah membicarakan tentang ke agungan Tuhan Keindahan Tuhan dan Kasih Tuhan. Ini untuk tahap PACING spiritual. setelah dia merasa nyaman baru anda bisa masuk ke langkah kedua 
  2. Bicarakan asal manusia hakikat manusia dan tujuan akhir manusia (jangan membicarakan hal hal yang masih berlawanan dengan ajaran dia, belum waktunya, bicarakan saja secara general)  bicarakan juga mengenai hakikat kehidupan di dunia ini (ini juga umum saja yang bisa diterima oleh agama nasrani atau agama dari orang yang akan kita ajak masuk islam)
  3. kemudian tanpa menyebut islam, tanpa menyebut istilah istilah dalam agama islam ajaklah dia untuk membicarakan tentang cara islam dalam hidup, sikap berserah dalam kehidupan, sikap saling menolong, saling mengasihi dalam islam. 
  4. jangan masuk ke metode ke 4 ini sebelum dia benar benar merasakan “islam itu baik”, ajaklah dia untuk terlibat, bertemu dan ikut peran serta dalam aktivitas keagamaan tentunya bukan yang bersifat ibadah, misalnya ajak dia untuk bersedekah, ajak dia untuk berjalan jalan ke masjid masjid atau apalah yang penting bisa membuat dia semakin dekat dengan dunia islam. 
  5. ajaklah dia berdiskusi tentang Tuhan bahwa Tuhan islam adalah Tuhan yang tidak bisa dipersepsi tapi Dia hadir setiap saat … terlibat dalam setiap aktivitas kita. pada tahap ini anda harus benar benar merasakan kehadiran Allah dalam diri kita (kalau boleh saya sarankan anda dapat melatih mengenal Allah ini dengan metode patrap atau dzikri nafas). 
  6. nah kemudian buktikan dengan kenyataan tentang “kuasa Tuhan” yang menciptakan alam semesta dan kuasa Tuhan yang maha berkehendak. Pada Tahap ini layaknya anda seornag wali songo yang bisa membuktikan kebeesaran Allah dengan berbagai Miracle atau keajaiban . misalnya berdoa minta sembuh si sakit lalu sembuh…. memohon rizki Allah mengabulkan datangnya rizkir… pada level ini anda harus benar benar yakin dan percaya kepada Allah, tidak bisa tidak. Kalau anda ragu kepada Allah SWt bagaimana dengan orang yang akan anda ajak untuk memeluk islam ?
  7. ini yang terakhir serahkan hidayah iman kepada Allah SWT , biarkan Allah yang akan menentukan apakah dia akan selamanya kafir atau dia masuk islam. karena hidayah adalah hak prerogratif Allah kita tidak bisa mengintervensi apapun. 

demikian kedelapan cara mengajak orang beragama lain untuk masuk islam. oh ya jangan lupa untuk bersikap seperti Rasulullah ya rahmatan lil alamin (kebaikan untuk seluruh alam bukan hanya khusus orang islam)

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “Cara berdakwah dengan benar kepada orang nasrani ( kristen )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *