Cara Cepat Bayar Hutang

Abu Hurairah ra berkata:

Barang siapa yang hutang uang kepada  orang, lantas berkehendak untuk membayarnya maka Allah akan mempermudah jalannya  untuk melunasinya. Barang siapa yang hutang dengan tujuan tidak membayar  maka Allah akan membinasakannya.

(HR Bukhari dan Ibnu Majah)

Rasulullah SAW bersabda:

Orang yang masih mempunyai tanggungan hutang (lantas meninggal dunia) maka terbelenggu di kuburan, tidak akan lepas kecuali hutang dibayar (oleh ahli warisnya).” (HR Adailami)

  1. Prolog

Hutang merupakan kewajiban yang harus dibayarkan, konsekwensi orang berhutang mau tidak mau, punya tidak punya, harus membayar. Sekarang model orang berhutang bermacam macam, dari mulai hutang dengan tetangga hingga dengan menggunakan kartu kredit. Memiliki barang yang disenangi tidak lagi menjadi hambatan.

Masalah muncul ketika hutang bertumpuk dan memakan uang yang seharusnya untuk keperluan sehari hari. Bertumpuknya hutang yang harus dibayarkan membuat hidup tidak tenang, tidur tidak nyenyak, dan emosi pun mulai tidak stabil, mudah marah, stress…

Hutang yang mulanya menyenangkan mulai menjadi neraka, untuk itu perlu ada cara yang praktis agar hidup lebih bahagia dengan tetap dililit hutang, hidup tetap happy biarpun cicilan tiap bulan harus dijalankan.

Tidak ada masalah dalam hidup yang tidak dapat diselesaikan, semua ada solusinya, tinggal bagaimana caranya saja. Kita sangatlah rugi jika kita hutang dan hati kita sedih, biarkan hutang tetap hutang toh nanti di akhir bulan kita tetap bayar. Kenapa harus dipikir dengan berat toh kita juga bayar di akhir bulan. Jadi untuk apa memilirkan hutang, jadi untuk apa berpikir keras tentang hutang, untuk apa tidak bisa tidur hanya gara gara hutang….

Namun untuk membuat happy dengan hutang yang kian menumpuk, tidak lah setiap orang bisa, tidak lah setiap orang mampu, apalagi jika di tambah dengan permasalahan permasalahan yang lain seperti masalah keluarga, masalah pekerjaan, masalah dengan teman .. wah rasanya tidak mungkin untuk bisa tidur nyenyak, untuk makan enak,….

Artikel singkat ini saya tulis agar para penghutang (orang yang hutang) memiliki metode praktis yang dapat membebaskan dirinya dari lilitan hutang, cepat lunas, dengan cara yang sederhana, dengan cara yang mudah, dan cara yang di ridloi Allah SWT.

2.

  1. Niat membayar hutang
  2. 2. Bersedakah dengan ihlas
  3. Yakin kepada Allah kalau Allah melunasi hutang
  4. 4. Bersyukur karena Allah telah menyediakan uang untuk kita
  5. Bekerja dengan baik

 

Kelima cara ini merupakan dasar yang harus dimiliki, saya akan menguraikan bagaimana memformulasikan kelima prinsip diatas. Formulasi pembayaran hutang ini hanya bersifat memudahkan saja, agar kelima unsur tersebut memiliki kekuatan yang mempercepat hutang kita cepat terbayar.

Baiklah akan saya uraikan satu persatu :

  1. Berniatlah, tetapkan niat membayar hutang ini setiap kali teringat dengan hutang. Pupuklah niat ini, pepatah mengatakan ”semakin kuat niat maka akan semakin cepat suatu keinginan akan terwujud” jadi perbaharui selalu niat untuk membayar hutang hingga pikiran, emosi, perilaku kita terpengaruh untuk ”bagaimana segera menyelesaikan hutang”. Jangan pernah terbersit dalam hati untuk ”tidak membayar hutang” bahasa jawanya ngemplang, kita berniat sedikit saja untuk tidak bayar hutang maka pikiran kita, emosi dan perilaku kita akan terpengaruh untuk tidak membayar. Niat ini merupakan modal dasar bagi kita untuk dapat melunasi hutang, jangan menyepelekan niat. Niat akan menjadikan motivasi kita semakin besar, dampak yang lain adalah niat dapat mengurangi stress kita terhadap hutang, niat yang kuat dapat mengurangi kekhawatiran tidak bisa bayar hutang. Berniatlah karena Allah, jadi berniat ihlas karena Allah untuk bisa membayar hutang. Berhutang merupakan sunah rasulullah yaitu mensegerakan untuk melunasi hutang. Maka jika kita mensegerakan membayar hutang berarti itu perintah Allah. So… membayar hutang dengan ihlas karena Allah. Dengann ihlas karena Allah ini akan menguatkan kita dalam berusaha untuk segera membayar hutang, semakin hutang dapat di lunasi akan semakin baik.
  2. metode kedua, agar lebih lancar targetkan perbulan untuk membayar. Misalnya 500 ribu, atau 1juta… dst, biasaya  jika pinjaman dari bank hal itu sudah ditentukan besar cicilannya. Target perbulan ini penting agar di tiap bulannya kita bisa memprediksikan jumlah uang yang kita keluarkan baik untuk keperluan sehari hari hari maupun untuk membayar cicilan tiap bulannya. Jadi hal ini harus jelas, karena prinsip dari metode ini adalah kejelasan jumlah yang harus dibayarkan. Kami menggunakan pendekatan ini karena apa yang kita inginkan itulah yang kita dapatkan, kalau setiap bulan kita membayar cicilan 500ribu sedangkan kebutuhan sehari hari habis 2 juta padahal gaji Cuma 1,5juta perbulan, sehingga ada 1 juta defisit …. nah yang satu juta ini haru kita dapatkan dalam satu bulan. Ini jelas penting karena secara matematik orang tersebut harus mencari penghasil tambahan sebesar 1 juta. Untuk itu diperlukan keyakinan yang kuat kepada Allah, bahwa Allah akan memberikan jalan rejeki yang tidak di sangka sangka.
  3. metode ke 3 setelah mentargetkan perbulan berapa rupiah, langkah selanjutnya adalah membuat rejeki kita masuk dari jalan yang tidak disangka sangka yaitu dengan cara memberikan sebagian uang kita kepada orang lain alias shodaqoh atau sedekah. Jika kekurangan uang tadi adalah 1 juta maka uang yang kita sedekahkan adalah 110ribu rupiah, kenapa 110 ribu karena nanti Allah akan menyediakan kepada kita uang sejumlah 1100ribu (satu juta seratus ribu), atau 10 kali lipatnya. sedekah ini penting sekali karena inilah yang menjadi pokok inti dari cara ini. Mungkin anda sering mendengar bahkan sudah melakukkannya, namun ada sedikit perbedaan, perbedaannya terletak pada bahwa 10 kali lipat yang disediakan Allah tidak Cuma Cuma, atau tidak datang begitu saja. Kita harus menyambutnya dengan bekerja dan mencari jalan bagaimana untuk mendapatkannya. Ingat waktu anda hanya sebulan untuk mendapatkan lipatannya. Kalau kita hanya menunggu dan tidak beraktivitas apapun malah kita memikirkannya ”mana lipatan yang dijanjikan Allah” maka saya yakin lipatan itu tidak akan datang. Dan anda akan kecewa karena jumlah liptan 10 kali tidak muncul. Cara sedekahnya pun tidak boleh sembarangan, ada caranya yaitu: 1. sedekahlah kepada orang yang lebih membutuhkan uluran tangan kita, kepada orang tua kita, kepada saudara saudara kita dan kepada orang yang lebih dekat dengan kita. 2. cara sedekah adalah dengan ihlas lillahi taala, tidak mengharapkan 10 kali lipatan dari Allah (karena memang ”tidak harap harapkan” namun lipatan 10 kali lipat seharusnya ”di Yakini”). Kenapa harus ihlas ketika memberikan karena sedekah ini pada hakikatnya adalah memberikan ke Allah, bukan ke orang yang kita beri. Jadi pada saat kita memberikan uang sedekah hakikat sesungguhnya kita memberikan ke Allah. 3. cara memberikan kepada orang dengan cara yang baik, misalnya dengan tangan kanan, dengan senyum, dengan cara yang tidak menyinggung perasaannnnya.
  4. cara yang ke empat, adalah meyakini bahwa Allah telah menyediakan kelipatan 10 kalinya dari uang yang kita sedekahkan, langsung setelah ketika kita memberikan ke orang. Ingat yakin bahwa Allah telah menyediakan, artinya uang yang sudah disediakan Allah ini harus kita usahakan, harus kita dapatkan, harus kita perjuangkan dengan cara cara yang sudah menjadi sunatullah (hukum Allah) yaitu bekerja, mencari ide, mencari peluang, dan lain sebagainya. Pokoknya gunakan segala kekuatan diri kita untuk meraih 10 kali lipatnya tadi. Jika Allah sudah menyediakan 10kali lipatnya maka kita akan diberi kemudahan oleh Allah untuk mendapatkannya, tapi jika kita belum mendapatkan dari Allah, maka rejeki akan lebih susah kita dapatkan. Jadi kelebihan bersedakah adalah Allah akan memudahkan usaha kita, Allah akan memberikan jalan yang tidak pernah kita sangka sangka datangnya. Dan yang jelas kemudahan itu akan membuat kita lebih tenang dalam bekerja, lebih semangat dalam bekerja dan lebih happy tentunya. Ingat yang mengatur Alam semesta ini adalah Allah jadi kalau yang mengatur alam semesta ini menghendaki kita untuk mendapatkan rejeki uang maka hal itu mudah saja bagiNya untuk mengatur sebarapa besar uang yang kita butuhkan.

____________________________________

temukan kebahagiaan sejati dengan shalat

baca bukunya dan dapatkan kebahagiaan sejati, silahkan klik gambar …

____________________________________________

Pada tahap ini keyakinan kita diuji, apakah dengan sedekah kita yakin dapat melunasi atau tidak. Salah satu kelemahan dari metode ini adalah jika orang yang mempraktekannya lemah imannya kepada Allah, lemah keyakinannya kepada Allah. Namun kita tidak perlu khawatir jika kita merasa iman kita lemah, teruslah mencoba dari sedekah yang paling ringan menurut kita, kemudian kita yakini. Misalnya kita sedekah 10ribu kita yakin kalau Allah melipatgandakan menjadi 100ribu. Ini lebih baik dari pada kita langsung bersedekah dengan jumlah uang lebih banyak namun kita terganggu dengan jumlah yang besar terebut. Berlatih lah dari yang kecil besar, besar dan besar…. yang penting adalah keyakinan kita bahwa Allah melipatgandakan.

Latihan sedekah dengan meyakini ini juga dapat untuk meningkatkan keimanan kita kepada Allah. Dengan sedekah yang sedikit kemudian kita meyakini dan Allah memberikan kelipatan maka iman kita meningkat karena kita benar benar membuktikan bahwa Allah benar benar menepati janjinya.

  1. cara terakhir adalah ACTION, atau bergeraklah, cepat cepatlah bertindak, semakin kita cepat dalam menyambut rejeki dari Allah maka semakin cepat pula Allah memberikan kita uang. Action lah sesuai dengan aturan yang ada, bekerjalah dengan tekun dan baik, tolonglah orang dengan ihlas, silaturahmi, carilah kesempatan berbisnis, peluang bisnis, jualkan dagangan orang lain, jadilah penghubung, sambil relaks, ambilah kesempatan untuk bisa menjualkan milik orang lain kemudian minta bagi hasilnya. Jangan hanya diam menunggu Allah memberikan, karena jika iman kita lemah, keyakinan kita lemah maka diam kita akan dapat merusak manfaat ssedekah itu tadi. Misalnya dengan mengharap harap maka mengharap harap itu sama saja dengan tidak meyakini Allah. Kalau kita tidak meyakini bahwa Allah memberikan lipatan 10 kali maka , Allah tidak akan memberikannya. Jadi bertindaklah. Cara yang paling mudah dalam bertindak adalah ambil barang kemudian jual. Berdagang ini cara yang paling mudah untuk menarik rejeki yang sudah disediakan Allah.
  2. 6. Bersyukur, bersyukur ini sebagai kunci agar rejeki untuk kita tetap terjaga, Allah sangat tergantung sekali dengan prasangka kita kepada Nya, jika kita berprasangka positif maka kita akan menjadi positif, tapi jika kita berprasangka negatif maka kita akan mendapatkan negatif. Terbayarnya hutang karena kita berprasangka kepada Allah bahwa menyediakan uang untuk kita bayarkan. Hutang kita tak terbayar karena ada prasangka negatif kepada Allah bahwa rejeki Allah tidak ada, Allah tidak melipatgandakan uang saya, hutang ku terlalu banyak dan seterusnya, pikiran pikiran demikian menunjukkan bahwa Allah itu pembohong, Allah itu tidak dipercaya, dan Allah itu tidak menepati janjinya. Bila kita demikian maka Allah pun akan menjadi yang kita sangkakan kepada Nya, sehingga kita sulit mendapatkan  rejeki meski kita telah sedekah, Allah tidak memudahkan usaha kita karena kita berprasangka kalau Allah itu menyulitkan saya. Untuk itu usaha kita dari mulai niat membayar hutang, bersedekah dan meyakini… jangan sampai dirusak oleh pikiran negatif kita.

Pikiran negatif muncul karena kita kurang bersyukur atau tidak bersyukur kepada Allah. Coba, kalau kita selalu bersyukur maka akan muncul pikiran positif dan pikiran positif ini memunculkan emosi positif dan hal ini akan menyebabkan baik sangka kepada Allah, nah kalau kita sudah baik sangka kepada Allah dengan bersyukur maka Allah akan menurunkan kemudahan dan akan memberikan jalan keluar yang tidak pernah kita perkirakan sebelumnya. Prakteknya : jika kita sudah bersedekah maka otomatis Allah langsung menukarnya 10 kali lipat (minimal) nah kita yakini itu, dan kita syukuri. Kita bersyukur karena Allah telah menyediakannya untuk kita, lalui hidup kita dengan penuh syukur atas nikmat kelipatan sepuluh tadi. Syukur ini harus benar benar kita jaga tidak boleh sedetikpun kita kotori dengan pikiran negatif. HARUS SELALU BERSYUKUR. Contoh lebih praktisnya tentang bersyukur ini adalah : saya sedekah 1 juta, setelah saya sedekahkan 1 juta itu berarti Allah telah menyediakan untuk saya 10 juta, nah karena Allah menyediakan 10 juta berarti saya untuk 9 juta. Keuntungan ini membuat hati saya happy, senang, bahagia, dan saya BERSYUKUR KEPADA ALLAH karena Allah telah menyediakan keuntungan 9 juta untuk saya. Saya tidak boleh terganggu oleh keadaan misalnya ”kapan?, lewat mana?, kok nggak muncul muncul…? ” pikiran ini akan memancing saya untuk tidak bersyukur, maka pikiran pikiran tadi harus saya hindari dan bila terlintas akan saya lempar jauh jauh, sehingga benar benar saya bersyukur karena Allah telah memberikan saya keuntungan 9 juta.

Kendala paling utama dalam melunasi hutang dengan cara sedekah ini adalah lemahnya rasa syukur kita, saya tidak memvonis, tapi biasanya kita terganggu dengan tidak munculnya balasan dari Allah sebesar 10 kali lipatnya, seharusnyakan selepas sedekah hati kita bahagia tapi kita masih saja kepikiran hutang, masih saja kepikiran hutang yang tak terbayarkan. Nah disinilah kita perlu melatih keyakinan kita kepada Allah dan kemudian kita bersyukur sebagai konsekwensi dari keyakinan kita. Cobalah untuk meyakini setiap sedekah yang kita berikan dilipatkan 10 kalinya, dan terus lah bersyukur …. bayangkan : kita sedekah 1 juta, Allah memberikan 10 juta…. keuntungan 9 juta! Berniaga dengan Allah pasti sangat menguntungkan. Makanya bersyukur, bersyukur dan bersyukur…………….

Keenam cara tersebut harus dilakukan dengan tenang, tidak terburu buru. Cara ini sangat pas jika anda memiliki hutang yang sepertinya tak terbayarkan. Jadi anda memiliki unsur kepepet, unsur terdesak, unsur ini sangat baik karena akan memicu adrenalin, memicu kepasrahan, memicu kenekatan, memicu motivasi, dan memicu kesungguhan anda dalam membayar hutang.

Untuk lebih jelasnya akan saya berikan ilustrasi agar anda dapat memahaminya dengan jelas.

Saya hutang kepada bank 50 juta, setiap bulan saya harus membayar hutang saya sebesar 1 juta. Uang belanja harian pas pasan untuk keperluan sehari hari sehingga saya harus menambahkan uang 1 juta membayar cicilan tersebut. Baiklah cara yang pertama : SAYA BERNIAT MEMBAYAR HUTANG IHLAS KARENA ALLAH

Cara yang kedua : SAYA BERNIAT MEMBAYAR SETIAP BULAN 1 JUTA RUPIAH

Cara yang ketiga : SAYA BERSEDEKAH RP. 100.000,00 (SERATUS RIBU)

Cara yang keempat: SAYA YAKIN ALLAH MENYEDIAKAN 1.000.000 RUPIAH UNTUK SAYA

Cara yang ke lima : SAYA SIAP MENYAMBUT 1 JUTA DARI ALLAH DENGAN GIAT BEKERJA MENCARI PELUANG BISNIS.

Cara yang ke enam :SAYA AKAN BERSYUKUR SETIAP SAAT KARENA ALLAH MEMBERI KELIMPAHAN REJEKI KEPADA SAYA

Baiklah mudah mudah cara ini dapat membantu anda yang terlilit hutang agar segera terbebas dari hutang.

Selamat mencoba semoga Allah memberikan kemudahan

 

baca kelanjutan artikel saya di http://solospiritislam.com/kenapa-menyegarakan-membayar-hutang-lebih-baik-dari-pada-sedekah/

ke rekening Bank mandiri  atas nama YAYASAN SOLO SPIRIT ISLAM

Bank Mandiri no rek ; 138 00 1153815 9

236 thoughts on “Cara Cepat Bayar Hutang

  1. Assalamu ‘alaikum wrwb,

    Pak Setiyo, salam kenal. Membaca tulisan Bapak tentang hutang, saya jadi tergelitik untuk bertanya. Pertanyaan saya sebenarnya mudah, tetapi saya belum tahu jawabannya hingga kini.

    Bila seseorang memiliki perusahaan, katakanlah, saya memiliki saham di PT. Astra Agro Lestari, Tbk, dan PT tersebut memiliki hutang, apakah hutang-hutang PT tersebut juga merupakan tanggungan saya?

    Dalam Undang-Undang Perseroan Terbatas, tanggung jawab pemegang saham adalah sebesar modal yang disetorkannya. Namun demikian UU itu adalah hukum formal negara dan bukan Al Qur’an.

    Demikian pertanyaan dari saya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

    Wassalamu ‘alaikum wr.wb,

    Andie Hazairin

    • waalaikum salam, wah rumit juga ya pak, tapi seandainya bisa bayar kan bagus itu pak, jadi bukan masalah yang bertanggung jawab siapa. perusahaannya perlu di sedekah juga pak…. biar berkah dan biar tertutup utangnya….. wassalam, maaf kalau jawaban sy kurang memuaskan karena keterbatasan saya.

    • ass….. bpk ustd, setiyo purwanto. pak? saya mau nanya?,jg curhat, tolong bantuanya. begini kisahya pak???? saya seorang penagih rekening listrik, di perusahaan yg di kelola pemda. mulai thn februari 2009.dengan omset total tagih Rp.12 jt. awalnya berjalan lancar. dengan bertambahnya pelanggan hingga tahun 2012 omset total Rp.-+ 35jt. pada bulan maret.2012, saya mengajukan pengunduran diri, tp tak ditanggapi, krn hati saya sudah ngerasa nggak aman, takut hilang, was was. dan terjadilah pada bulan juni,juli,agustus.uang setoran, ndak cukup, sehingga total tagih jg denda menjadi hutang saya jumlah Rp,131.800.000.jt. dan uang sebanyak itu, perusahaan minta, bulan 21.desember.2012 harus dilunasi. sedangkan sepeserpun saya nggak punya uang, saya dipecat krn nggak bisa setor mulai bulan september 2012. saya bingung pak??? buat makan aja susah, apalagi untuk bayar uang sebanyak itu. tolong kasih saran jg petunjuk nya y pak??? wass…….

      • masih ada Allah yang kaya pak. ikuti maunya Allah pak insya Allah bapak akan diberikan jalannya. ikuti kehendak Allah yang menyenangkan dan yang tidak menyenangkan untuk bapak, tetap sabar dan istiqomah

      • pak, saya yakin sekali akan pertolongan Alloh, bagamana caranya agar pertolongan Alloh segera datang karena besok saya sudah harus bayar hutang

        • pertolongan Allah ketika kita berani menghadapi hutang, kalau pun belum terbayar hadapi saja dengan tetap mengandalkan Allah . Insya Allah nanti pertolongan Allah akan turun

  2. Pak Ust. Pur tolong di beri tahu apakah akibat yang ditanggung di dunia atau akhirat kepada pengemplang hutang. krn saya amati sekarang banyak orang ngentengno mslh ini, saya awam ustd. mtr nuwn

    • wah ngemplang utang …. bahaya itu pak, makanya jangan biasakan utang. tapi sebenarnya asal niat saja kita akan diberi jalan Allah….kunci niat, tapi kadang niat saja sok kadang kita itu ndak mau… padahal niat itu gratis… alias ndak bayar.

  3. Ass, wr. wb.
    Pak Setiyo, saya sangat antusias membaca artikel ini, bukan karena saya berhutang melainkan sebaliknya.. kebanyakan artikel mengenai yg berhutang, tapi saya udah cape’ sekali menagih hutang, dan itu jumlahnya sangat banyak, padahal sejak pasca gempa Sumbar saya perlu uang yg banyak untuk renov rumah. Saya coba klik semua doa tentang agar cepat mendapatkan piutang, yang ada agar cepat bayar hutang lg.
    Tolong bantu saya solusi atau kalau ada amalan atau doanya, Pak. terima kasih sebelumnya.

    • kalau doa khusus saya tidak ada Ibu, doanya ya seperti biasa, ya Allah mudahkan orang tersebut untuk membayar hutang nya mudahkan ya allah…. demikian bu Ena. salam

  4. Ass, wr. wb.
    bagus……… bagus….. mudah2 an kita bs jadi orang yang super ikhlas ketika bersedekah dan senantiasa bersyukur, Amin

    • amin saya turut mendoakan pak, semoga Allah memberikan segera jalan keluarnya. ya Allah mudahkan hambamu ini untuk segera menyelesaikan hutangnya amin

  5. Ass,wr,wb Pak Poer
    Artikel ini sangat menarik sekali,ada satu pertanyaan bagaimana dengan hutang orang-orang yang hobinya memang ngutang, karena sudah terpengaruh dengan pola hidup yang konsumtif ??
    suwun..suwun wass

    • waalaikum salalm mas Nurcholis, hutang itu dilakukan pertama terpaksa dan kedua untuk bisnis, tapi kalau hobi…dan untuk konsumtif… berarti sudah tidak sesuai mas…hati hati saja orang yang demikian suatu saat akan terlilit hutang. salam semoga kita terhindar mas

  6. Ass..Pak ustd. Saat ini saya sedang terbelenggu hutang yg sangat banyak lbh dr 7jt rupiah. Uang ini adalah uang tabungan murid yg harus sy bagikan 4hr lg. Sy sangat ketakutan krn sepertinya smua usaha sy tdk ada hasil. Sy tdk bs tdr dan makan,sy ingin sekali membyr hutang ini tp utk saat ini sy tdk mampu..insya allah 2-3bln lg sy pasti bisa membayar hutang ini tp ortu murid tidak akan mau dibyr nanti. Pak tolong sy..sy hrs bagaimana? Trkadang sy sngt putus asa. Trima ksh

    • waas, coba cari jalan keluar yang lebih memudahkan masalah, terkadang masalah harus diselesaikan dengan bertahap, bagaimana kalau ibu berhutang ke bank dengan cicilan yang bisa ibu bayar… itu lebih meringankan…. salam

  7. assalamualaikum pak.alhamdulillah saya telah ditunjuki oleh allah SWT artikel bapak ini, artikel yang sangat bagus dan memberi pencerahan buat saya,karena saya jg sedang dalam berhutang kepada saudara saya dalam rangka merintis usaha,pertama-tama usaha saya lancar dan saya bisa mencicil hutang saya setiap bulan, namun belakangan usaha saya agak sedikit macet, namun saudara saya meminta saya untuk melunasi secepatnya.saya bingung mau nyari kemana.dan nominalnya juga gak sedikit,mohon bantuan saranya pak,,,,

  8. Assalamu alaikum pak…terima kasih atas artikel bapak yang memacu saya untuk lebih dan lebih bersyukur pada ALLAH SWT….ALHAMDULILLAH saya memiliki banyak utang yang diakibatkan saya sendiri yaitu hutang kartu kredit…jumlahnya sangat banyak untuk ukuran saya yang ekonomi pas pasan tapi ALHAMDULILLAH ada aja jalan dari ALLAH SWT yang diberikan untuk saya…saya cuman mau minta doa pak semoga saya bisa melunasi semuanya ( walaupun saat ini terasa sangat tak mungkin karena sangat banyak)tapi saya akan berusaha…..ahlan wa sahlan pak…syukron Wassalam

  9. assalamualaikum pak setiyo
    saya sekarang banyak hutang karena salah satu anak buah khianat,ini memang kekhilafan saya karena sibuk… sekarang saya dikejar2 orang padahal saya sudah yakinkan bahwa saya akan membayar dan sedang mengusahakan dananya. saya tetap bersabar ,berdoa dan berusaha dengan ikhtiar dan sedekah..semoga Allah Yang Maha Kaya dan Maha Pemurah melunasi hutang2 hamba dan memberi rezeki

  10. pak sy bingung bagaimana sy bisa untuk membayar hutang2 sy..alhamdulillah sy mash diksh kekuatan sm ALLAH dlm ujian dn cobaan ini..langkah apa yng harus sy lakukan pa..?

    • Pak nurman syarat terkabulnya doa adalah dengan keyakinan dn ketawakalan, saran saya kepada Bapak sebaiknya Bapak berjalan diatas keyakinan dengan niat yang ihlas dengan yakin yang kuat bahwa hutang hutang segera terlunaskan insya Allah , Allah akan memberi kemudahan kepada bapak. amin

  11. Mohon kami didoakan agar Allah swt segera memberikan solusi kepada kami untuk menyelesaikan tanggungan hutang yang amat sangat besar yang sedang kami hadapi.. Amin..amin..amin..

    • insya Alah, semoga berkah ramadhan ini bisa menjadikan permasalahan pak Aditya bisa segera selesai. amin

  12. Assalamu’alaikum wr.wb. Salam kenal pak Setiyo …?! Sebelumnya saya sangat berterima kasih atas trik cepat bayar hutang dan bersyukur kepada Allah SWT karena Allah SWT telah memberikan suatu hidayah melelui uraian yang Bapak sampaikan. Saya akan melaksanakannya dengan penuh keyakinan. Karena saya yakin dengan cara ini saya akan berhasil. Sudah lama sekali saya terbelit hutang yang jumlahnya sangat besar bagi saya. Tapi selama ini baru sedikit sekali yang bisa saya lunasi. Selama ini sulit sekali untuk membayar hutang2 saya. Saya akan memulainya dari sekarang, mohon do’anya semoga berhasil. Terima kasih. Wassalamu’alaikum wr.wb.

  13. Pak Setiyo udah t tahun ini saya terbelit hutang baik KK atau rentenir, tiap bulan saya pontang panting untuk bisa membayarnya walau gali lubang tutup lubang, tolong saya pak agar didoakan supaya cepat bisa terbebas dari hutang ini saya juga yakin Allah akan memberi jalan dan rejeki untuk membayarnya

  14. saya sangat antusias membaca artikel pak pur…dan saya bersyukur..saya tiba -tiba diberi jalan untuk melihat tulisan bapak. sekedar berbagi saja…saya punya pengalaman unik ttg hutang ini. ..”kalo sekarang2 saya sangat excited untuk secara bertahap membayar hutang2 saya karena setiap kali saya membayar hutang ke orang berapa pun jumlahnya entah lunas atau dicicil semampu saya..alhamdulilah beberapa saat kemudian selalu Alloh memberikan rizki yg lebih besar…misal.tiba2 bisnis2 saya lancar..atau barang yg saya jual banyak terjual….” nah..mudah2an bpk ibu juga merasakan faedah yg sama..bisa dibayangkan…masih ada hutang aja asal bayar dikasih rejeki..terus..apalagi kalo hutang kita lunas semua ? Subhannalloh….

    • subhanallah…. saya merinding membaca komentar Bapak, semoga ini menjadi contoh bagi kita yang sedang dirundung hutang. amiin

  15. Semoga dengan adanya hutang kita termotivasi untuk mencari rizki Allah untuk melunasinya. Apabila sudah lunas jangan hutang lagi kalau tidak mendesak

  16. Assalamualaikum, wr,wb.
    Mas Pur, tadi sbelum mandi pagi tersirat dalam hatiku, Allah Maha Kaya, Maha Pengasih Penyayang, tetapi knapa yang tersirat di wajahku banyak sedih, banyak muram, banyak ketidak bahagiaan?, lalu timbul pertanyaan yang sangt membuatku terhenyak “Apakah aku tidak Bahagia bertuhan Allah dan bernabi Baginda Rasulullah SAW ?, aku tersentak “BETAPA BODOHNYA AKU” dengan bersedih, kemana imanku telah pergi? Yaa Allah ampunilah hambamu yang durhaka ini….

    Mas Pur, yang membuat aku bersedih, ma’af (aku dalam keadaan berhutang yang sangt banyak dan dalam keadaan kekurangan uang, aku ingin sekali membayarnya, aku sadar aku telah banyak mengecewakan teman-teman ku yang memberi utangan padaku, mungkin ini yang membuat rezekiku seret, aku telah mengecewakan banyak orang).

    Mas Pur, yang membuat aku sedih aku sudah 11 tahun ini tidak bisa pulang kampung, tidak bisa ketemu dengan kedua orang tuaku, aku diperantauan tidak bisa membahagiakan mereka, aku tidak ada uang untuk pulang kampung, mungkin juga kekecewaan kedua orang tuaku ini yang membuat rezeki ku seret.

    Mas Pur, tadi pagi sebelum aku pergi mandi, aku teringat, aku minta ditunjukan jalan kepada Allah, pekerjaan apa yang harus aku lakukan (tiga bulan yang lalu) agar aku memperoleh banyak uang? aku masih ingat 3 bulan yang lalu, ketika aku menghidupi PC ku, entah kenapa mataku tertuju pada satu web yang menerangkan tentang Forex (jual-beli Valas) aku tertarik, langsung daftar dan langsung belajar tanpa kendala sehingga aku sekarang sudah mulai memahami seluk beluk pasar Valas tanpa hambatan yang berarti (awalnya tidak tahu dan tidak mengerti sama sekali, tidak tersirat dalam hati). Ini aku yakini sebagai jawaban dari Allah akan permintaan ku. Tettepi aku belum punya modal uang, untuk mengandalkan bisnis valas sebagai pintu rezeki untuk memenuhi keperluan hidup ku beserta keluarga, jadi aku jalani saja pekerjaan serabutan ku dulu, aku yakin Allah akan memberikan modal untuk ku.

    Mas Pur, tadi pagi aku juga tersentak “knapa tidak mencari solusi di PC tentang cara cepat bayar utang?, setelah mandi dan selesai berpakaian aku langsung ke google dan mengetik “cara cepat bayar utang” dan ketemulah Blog anda ini, saya sangat tertarik dengan artikel anda dan tolong do’akan saya untuk bisa menjalankan solusi dari anda ini, dan tolong do’akan saya untuk segera keluar dari permasalahan saya kekurangan uang ini dan tolong do’akan saya untuk bisa mengubah prilaku agar bisa BERTUHAN DAN BERNABI DENGAN BENAR! Amiin…

    Mas Pur, Ma’af kepanjangan
    Wassalam.

    • waalaikum salam, pak valas banjar, pengalaman bapak sungguh menarik, yang penting bapak jangan berhenti berniat untuk membayar hutang, lakukan apapun (halal) untuk bisa bayar hutang, insya Allah rejeki Bapak dimudahkan Allah, karena menurut hadis Allah akan memudahkan jalan orang yang bersungguh sungguh membayar hutang. saya insya Allah mendoakan pak Valas agar segera menyelesaikan hutang yang bapak alami, oh ya sekedar info pak, kami juga membantu doa khusus kepada Bapak, silahkan sms ke no 0271-3222030. demikian pak, wasalam

  17. Assalamualaikum, wr,wb.

    Mas Pur, Satu bulan saya tidak bs pulang kerumah, lebaran ditempat orang….sedihnya anak saya sebentar lagi ujian SMP…tidak bs sekolah, karena saya meninggalkan hutang yang begitu besar Mas Pur….usaha saya habis Mas Pur, sy menghindar bukan tidak mau bayar…tapi berusaha mencari uang utk mengembalikan hak orang lain. Mas, apakah Allah sedang memberi adzab kepada saya….sehingga sampai sekarang belum ada gambaran kepada saya…saya betul2 bingung….apa yang harus saya lakukan Mas…kasian anak saya.
    Terima kasih sebelumnya

    Wassalam

    • waalaikum salam, kondisi terdesak dari Pak Rey sebaiknya digunakan untuk melejitkan usaha Bapak yaitu banyak berihtiar kepada Allah dan berihtiar dalam berusaha, pergunakan malam hari untuk bermunajat berdoa dengan sholat dzikir kemudian siangnya bekerja semaksimal mungkin. dengan landasan sabar dan sholat disertai dengan kepasrahan total insya Allah pertolongan Allah akan turun pak. kami ikut berdoa semoga Bapak lekas keluar dari problem ini. salam

  18. Assalamualaikum, wr,wb.

    Saya sangat termotivasi sekali setelah membaca article Mas Pur. Saat ini saya sedang bermasalah dengan keuangan saya. saya memiliki hutang yg banyak ini semua berawal dr bisnis kredit hp sy yg macet. sampai saat ini orang2 yg berhutang pd saya tidak ada yg membayar dan pd akhirnya utang saya menumpuk pd bank. saat ini saya sangat kesulitan untuk membayarkan hutang2 sy pd bank, sampai2 sy ditelponin terus dr pihak bank tp sy bingung dr mana lagi sy harus mencari uang untuk membyrkan hutang2 sy.
    sedangkan tiap bulan penghasilan sy sbsr 2.300rb dr uang trsbt sy hrs menyisihkan untuk memberi orangtua, byr kontrakan, uang sekolah anak sy, susu anak2 (anak sy 2) sedangkan pekerjaan suami sy pengojek motor. setiap shalat sy memohon kpd Allah agar di berikan jalan terbaik untuk mslh sy ini. sy takut sekali klo sampai dept coll dtng kerumah atau kekantor sy. sy bingung harus bagaimana, tlng berikan saran dan saya mohon doa’kan saya untuk masalah sy ini.

    Terima kasih,
    Wassalam.

  19. Ass.Wr.Wb. Salam kenal dari Saya Pak Ustd. Setelah membaca tulisan Pak Ustd yang sangat bagus mengenai cara melunasi hutang saya jadi ingin meminta saran dari Pak Ustd:

    Saat ini rumah yg saya diami bersama keluarga adalah rumah dari pembagian warisan dari orang tua saya yang ingin saya tanyakan apakah rumah tersebut boleh di agunkan ke Bank untuk mendapatkan modal, yg mana modal tersebut saya gunakan untuk melunasi hutang & sebagian lagi akan saya pergunakan untuk modal usaha & ditabungkan ke Bank, menurut Pak Ustd bagaimana apakah cara yg saya tempuh tersebut afdol. Saya tunggu infonya. Terima kasih atas perhatiannya.

    • waalaikum salam wr wrb, sebaiknya menggunakan harta yang asli milik dari bapak saja, tapi jika tidak mencukupi ya mensegerakan membayar hutang dengan harta yang syah milik Bapak yaitu warisan juga lebih baik pak. demikian pak Hakim. salam

  20. Ass pak, artikelnya sangat memotivasi saya untuk memperbaiki diri saya. Pertanyaannya, kalau ada utang kartukredit dan dapat bantuan penyelesaiannya lewat lembaga bantuan hukum. Apakah diskon yang diberikan bank, baik karena usaha kita dengan bertahan dengan angka dibawah utang atau oleh bank sendiri, itu hukumnya bagaimana. Apakah hutang harus dilunasi seluruhnya beserta bunga berjalan+denda atau bisa dinegosiasikan. Terimaksih pak wass

  21. salam pak setiyo yang dikasehi Allah Taala selalu…

    wah! sungguh hebat kewujudan laman ini… Allah berkati niat baik dan murni kalian sedia share informasi disini untuk tatapan umum…aq cukop bersenanghati membaca tiap coretan indah disini… tahniah!

  22. ass.ust.sy sedang terlilit hutang, sy bingung kalo di total semua hutang sy ada 25 jt nan. saya sorang sales alat peraga dan usaha broker percetakan… tapi selama ini pendapatan saya ndak tentu,,malah akhir akhir ni bs d bilang sepi…
    sy sudah berusaha untuk tidak meninggalkan sholat 5 waktu, tahajud dan dhuha..bahkan puasa senin kamis pun saya kerjakan .tp Allah belum menjawab doa sy.. apakah da amalan lain yang harus sy kerjakan sehingga allah bisa segera menjawab doa sy dan membantu melunasi hutang hutang saya dengan cepat….karena terus terang saya udah capek harus hidup di kejar kejar hutang terus ustad..
    mohon bantuanya …kalo bs email saya ini di balas di email sy..(budi.anto61@yahoo.com)wass

    • ada tiga syarat dalam berdoa pak
      1. minta
      2. yakin
      dan terakhir dan ini paling penting adalah bersyukur.
      syukur ini akan membentuk pikiran positif pak, lakukan sekuat kuatnya. kalau bapak sudah dhuha, sudah puasa dan tahajud sebaiknya bapak bersyukur karena riyadhoh bapak merupakan jalan dari Allah untuk menyelesaikan masalah Bapak, tapi kalau bapak tidak yakin dan merasa Allah tidak mendengar dan tidak mengabulkan maka Allah akan seperti apa yang kita sangkakan kepada Nya. salam

  23. Assalamualaikum…
    malam mas,
    saya senang baca artikel njenengan..
    saya dulu sering memotivasi tmn2 saya hampir sama dengan njenengan..karena bagi teman2 saya, saya dianggap lebih tau,, padahal juga belum tentu,,gak tau cobaan atau apa, sekarang saya terlilit hutang yang terbilang lumayan besar…alhamdulillah hutang tidak saya buat neko2..uang tersebut untuk membantu saudara saya yang kebetulan terlilit hutang,,setahun ini saya bantu habis2san sampai saya lupa kebutuhan saya sendiri..
    tapi sampai saat ini hutang saudara saya juga belum selesai dan saya juga ikut2an punya hutang..
    memang benar hutang bikin orang malas…kebutuhan saya saat ini rata2 2jtan tiap bulan, belum lg adk saya 2 kuliah semua,,bapak saya sudah meninggal, tinggal ibu saya, umur saya terbilang masih muda baru 24 tahun tapi hutang saya dah ratusan juta..
    satu bulan ini alhamdulillah ada pemasukan 200rb..
    yang saya lakukan sekarang cuma bisa pasrah..orang2 sudah turun kepercaan dengan saya…kadang saya orang yang idealis, tapi gak tau kenapa jadi bodoh banget sekarang..
    kadang saya berpikir memang mudah saat saya kasih nasehat teman,,,sekarang giliran saya…mohon doanya untuk semuanya…semoga cepa terselesaiakan hutang saya,…amiinnn…salam kenal mas…

    • yang perlu jenengan perbaiki adalah pesimis jenengan mas, jenengan sudah memberikan motivasiitu bagus jangan dianggap sebagai suatu yang negatif, dan insya Allah dengan amal jariyah yang jenengan lakukan sekian tahun yang lalu jenengan akan mendapatkan pertolongan Allah, jadi berdoalah kepada Allah dengan syafaat dari amalan motivasi yang telah anda lakukan dengan teman teman jenengan. perkara sekarang terlilit hutang sebaiknya jangan dikaitkan dengan kebodohan, hutang yang sedang jenengan alami adalah tempa an dari Allah agar jenengan lebih kuat. kapan lagi mas untuk mendapatkan tempaan Allah, berdoalah agar jenengan diberi kekuatan dan kesabaran menyelesaikannya, percaya bahwa diri bahwa dengan percaya kepada Allah , Allah akan selesaikan semua.

  24. Assalamu’alaikum saya mau tanya mas. saya sekarang terlilit hutang 100jt giro dan 50jt cicilan plus bunga, total perbulan saya keluarkan 1.000.000 buat bunga giro nya dan 1.500.000 untuk cicilan plus bunga. saya punya toko dan toko itu sewa dengan penghasilan kotor 8jt setelah di kurangi gaji ,bayar sewa toko dan bunga bank hasilnya selalu minus 3jt sampai 5jt, sebelum tambah parah dan menghabiskan modal / aset toko yang mana sekarang aset saya tinggal 30jt, dan saya yakin Allah tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan umat nya. saya selalu berdoa dan berusaha baik mencari peluang lain selain yg ada di toko dan itu saya temukan diluar penghasilan toko meskipun hasilnya masih belum dapat untuk melunasi hutang2 saya Alhamdulillah saya mensyukurinya, Saya sudah berkeluarga dan mempunyai 2 anak, yang menjadi pikiran saya pada saat saya kasih uang untuk keperluan RT di istri saya dari hasil toko itu tidak seperti bulan 2 yang lalu yang awalnya 3jt perbulan jadi 1.800.000,- istri saya menerima nya tapi setelah uang keperluan RT itu habis istri saya diam sepertinya marah pada saya. Sehingga mengganggu konsentrasi kerja saya dan mengendor kan motivasi kerja saya, saya selalu kepikiran atas sikap istri saya. Yang jadi pertanyaan saya
    1. Bagai mana menyikapi istri saya.
    2. Bgm memperkuat iman kita meskipun rezki Allah tidak datang2 soalnya kadang2 terbesit pikiran2 kotor dan saya cepat2 kembali pada NYA.
    3. Dengan kondisi keuangan yang ada pada saya berapa seharusnya yang saya zakat atau sodakoh kan.
    Terima kasih mas sebelumnya minta maaf atas banyaknya pertanyaan saya.

    wassalamu’alaikum

    • waalaikum salam wr wb
      Pak Asrul, yang namanya tempaan mental dari Allah biasanya memang bertubi tubi kadang di luar nalar kemampuan kita, nah ada 2 hal yang perlu diselesaikan yang pertama adalah diri kita dan kemudian yang kedua adalah diluar diri kita.
      pertama : IMAN. kita ini memiliki Tuhan yaitu Allah, apa yang perlu kita perbaiki, mungkin Pak Asrul yang kita perbaiki adalah iman kita tentang perbuatan Allah yang mau membantu kita, yang maha bisa apapun keadaannya. keadaan Iman ini harus terus menerus dan selalu kita pegang “apapun keadaan kita” jangan hanya sekedar percaya dengan Allah namun labih dari itu yaitu percaya akan Perbuatan Allah.
      yang kedua adalah menjaga hubungan dengan keluarga terutama istri jelaskan pada dia bahwa keadaan keuangan keadaan ekonomi beri dia pengertian, kalau mau keluar dari kemelut ini maka harus menyatukan hati, jelaskan kalau istri cemberut maka akan menggnanggu emosi pak Asrul dan itu akan semakin menjauhkan dari solusi permasalahan. pak asrul harus tegas dan kuat jika istri belum paham, terus menerus lah memberi kefahaman. kalau perlu istri diajak untuk ikut prihatin ikut berusaha…. lakukan tahajud bersama, lakukan puasa senin kamis bersama, sholat jamaah bersama. tingkatkan kasih sayang dengan keluarga.
      masalah sodaqoh… berikan kepada keluarga saja pak, itu lebih baik. buatlah dengan sedekah itu menjadi suasana keluarga menjadi senang misalnya makan di luar, atau yang lainnya.. ciptakan aura positif di lingkungan keluarga insya akana menjadi power untuk keluar dari masalah.
      salam, semoga Allah memberikan jalan keluar. amiin

  25. Assalamu’alaikum Pak ustad,
    Langsung saja ya ,Artikel bapak sangat bagus….menumbuhkan harapan agar orang-orang yang berhutang dan tidak bisa membayar mempunyai harapan dan kembali ke jalan Allah….ya hanya Allah yang dapat membantu kita tiada yang lain dan tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah…dan saya termasuk salah satunya ..saya berhutang kepada bank sebesar 29 juta dan setiap bulan harus dibayar sekitar 3 jutaan sementara gaji yang saya sisihkan hanya ada 1juta .dan diluar itu saya mempunyai usaha yang masih belum berjalan belum lagi masalah dari istri yang tidak setuju atas usaha kecil2an saya..saya jadi frustasi…dan saat ini saya niat sedekah untuk pembangunan mesjid sebesar 500 rb agar allah melipatkan reziki agar saya bisa melunasi hutang-hutang saya dan usaha saya berjalan….mohon doa nya ya pak…

    • waalaikum salam sebaiknya uang 500 bapak pecah pecah misalnya sehari 5 rupiah dan dipecah 1000 rupiah untuk para pengemis atau pengamen, jadi begini pak 500 ribu dipecah pecah agar frekwensi sedekah bapak banyak… bukan 500 ribu mak breg… sebab sedekah 1000rupiah untuk tiap pengemis atau siapapun yang membutuhkan lebih bermakna bagi kita, serta dengan 1000 per sedekah membuat kita lupa akan sedekah kita. demikian saran saya pak. salam

  26. assalamualikum… sekarang ini hidup saya dilit hutang kurang lebih 7 jt. karena kemarin pinjam buat anak dirawat di rumah sakit. sedangkan dalam 1 minggu ini pembayaran hutang saya udah jatuh tempo. mohon nasihatnya

  27. assalamualaikum,
    semoga Allah selalu menjaga mas pur,terimakasih tulisan2 mas pur membuat semangat saya bangkit, karna sebenarnya saya sudah hampir putus asa atas derita hidup dan banyaknya hutang,mhn di doakan dari jauh mas,saya asli wonosobo dan sekarang tnggal di jakarta dan bekerja sebagai sopir,wassalam

  28. alhamdulillah artikel dan ilustrasi yang luar biasa. Membuat saya kembali bersemangat dan yakin Alloh SWT pasti memberikan kemudahan kepada saya untuk bisa dan segera melunasi hutang.
    Terima kasih atas tulisannya mudah mudah menjadi amal dan perpahala serta kita smua mendapat ridho Alloh swt.
    Tolong bantuan doanya juga ya pak ustadz

  29. assalamu alaikum wr wb
    pak saya mau konsultasi masalah hutang, bisa lewat ym langsung nggak pak soalnya panjang yang akan saya ceritakan . terima kasih atas bantuannya
    wassalamualaikum wr wb

  30. assalamu alaikum wr wb.
    Pak Setiyo yang saya hormati , artikel di atas sangat membantu saya dalam mengatasi kegalauan saya , saya dari tahun 1996 usaha sampai sekarang berakhir dengan kegagalan, sekarang hutang saya menumpuk dan luar biasa banyak, tapi saya yakin bisa keluar dari jerat ini, tapi setiap usaha yang aku geluti meski prospek selalu saja gagal dan berakhir dengan tanggungan hutang lagi . sampai detik ini aku akan bener bener jihad melawan hutang pribadi ini. karena setiap doa dan ihtiah Alloh mendengar dan Alloh ngasih jalan , setelah saya bersungguh sungguh dengan modal baru …. ternyata gagal lagi dan bertambahlah hutang saya. selama ini saya kerjasama pak , krn mau modal sendiri tak kunjung punya akhirnya saya kerjasama dan setiap gagal saya jadi tambah hutang terus. Pak bagaimana cara mengatasi orang orang yang menagih tapi selalu dengan kata kata hari ini harus ada dan tidak mau tahu dan seterusnya sampai sampai saya tidak bisa berfikir jernih karena tekanan tekanan tiap hari . posisi saya sekarang sedang kesulitan sekali anak 4 dan bukan rumah sendiri hutang setelah saya kumpulkan semua hampir 600 juta plus bunga nya , sekarang saya masih tetep usaha dan tidak putus asa namun saya belum beruntung, saya sangat yakin uang segitu dengan usaha saya terakhir ini insya alloh mampu mengatasinya, tapi yang sulit bagaimana mengatasi orang orang yang menagih dirumah , udah banyak sekali alt kerja yang di sita padahal pinjam temen yang bantu, mohon doa dan nasehat agar saya bisa mengatasi masalah ini pak , terimakasih Pak Ustadz atas saran doa dan solusinya

    Wassalamu alaikum Wr Wb

    budi

  31. saya punya hutang yang sangat banyak, saya tidak punya cara untuk membayar, apa yang harus saya lakukan, saya selalu berdoa dan berniat untuk menyelesaikan semua hutang tersebut agar saya bisa tenang dan beribadah dengan tenang, bagaimana solusinya

    • hadapi dengan tenang, dan siap semua resiko yang ada. salam semoga Allah memberikan kekuatan

  32. assalamu’alaikum Wr. Wb
    pk mohon do’a dan amalan apa yng dapat membantu kami agar dapat melunasi hutang hutang. terima kasih
    wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  33. assalamu’alaikum…..pak setyo.

    terima kasih bapak sudah membuat tulisan solusi cepat bayar hutang ini…saat ini saya sedang dililit banyak hutang yg di sebabkan dari sistem manajent saya yg tidak baik sehingga usaha yg saya dirikan harus gulung tikar dan di ambil alih oleh orang.dalu untuk mempertahankan usaha ini saya pinjam uang ke sejumlah teman bahkan ke bank juga dengan perhitungan pendapatan saya bisa melunasi hutang tersebut.tetapi allah berkata lain setelah saya menikah justru usaha saya menjadi morat marit hingga jatuh ke tanggan orang lain..mungkin ini ujian dari pernikahan saya…dan saat untuk mempertahankan ini semua saya bekerja di sebuah warnet sebagai OP….Ssya masih punya tanggungan hutang yg cukup besar,saya niat untuk bisa menutup hutang ini tapi sampai sekarang belum mampu….segala cara dan solusi sudah saya lakukan tp allah belum membukakan jalan buat saya.mohon saya di kasih tuntunan doa untuk saya amalkan….terima kasih atas semuanya…semoga allah meridhoi niat baik bapak menolong sesama muslim.
    assalamu’alaikum wr wb.

    • waalaikum salam, pak firman tidak ada masalah yang tidak bisa kita selesaikan, asal kita ikuti peraturan Allah. peraturran Allah yang mungkin dapat membantu Bapak adalah bagaimana Bapak bisa fokus untuk melunasi hutang, fokus ini sebagai wujud niat Bapak…. insya Allah , Allah akan bantu selesaikan hutang hutang bapak. salam

  34. Assalamualaikum, Pak Setyo..
    Terima kasih sblmnya krn telah berbagi dgn laman ini.

    Pak Setyo, saya adlh seorang pelajar SMA yg sbntr lagi akan lulus untuk masuk perguruan tinggi (Amin!).
    Tetapi saya sedang bingung & takut. Orang tua saya dililit hutang yg sangat banyak. Orang tua saya pontang panting membayar hutang trsbt, krn belakangan ini usaha orang tua saya sdg susah.
    Saya takut dan sedih skli tiap kali tahu bhwa ada telepon atau tamu dr bank dan org tua saya yg kesusahan menanggapinya. Saya sering menangis krn saya tdk bs berbuat apa2 untk membantu org tua saya.
    Sebagai seorang anak & pelajar, apa yg hrs saya lakukan, pak?
    Saya benar2 ingin meringankan beban mereka tp saya tidak tahu hrs brbuat apa. Saya ingin mereka bisa ceria lagi seperti dulu..

    Maaf sblmny jika saya menceritakan masalah saya seperti ini. Dan terima kasih bnyk sblmny..
    Smg Allah selalu melimpahkan nikmatny kpd kita semua.. ^^

    • waalaikum salam wr wb
      Nisrina, doa adalah senjata utama… coba perkuat ddengan tahajud, puasa sunah, sholat sholat sunah, perbanyak shalawat.. dan tujukan semua ini untuk Allah (bukan untuk hutangnya orang tua) insya Allah nanti akan dibantu Allah untuk menyelesaikan masalah orang tua Nisrina. sebab Allah sangat paham dengan kesedihan nisrina terhadap orang tuanya. semoga semua lancar amiin

  35. Assalamualaikum,….pak setiyo
    dengan adanya tulisan bapak allamdulillah pikiran saya jadi terbuka, selama ini saya berwirausaha dengan dapat modal dari pinjaman bank dan lain-lain,dan dengan tidak terasa dan di hitung ternyata saya harus mengeluarkan untuk angsuran sekitar 9,5jt/bln tp alhamdulillah masih bisa terbayar walaupun dengan perasaan cemas.pusing dll,pak saya minta doakan dan amalan agar saya bisa cepat melunasi semua hutang itu,terimakasih sebelumnya.

    • insya Allah, semoga Allah memudahkan jalan hambanya yang bersegera menyelesaikan hutangnya, Amiin

  36. saya seorang pedagang,uang yang sy dapat perhari sudah sangat cukup tetapi sy mempunyai byk hutang yg membuat sy tdk tenang.berapapun uang yg sy dapat setiap hari selalu habis bahkan sering kali kurang untuk membayar hutang harian sy belum lagi hutang bulanan yg hrs sy bayar.sy jadi stres dan putus asa tlg bpk bantu apa yg hrs sy lakukan trimakasih atas perhatian

    • saran saya yang paling utama dan ini mungkin sudah sering bapak dengar : terima kenyataan yang ada pak, bayarlah hutang sebagaimana mestinya, membayar hutang itu adalah ibadah, jadi bersungguh sungguh merupakan bentuk ketaatan kita kepada Allah dan rasulullah. jalani pak dengan niat yang kuat, yakin bahwa bisa selesai dan ihlas terhadap apa yang menimpa bapak. Allah memudahkan

  37. Mas Pur yang Baik, saya terlilit hutang dengan Bank dan Finance, gaji saya saat 3, 5 juta habis untuk bayar hutang saja , bahkan sampai tekor 3 juta , say sudah berusaha , mohn kepada Allah dengan solat Tahajud, namun belum ada jalan keluarnya Mas, tolong bantu doa , agar saya dapat meyelesaikan hutang2 saya ini cepat selesai. terimakasih

    salam hangat

    prabowo

    • pak PRabowo, saya turut berdoa semoga Allah segera menyelesaikan bapak dan hutang Bapak cepat terselesaikan amin

  38. assalamu’alaikum
    setelah saya membaca artikel dari pask ustad, subhanallah betapa agungnya ALlah, dan betapa rendahnya kualitas iman saya, saya terjerat hutang yang sangat banyak, sampai ratusan juta rupiah, semua adalah dari teman, ada dari banbg,,,dan sekarang saya jadi bulan bulanan orang untuk mencari saya yang pergi ke luar negeri untuk mencari rijki buat bayar hutang dan nafkah keluarga..ternyata baru saja saya sampai ke luar negeri saya sudah di tekan denan kondisi keluarga yang di tinggal dengan penagihan yang disertai ancaman ancaman kepolisian, saya berusaha untuk menenagkan kondisi ini dengan memebrkan semua gajh saya, setiap bulannya kadang sya kekurangan makan demi hutang dan nafkah keluarga, pada bulan ke empat … terjadi masalah kerja saya saya di turunkan jabatan sehingga otomatis gajih saya sangat rendah sesuai dengan jabatan saya waduh pak saya jadi sedih emosi dan segala gala……bagaimana saya menghadapi kondisi ini?? mohon beri saya nasehat terimakasih

    • waalaikum salam, terimakasih pak sedia berbagi dengan saya, begini pak, yang pertama yang sebaiknya bapak lakukan adalah menjaga emosi dan pikiran bapak tetap positif (satunya jalan banyak berserah diri kepada Allah), meski sekarang banyak masalah yang sedang bapak hadapi baik itu masalah hutang keluarga dan pekerjaan. Teruslah pada jalan yang diridloi Allah pak insya nanti dengan kesebaran dan ketekunan bapak akan ada jalan keluarnya. semoga semua cepat dimudahkan Allah pak, saya bantu doakan dari sini. salam

  39. ass. wr.wr
    saya bingung pak, semua penghasilan saya tidak mencukupi untuk membayar hutang saya, dan untuk sehari2 juga tidak ada uang karena untuk membayar hutang, apa yang bisa saya lakukan?
    terima kasih

  40. ass. wr.wr
    pak saya kuliah di STAIN ni lagi terjerat hutang lebih dari 15 juta dulu tuk kuliah dan bisnis jajanan tapi blum berhasil. saya bingung mau pulang kerumah,meski saya dah minta maaf ke kedua orangtua saya,tapi saat ini beban hutang belum terseleseikan setiah hari dep colektor datang ke tempat saya di warnet.Saya tingal di situ(warnet temen saya dan saya jaga tapi cukup untuk makan,alhamdulilah) saya dah 3 bulan lebih tdk pulang saya,gak kuat melihat kondisi kedua orangtua saya.Doakan saya agar bisamelunasinya tuk ya pak juga untuk yang baca ini…bila da yang ingin kasih solusi ini email saya atolibin@yahoo.com.
    terimaksh buat pak pur

  41. Tips membayar hutang dengan mudah
    1. Tenangkan jiwa.Sehabis tenang tiada persepsi.
    2. Relax
    3. Mohon pertolongan Allah bersungguh-sungguh “Ya Alllah saya berniat untuk membayar hutang kerana Allah. Tolong aku Ya Allah……Tolonglah aku ya Alllah…..tolong Ya Allah…. Alhamdullilah ,InsyaAllah.
    4.Tunggu ilham daripada Allah. dan laksanakan ikut step by step.

    Semoga bermanfaat.

    • terimakasih Tips nya ibu fida. dalam menghadapi masalah kita harus tenang dan mohon pertolongan kepada Allah.

  42. Assalamualaikum.Terima kasih artikel Mas Pur sangat menenangkan jiwa saya.karena tgl 20 juli 2011 besok adalah jatuh tempo pembayaran utang saya,namun sampai hari ini belum ada dana untuk membayar.
    Semakin kuat keyakinan saya Allah pasti akan memberikan jalan keluar yang terbaik untuk saya,dan pasti menepati apa yang telah ALLAH janjikan kepada UmatNYA,bukan hanya 10 kali tapi di Surat Al-Baqarah ayat (261):
    “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir,pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui”

    Sungguh Maha Pemurah Allahuakbar.

    Wassalam

    • waalaikum salam, pak eko solusi dari Allaha, tidak selalu Hutang kita bisa dibayarkan pada waktunya, namun solusi itu bisa saja yang lainnya misalnya Bapak diberi tenggang lagi, atau yang lainnya, yang penting berani menghadapi nya pak, kalau perlu Bank nya di telp duluan sebelum bapak ditelp.

  43. wahai saudaraku yg berkelebihan belilah rumahku agar aku tidak terjebak riba atau pinjami aku tanpa bunga aku akan cicil tiap bulan semoga Allah membalasnya lebih banyak YaAllah ketuklah hati mereka

  44. ASSALAMUALAKUM PAK SETIYO. artikel diatas sangatlah memberi pencerahan buat saya. tadinya saya agak pesimis untuk bisa bayar hutang saya yang sedang menumpuk…sudah 3 tahun ini pak saya sama istri terjebak dengan beberapa orang rentenir. dan sampai sekarang sdah mencapai 50jutaan…bulan kemarin saya udah mampu membayar 20 jt walaupun dengan mancari pinjaman di bank…namun itupun belum cukup untuk melunasi utang saya semua….kami sangat ingin terbebas dari rentenir, saya senatiasa berdoa kepada Allah agar bisa keluar dari lilitan utang ini. disini saya cuma mau minta doa sama bapak supaya saya dimampukan utuk melunasi semua utang2 saya. apalgi tgl 10 besok saya berjanji untuk melunasi utang saya kpd salah satu rentenir yang saya pinjami uang sebesar 10jt sementara sekarang ini satu peserpun saya belum punya uangnya. Mohon doanya supaya saya mendapt jalan melunasi utang yang sya janjikan tanggal 10 ini. terimakasih.
    wassalam.

  45. Mas Pur, membaca artikel Anda menjadikan saya teringat hidup yang saya alami 10 tahun yang lalu. Selama empat tahun sejak tahun 1997-2001 saya tidak berani berada di rumah karena hutang menumpuk dan banyak yang menagih akibat saya membiayai mertua yang terkena sakit KANKER (meninggal tahun 1997) dan nama saya dipinjam saudara saya untuk berhutang (krn saya adalah seorang PNS) dan dia lari ke luar negeri jadi TKI meninggalkan hutang atas nama saya (di lebih dari tiga bank/koperasi). Tiap hari saya keluar rumah jam 4 pagi ke tempat kerja, baru pulang jam 11 malam setiap hari. istri dan anak saya antar ke tempat selalu berpindah agar tidak terlacak. Alhamdulillah satpam dan teman di tempat kerja selalu membantu menutupi keberadaan saya di tempat kerja apabila ada yang nagih ke tempat kerja. Orang tua, teman maupun saudara yang saya titipi istri dan anak saya selalu membantu memberi sedikit makan (dan uang jajan) untuk anak istri tersebut. Pikiran kalut. Kurang makan dan kurang tidur. Dengan Allah saya malah semakin menjauh (mungkin benar yang dikatakan ‘orang pintar’ bahwa kefakiran itu mendekati kekufuran). Sholat dan puasa tidak pernah saya jalankan karena pikiran tidak karuan. Rasa percaya diri jatuh di titik paling bawah, walaupun yakin semua pasti berakhir, namun jawaban “KAPAN BERAKHIR ?” itu yang tidak pernah saya tahu. Sampai-sampai saya merasa bahwa semua tidak akan pernah berakhir hingga saya mati membawa hutang. Keinginan bunuh diri buat saya dan istri tidak hanya datang sekali dua kali, tapi berkali-kali. Alhamdulillah akal sehat selalu lebih kuat.
    Mulai memasuki tahun 2002 yang saya lakukan saat itu adalah :
    1. YAKIN bahwa semua akan berakhir atas Pertolongan-NYA;
    2. Percaya bahwa Tuhan memberi cobaan/hukuman/derita hanyalah sebatas yang mampu/bisa kita terima;
    3. Yakin semua pasti ada jalan keluarnya;
    4. Menata manajemen keuangan dan kehidupan saya mulai dari nol lagi;
    Dalam suatu kesempatan saya mimpi bertemu dengan Almarhum guru saya. Beliau menuntun kepada saya agar setiap kesempatan dan waktu (siang dan malam) yang saya miliki saya selalu “BERSEDEKAH”. karena yakinlah bahwa siapa yang menanam dia pasti pasti akan menuai.
    Saudara-saudara jangan pernah berpikir bahwa yang saya sedekahkan waktu itu adalah UANG atau HARTA. karena saya sendiri juga sedang dililit hutang dan tidak punya uang. Yang saya sedekahkan waktu itu hanya “DOA dan AL-FATIHAH” yang saya kirimkan kepada semua yang terlintas dalam benak saya. Baik itu yang sudah meninggal maupun yang masih hidup, saudara-saudara, mahluk ‘apapun’ yang saya pernah dengar membutuhkan doa. Jangan lupa, sebelumnya setiap saat Anda juga harus minta do’a restu dari Ibu dan Bapak (baik masih hidup maupun sudah meninggal) cukup dalam batin saja kalo tempat Anda tidak berdekatan, agar mendapat Restu dari Allah. Karena Allah merestui bila orang tua kita juga merestui. Jangan pelit “bersedekah” agar Allah tidak Pelit kepada Anda.
    Alhamdulillah, sejak itu sedikit demi sedikit dan terus-menerus saya menemukan jalan menutup hutang saya yang pada tahun itu sudah mencapai sekitar 180juta. dan terlunasi setelah 2 tahun, sejak tahun 2003 sampai sekarang saya sudah tidak berhutang lagi. Dan semoga tidak pernah terjerat lagi.
    Maaf kalo apa yang saya sampaikan ini menyinggung perasaan atau SARA bagi yang tidak berkenan.

    • subahanallah, terimakasih share nya semoga ini menjadi motivasi juga untuk ktia, terutama bagi saudara saudara yang sedang dilanda hutang

  46. ass. pak saya telah membaca artikel cara melunasi hutang, bagaimana cara usaha saya biar lancar karena modal yang saya gunakan dari hutang bank yang setiap bulan harus dibayar. terima kasih mohon do’anya wasalam.

    • waass, usaha maksimal bu Dina, dan jangan pernah berpikir tentang kekurangan, ketidakmampuan dll…. yakin saja bahwa Allah pasti menyelesaikan semua

  47. ass,wr,wb,…saya mau bayar utang secepatnya pada bank,tapi usaha saya lagi seret benar,rasanya mau pecah kepala mikirin utang yang tidak ada abis2nya yaa allah terlalu banyak do,a yang kupanjatkan kepadamu…….

  48. ass,wr,wb. pak ust. tolong saya!!! beri jalan kepada saya untuk membayar utang saya yg terlampau banyak sampai2 uang gaji saya uda nda cukup untuk membayarna. saya uda terlilit utang terlalu dalam. sampai rasana saya tak nyaman makan dan tidur dekatkan doa saya KepadaNya Allah.. sampai2 saya nda kuat menghadapi ini semua trimakasih sebelumna saya ucupkan…. ni no hp saya 083842458416

  49. ass…tersentuh hati saya membaca artikel ini. Ya Allah, betapa kecil penderitaan yg saat ini saya hadapi dibandingkan dgn saudara saudara saya yg lain, saya mempunyai hutang kurang lebih 150 juta, itu karena kesalahan masa lalu saya yg benar benar saya sesali, betapa bodohnya & begitu menyesalnya saya bila mengingat masa masa itu, seakan akan ingin membalik waktu agar tidak perlu sampai ke masa kebodohan saya. hutang saya itu dikarenakan keegoisan & dosa saya. baru 2 bulan ini saya sadar bahwa saya hrs mengembalikan hutang itu, mau cerita sama suami saya takut kalau beliau kecewa & sedih, apalagi cerita sama orangtua, hanya kepada Allah saya mengadu, memohon ampun & benar benar bertaubat, bahkan dengan gaji yg saya terima tiap bulan, saya usahakan untuk mencicil hutang itu. mohon doanya ustad, agar saya tidak terjerumus ke dosa masa lalu saya & bisa segera menyelesaikan kewajiban hutang tersebut. insyaalah saya sudah bershodaqoh ke anak yatim, sholat dhuha, sholat wajib tepat waktu / diawal waktu, hanya untuk tahajud masih bolong bolong krn belum terbiasa, masih tetap memohon ampunan & kemudahan dari Allah, salah enggak ya ustad kalo saya merelakan Allah menunda memberikan momongan kepada saya tp saya bisa dilunakan hutangnya. mohon doa dan nasehatnya ustad.

  50. ass.wr.wb..Pak ustadz,saat ini saya rasa saya orang yang paling menderita saat ini karena saya melakukan kesalahan berkenalan dengan namanya hutang yang jumlahny tidak sedikit tapi milyaran rupiah…sekarang sy merasa semua orang sdg menghujat,mencaci dan memaki saya sehingga membuat rasa pecaya diri sy menjadi hilang.Klu sblm ini sy meminjam dengan jumlah ratusan juta rasany sangat mudah tapi sekarang untuk meminjam ratusan ribu aja susah.dan yang lebih membuat saya down untuk menutup hutang yang satu sy sdh meminjam kepada saudara sekililing dan juga saudara dari suami saya dan pada saat saya belum bisa membayar sy merasa sprt merusak silaturrahmi yang ada…Sekarang saya bingung mau melakukan apa pak ustadz..saya belum memberitahukan keluarga krn saya takut mereka akan shock klu mendengar ini semua…jadi sekarang setiap hari saya ditagih terus menerus yang jumlahny tidak sedikit…Saya sangat punya niat untuk mengganti semua hutang itu walaupun kebanyakan orang menertawakan saya dgn mengatakan bagaimana carany saya bisa melunaskan hutang itu.Saya berfikir saya akan bekerja keras walaupun sprt artikel diatas pd saat iman kita lemah kita bisa berfikir bahwasanya Allah SWT tdk syg kepada kita…Saya selalu memohon ampun atas semua dosa yang sdh sy perbuat…Saya mohon masukanny pak ustadz untuk masalah saya ini….terima kasih sebelumny.wassalam

    • ibu rahmawati yang dirahmati Allah, waalaikum salam wr wb, tidak ada cara lain kecuali berani menghadapi resiko dengan penuh kepasrahan kepada Allah. yang pertama kali ibu atasi adalah berani menghadapi hutang terlebih dahulu, sehingga ibu tidak mengalami masalah dengan diri ibu sendiri, bagaimana ibu mau menyelesaikan hutang jika ibu sedang bermasalah dengan diri sendiri. saya juga percaya terhadap perasaan ibu yang saat ini dirasakan karena hutang yang banyak, tapi akan lebih baik jika ibu bisa menghadapi nya dengan ketegaran jiwa dan keberanian untuk menghadapi apapun yang menjadi resiko , saya ada tips sederhana untuk hal ini, ketika ibu berani menghadapi cobalah hadapi dengan penuh kepasrahan kepada Allah apa yang allah kehendaki jalani dengan baik, misalnya menemui penagih hutang, atau lainnya. katakan dengan jujur dan terimalah tekanan tekanan yang mereka berikan, tetap lah berserah diri dan jangan lari, Ibu rahmawati sebenarnya Allah bersama orang orang yang sabar, saya turut berdoa semoga Allah memberi kekuatan kepada Ibu untuk menghadapi ini semua. amin.

  51. ass,wr,wb. pak ust. tolong saya!!! beri jalan kepada saya untuk membayar utang saya yg terlampau banyak sampai2 uang gaji saya uda nda cukup untuk membayarna. saya uda terlilit utang terlalu dalam. sampai rasana saya malu sama saudara seakan saudara teman tdk percaya sama saya utk dipinjamkan uang kepada saya.hati ini ingin sekali membahagiakan orang tua yang tinngal sendiri yaitu ibu yang sdh tua dan ada niat untuk berobat ibu mertua yang kena struk. kadang saya malu sama saudara istri setiap berobat untuk ibu mertua saja saya tdk punya uang. bagaiman solusinya ustad.saya mohon pencerahan ustad ubtuk mengaatasi masalah ini.

  52. ass, wr, wb, salam kenal pak pur setelah membaca tulisan jenengan saya jadi semangat dan yakin, perkenalkan saya adalah keturunan tionghwa pak pur tapi alhadulillah kurang lebih 6 th ini saya mualaf, semua sama setiap orang yang berhutang adalah sebuah belenggu termasuk saya tp setelah membaca tulisan jenengan sya jd semangat untuk yakin dan percaya akan kuasa ILAHI (KUN FAYAKUN), saya hanya mohon bantuan do’a dari jenengan pak pur semoga saya bisa secepatnya bisa melunasi hutang-hutang saya, amin

    • waalaikum salam pak dedy, salam kenal juga pak,alhamdulillah saya bersyukur Bapak telah menjadi mualaf semoga bapak menemukan kesejatian dalam beragama dan berbahagia dengan agama islam ini. saya turut berdoa pak , semoga allah memberikan kekuatan batin kepada Bapak untuk tetap sabar dan istiqomah untuk membayar hutang dan semoga Allah membarikan jalan keluar yang tidak di sangka sangka sehingga hutang cepat lunas.

  53. ass, wr, wb, salam kenal pak pur setelah membaca tulisan jenengan saya jd semangat lgi untu berusaha bertanggung jwb atas segala sikap saya.gini ceritanya:
    pada awalnya saya sangat tergiur dengan bisnis investasi yng wktu itu berkedok pulsa.kebetulan saya jg jual pulsa kecil2an.setelah ikut dlam 4 bulan saya ada keberhasilan.sehinnga sy mengajak teman2 yg tujuan saya biar ada perubahan dlm ekonominya seperti sy alami.waktu itu banyak sekali yng daftar ke sy sampai totoal keuangannya 260jt.yg sepeserpun saya gak makan uangnya karena saya langsung saya setorkan ke bisnis itu.setelah saya setor seluruh uang itu setelah 3bulan lancar tetapi menginjak 4 bulan royalti yang dijanjikn bisnis itu tidak terbayar dengan alasan pergantian system.
    singkat cerita setelah itu smua teman2/orang yg ikut daftar ke saya itu menuntut sy agar mengembalikan semua uangnya itu.saya sudah ceritakan semuanya tetapi semua gak mau tau karena rata2 juga dia pinjam di bank dengan jaminan sertifikat,BPKB,dll.
    dengan tanggung jawab saya, saya dengan adaya sedikit tabungan saya bayarkan ke orang trsb. dgan alasan saya cicill. smpi skrg yang setiap bulannya harus bayar 8jtan.dan skrg saya udah tdak bs membayar lagi.Ini juga saya udah terlilit rentenir.Anak istriku bingung harus mau makan jg beli susunya.yang ini masih Balita anak sy yang kedua.anak saya yg pertama di pesantren yg tiap minggunya minta uang jajan.Pak tolong bantu doa ya agar cepat terselesaikan semua maslah saya ini.Yang masihkurang 100jtan. terimakasih atas perhatiaanya..Wssalamualaikum…

    • Pak Rusdi saya turut doakan, mohon kesabaran kepada Allah, keihlasan menjalankan semuanya dan mohon kepada Allah (jangan pernah putus) agar dimudahkan insya Allah , Allah bukakan jalan.

  54. ass.wr.wb…
    salam kenal pak pur…..dr artikel diatas byk yg bsa sya pelajari,,,trima kasih….tp saya ad satu pertanyaan ttg hutang tp bkn menghadapi hutang, melainkan gimana cara jitu menagih hutang yang baik???hehehe….tolong dibantu y pak….trim’s…

  55. Assalamualaikum Ustad. Pur.
    Terimakasih atas artikel yang Ustad bagikan kepada seluruh kaum.
    Jujur,Saya terinspirasi oleh artikel Ustad tentang sodakoh ini.
    Ini membuat saya semakin yakin bahwa keajaiban sodakoh benar2 dahsyat.

    Salam kenal Ustad
    Dan salam kenal bagi seluruh pengunjung website ini. Semoga kita selalu dekat denganNya. “amiin”

  56. asslkm ustad Pur.

    saya mau tanya jika saya punya hutang kartu kredit, saya sudah niat untuk bayar dan sdh coba bayar bulanannya sebagai komitmen bayar hutang, saya terkendala pekrjaan karena saya berhenti dr perusahaan tempat saya bekerja, berniat untuk bayar tetapi belum dapat pekerjaan lagi. Ada rejeki sdeikit untuk untuk keperluan hari2, mana harus didahulukan bayar hutang atau gak ada uang untuk keperluan hari2??
    mohon arahan ustad.
    wassalam

    • ada dua hal yang harus anda laklukan pak
      1. bekerja seadanya (meski diluar logika hal itu tidak dapat menutup hutang, dari pada anda tidak bekerja sama sekali)
      2. menghadapi semua akibat dari berhutang dengan niat yang ihlas, bismillah, . Akibat dari hutang itu misalnya ditagih sama yang ngutangi (hadapi dengan kejujuran), masalah makan sehari hari (nasi dan sayur) tetap prioritas karena hal itu penunjang untuk dapat membayar hurtang, dan komunikasikan hal ini dengan yang ngutangi insya Allah untuk makan pasti mendapat keringanan.
      salam

  57. Assalamuailaikum pak pur…
    Pak saya ibu rumah tangga,saya mempunyai hutang sama rentenir dan lain2 suami saya tahu tp cuma yg direntenir,tp dia gak peduli pdhal uang itu saya pakai untuk kperluan rumah tangga,saya ibu rumah tangga biasa yg hanya mengurus anak dan rumah tangga,setiap hari saya sholat dan berdoa kepada Allah dan setiap hari saya biasakan membaca surat Al Waqiah…apa saya bisa mendapat rezeki dari Allah walopun saya tidak bekerja karena setiap hari saya berdoa agar saya diberi jalan dan petunjuk juga rezeki dari Allah agar saya bisa membayar utang2 saya…
    Mohon jawabanya pak pur…Terima kasih.
    Wasalam.

    • waalaikum salam Bu Amelya
      rejeki itu untuk siapa saja Bu, baik yang bekerja atau yang tidak bekerja. sekarang yang menjadi masalah bagi ibu adalah masalah hubungan dengan suami, sebaiknya ibu berbaik dengan suami dan jujur terhadap apa yang dialami ibu seperti misalnya masalah keuangan (hutang yang tidak ketahui suami) Ibu harus berani mencertiakan hal tersebut kepada suami meskipun suami tidak menghiraukan.
      setelah itu ibu harus berani mengambil langkah seribu kalau perlu 2 ribu untuk “action” menggapai rejeki yang sudah disiapkan Allah entah dengan bikin kue, jualan, menjahit atau lainnya, pokoknya apalah. (maaf jangan hanya berdoa, karena berdoa dalam keadaan yang ibu alami sekarang semakin kontra produktif) lebih baik ibu mengaplikasikan bahwa Allah sudah menyiapkan rejeki tinggal ibu bergerak saja. nanti jika ibu mulai bergerak menggapai rejeki yang sudah disiapkan Allah maka masalah hutang ibu akan lunas dan tidak tergantung lagi dengan suami.

  58. Assalamualaikum wbt,

    Di sebalik hutang itu sebenarnya ada pengajaran dan pembelajaran yang sangat berharga iaitu kembali berserah kepada Allah SWT. Pasrah . InsyaAllah pasti ada jalan keluar.

  59. assalamualikum
    nama saya abu saya mau bertanya saaat ini saya dililit tanggung jawab yakni harus melunasi tagihan pinjman pada usaha saya sebesar 4 milyar dan sekrang usaha saya sudah tidak berjalan dengan kata lain tidak ada lagi mata pencaharian saya.dan sy bingung harus kemana saya udah berusaha dan hampir semua usaha yg saya coba gagal dan tidak ada titik terang , dan dari pinjaman Rp 4 milyar ini ada 40 orang yang bersangkutan sebagian darinya masih mau menunggu namun sebaian juga ngak mau saya keingungan saya udah ngak punya aset, sy benr benr sulit apa yg harus aku perbuat….. dulu aku dengan mudahnya mendapatkan penghasil ,mungkin sy kurang bersedekah sekali lg mhn araha dan petunjuknya

    • waalaikum salam. Bapak harus tetap pada jalan yang diridloi Allah, jangan sampai tergoda untuk melakukan hal hal yang tidak di ridloi. Jalan yang di ridloi Allah biasanya mengharuskan kita untuk : Tabah, Kuat, Berani dan siap dengan segala resiko. Bapak boleh kehilangan semua harta, bapak boleh kehilangan apapun mungkin juga jkeluarga tapi satu hal Bapak tidak boleh kehilangan Allah. tetaplah pada keadaan ini pak. hadapi orang yang menghutangi Bapak, apa maunya…. kalaupun Bapak harus menghadapi resiko yang paling berat hadapi dengan sabar dan tetap berpegang Allah. Dan yang terp[enting adalah jangan sampai putus asa untuk membayar, tetaplah berniat sekuat kuatnya , fokus, jika secara dlohir tidak mampu andalkan Allah yang maha kaya. saya bantu doa.

  60. Assalamuallaikum wr wb,..Bapak Pur,.
    Nama Saya Rohmadi, Saya pelaut dan memiliki usaha toko material dan bahan bangunan dan sudah berjalan lebih kurang 2 tahun,permasalahnya sekarang ini adalah usaha dagang yang saya laksanakan belom bisa berkembang menjadi sebuah toko yang laris,maju,dan sukses.Terkadang saya sudah tidak bersemangat lagi tapi kalo mau ditutup rasanya juga sangat disayangkan.Apalagi saya juga memiliki hutang yang banyak di Bank bank swasta yang kalo di total hutang saya saat ini mencapai lebih 100 juta.dan setoran tiap bulan hampir 6juta.

    Untuk membayar setoran ke bank dengan sejumlah uang tersebut saya belom bisa mendapatkan dari penghasilan omzet bersih dari usaha dagang toko material.dan juga saat ini saya belom berangkat berlayar karena belom ada panggilan dari perusahaan pelayaran.

    Maka dari itu Saya sangat mengharapkan pendapat,solusi dan doa dari Bapak Pur agar toko material saya bisa menjadi toko yang laris sukses dan maju,bersyukur dapat menjadi perusahaan.dan saya juga bisa berlayar lagi agar dapat membayar hutang hutang saya.Dan Semoga ALLAH SWT senantiasa memberikan pertolongan2 bagi umat umatNYA yang dikasihiNYA.Aamiin.

    Trimakasih yang sebesar besarnya atas saran2 dan doa2 dari Bapak Pur.

  61. teman sy pinjem 10jt alasan untuk membangun rumah.dan tempo pembayaran 10kali byr jaminan atm tp emalah skrng duit buat nyogok kerja pindah lokasi kerja .terus nohpnya ngak bisa di hubungi.apa yg harus sy lakukan! !!!

  62. Assalamu ‘alaikum Den, salam kenal n terimakasih, stlah sy mmbaca artikel Den Mas, sy kepala kluarga 40th, anak 3org, paling besar klas 3 smp, sy punya utang yg sngat mmberatkan kbutuhan keseharian dan masa depan keluarga dan anak-anak sy. utang dgn bank dan jg dgn teman2, hampir sama besarnya, total +- 70jtan, utang2 terjadi ktika sy coba2 brbagai usaha dagang dan jasa, dan beberapa kali gagal yg akhirnya hutang mmbengkak, skarang sy brhnti dgang, sy bkrja di prusahaan kontrktor dgn gaji 3jtan, dibantu istri jualan jajanan dikantin sekolahan, rata2- pndapatan istri sy 50~75rb/hari, yg ingin sy tanyakan bagaimana detail pembagian keuangan kami, untuk segera melunasi hutang2 kami, dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari (bayar listrik telepon, air, bayaran sekolah anak, cicil utang bank, cicil utang ke teman, dll) terimakasih banyak atas saran dan jawabanya.
    Wassalam..

  63. Sallam Den, syarikat kami mempunyai masalah orang hutang tak mahu bayar bukan 1, 2 bulan dan nak masuk 1 tahun. Dah macam2 cara tak juga bayar apa cara yang baik untuk tuntut hutang?

  64. Alhamadulilah Pak Ustad saya merasakan tidak beda yang diatas, Mohon Doanya untuk mengatatasinya sehingga saya bisa terbebas dari hutang2 di bank dan keluarga yang nominalnya lebih kurang 500jtan , Aamin

  65. saya doa kan yg lg terlibat masalah biar cepat selesai masalahnya, sedekah adalah menarik dan membuka pintu rizki yg mustahil jd kenyataan!!!! asal yakin se yakin-yakinnya. nasib ditangan kita, takdir tangan tuhan, hanya doa yg bisa merubah takdir, maka banyaklah berdoa. Amiiien…………………..

  66. Ass.wr.wb, pak ustadz sy mo curhat pak.Sy sekarang terlilit hutang akibat tertipu teman akrab sy sebesar 30jt dan sekarang sy bingung sekali sampai-sampai tiap malam dat bs tidur, gmana pak cara mengatasinya.Wass

  67. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu…salam kenal kpd smua pengunjung blog ini.Sy pingin curhat skaligus menanyakan kpd Pak Ustadz.
    Sy bkerja sejak thn 2006 sebagai pengelola smpan pinjam untuk kelompok di kecamatan awalnya sy pengangguran yg sering gabung bersama orang2 pinggiran.
    Alhamdulillah disaat ada program sy terpilih mnjadi pengurus di kecamatan,
    th pertama kmi mngelola dana 10 jt dan terus bertambah setiap tahun krn alokasi bantuan rutin sekarang sekitar 1 milyar modal dan jasa.yg jadi permasalahannya sy sdh banyak menyalahi prosedur pengelolaan dana dikarenakan sy tdk sanggup melihat orang2 yg membutuhkan pertolongan dipermainkan dengan birokrasi,banyak orang2 miskin tidak bisa ikut kelompok hingga tdk ada jln untuk dpt pinjaman dari kami,inisiatif sy krn ada wewenang jabatan sy berani mendompleng tiap klp untuk dpt pinjaman untuk org2 yg ingin sy bantu,hingga dana yang tdk bisa sy kembalikan ada 270 jt krn org2 yang sy bantu bnyak tdk sanggup mengembalikan pinjaman yg sy berikan ada yg jutaan dan ratusan ribu banyak yg sdh sy ikhlaskan krn melihat kondisi org yg sy beri pinjaman.sy ingin bertanya kpd Pak Ustadz salahkah yg sy perbuat slama ini? sampai hari ini sy msh menjabat ketua di kecamatan,memang sejak dari awal th 2011 sy sdh menghambat untuk menjamin peminjam tetapi tetap sy tdk bisa melihat kalo ada yg membutuhkan walau sy berada di bawah tekanan tiap kali sy melakukan penyaluran dana selalu ada yang sangat membutuhkan sy temui yg diluar kelompok,apakah sy terlalu lemah jadi pengurus? untuk menaggulangi dana yg demikian besar sy sbenarnya tdk mempunyai apa2 Rumah yg sy tempati msh numpang dirumah bantuan untuk korban kebakaran krn yg punya rmh ada rmh lain,sementara harta lain cuma istri dan anak yg msh umur 3 tahun.yg sy miliki.sy sangat bingung krn dana tersebut harus segera sy lunasi solusi smentara sy harus mempertanggung jwbkan secara hukum,sy mohon Pak Ustadz atau saudara sy yg lain dpt memberi solusi yang bisa sy perbuat.terima kasih wassalamu’alaikum wr.wb

  68. Assalamualaikum wbt,maafkan saya…mudah-mudahan catatan ringkas ini bisa sedikit membantu saudara.
    Pertamanya terima permasalahannya terlebih dahulu meskipun berat mata memandang berat lagi bahu yang memikulnya dengan hati yang redha,pasrah dan Ikhlas kerana Allah. Nanti akan terbuka jalan-jalan lain untuk solusinya asalkan benar-benar berharap Pertolongan Allah.InsyaAllah.

  69. Waalaikum salam,wr.wb..terima kasih Ibu Fida, Pak Setiyo semoga Allah Subhanahu Wata’ala memberikan jln kepada sy yg lagi kebingungan,Amin Yarabbal A’lamin..

  70. Ass.wr.wb.
    Pak Pur yang baik … Saya mau cerita sedikit.
    Saat ini saya punya banyak hutang, kalau ditotal mungkin ada 700 jt an,….
    InsyaAllah saya berusaha meyakini akan janji Allah seperti yang disampaikan Pak Pur mengenai sedekah, dan langkah-langkahnya pun akan saya coba lakukan.
    Tapi ada satu pertanyaan, bagaimana jika dalam pelaksanaan nya saya melakukan dosa besar …… Apakah hal tersebut cukup menghambat janji Allah kepada hambanya untuk melipatgandakan rezeki ???
    Mohon pencerahannya.
    Wass.wr.wb.

    • Waalaikum salam Pak JUmadi, dalam salah satu ayat dikatakan bahwa barang siapa yang bertakwa maka Allah akan beri jalan keluar dan rejeki yang tidak di sangka sangka, untuk itu sebaiknya bapak menjaga diri untuk tetap bertakwa, jika terlanjur dosa maka perbuatan takwanya adalah taubat dan istighfar, tidak peduli dosa kecil atau besar. salam

  71. Ass. wrwb pak ustad saya punya banyak utang, Insya Allah saya sudah berniat sejak lama untuk membayar utang utang tersebut dengan janji Allah saya beriikhtiar ,setiap malam saya sholat tahajud dan berdoa serta bersedekah semampu saya dari bulan november 2011 sampai sekarang april 2012 Alhamdulilah Allah kasih jalan buat saya namun untuk membayar utang yang besar sampai sekarang belum dikasih jalan keluar oleh Allah SWT sebagai
    manusia biasa kadang kadang saya suka bingung kapan pertolongan Allah itu datang pak ustad doakan saya semoga Allah segera melunasi hutang hutang saya

  72. assalamualaikum wr.wb
    pak ustad saya suami saya lagi terbelit hutang yang sangat besar jumlahnya pertamanya buat modal usaha tapi sekarang uang tersebut dah habis buat modal dan membangun gudang.yang saya mau tanyakan gmn caranya agar hutang tersebut bisa segera terlunasi agar pikiran saya tenang

    • waalaikum salam wr wb.
      ikuti apa yang seharusnya dilakukan bu, dan jalankan hutang ini dengan kesungguhan membayar dan sabar. semoga Allah cepat memberikan jalan keluar

  73. Pingback: Cara Cepat Bayar Hutang | Madinah Kecil

  74. Assalamualikum wbt

    Hamba yang dhoif ini pernah pailit pada tahun 2000 dengan hutang sebesar 6 milyar di pengadilan MALAYSIA….dan masih ajah ada pengusaha keren dibandung yang tidak mau bayar hutang sebesar 700 juta ( masih ajah beliau parlente ).

    Akhir tahun 2002 , hamba yang fakir ini bisa bebas pailit , bayar hutang dan berwira usaha di dua negara dengan karyawan 300 orang !
    Sekarang dalam proses mau bangunkan gedung Perguruan Tinggi Swasta.
    Bukan niat takabur cuma ingin berbagi :-

    1. Tetaplah memberi makan kaum dhufa setiap hari jumaat sebelum sholat jumaat …beri makan dan jangan duit dan liat mata nya …mohon doa mereka.

    2. Kembali kpd usaha lama dan jangan buat usaha yang baru ( kita udah kenal mana malaikat dan yang mana syaitan )

    3. Hadapi orang yang kita hutang termasuk bank untuk negosiasi hutang kita .

    4. Jangan tukar nomer HP.

    5. Jangan ngomong TIPU atau ngak benar sama debtor kita ..maksud nya kalau terlambat bayar hutang telpon mereka …ajak makan gitu.

    6. Solat Dhuha …terus dan minta wirid dari GURU yang mursyid …tapi buatkan hanya semata mata kerana allah swt.

    7. Pastikan rejki halal toyyiban walaupun yang haram keliatan yang paling terbaik dan way out yang gampang.

    semoga ada redho dan rahmat nya

  75. salam kenal pak Setiyo….
    perkenalkan nama saya Hendry… Saya sangat berterima sekali pak karena tulisan bapak sungguh bermanfaat dan menyadarkan saya agar saya segera menyelesaikan hutang2 saya. Meskipun saya beragama Nasrani, saya akan berusaha dan bertekad untuk menyelesaikan semua hutang saya sesuai dengan semua yg bapak ajarkan.
    Saya sungguh2 berterima kasih pak…. Atas pencerahannya…. saya bersyukur sekali pada YME karena saya sudah diijinkan untuk membaca tulisan bapak. Mohon doa dan restu yah pak… Agar saya bisa segera menyelesaikan hutang saya secepatnya. terima kasih…..

    regards,
    u

  76. assalamualaiku… saya andik dari mojokerto.maaf sblumnya yg ada di forum artikel ini.saya harap ada salah satu pembaca dri artikel ini yg bisa membantu saya melepas beban dri hutang saya sbesar 7 juta…saya mohon bantuan dri anda skalian.saya bingung hrus bagaimana lagi dengan gaji 1,5 juta perbulan saya hrus mengembalikan uang tersbut bln depan…klo ada yg bsa membantu saya berjanji akan mengembalikan uang trsb secara bertahap…saya mohon no saya 083849405563.

  77. Mas setyo. iya mas saya sudah minta tolong kpda allah.saya brharap dan prcya allah bsa membantu saya dalam posisi yg terjepit ini… amin

  78. saya berniat membayar hutang tapi apa yang saya lakukan ada hadist nabi barang siapa yang membebaskan hutang orang lain pahala 1000 kali lipat ibadah haji. Maka selain saya bekerja sya berharap ada yang mau membantu maslah saya bagi yang akan memberikan bantuan silakan transfer ke no.rek 1133-01-000175-53-0 Bank Bri a.n indra lesmana sekarng kondisi saya sudah kronis hidup sya sdh dijalanan anak sya dua masih kecil kecil anak 1 umur 6 Tahun anak 2 umur 1 tahun atas perhatianya sya ucapkan terimakasih.

  79. Assalamu’alaikum wr wb

    langsung saja sy saat ini terjerumus kedalam hutang yng sangat besar dan saya sudah kewalahn tidak bisa membayarnya sy pasrhakan kepada Tuhan dan sy yakin Alloh akan membantu, sy di kejar2 orang yg sy hutangi untuk membayarnya sy sekarang bingung harus bagaimana ini mohon petunjuknya terimaksih wassalamu’alaikum wr wb

    • waalaikum salam, Pak Suta, maaf pak ya saya langsung to the point saja nggih. kita hutang berarti kita berani menanggung resiko , seperti halnya dengan apa yang sekarang Bapak alami, Bapak harus berani berhadapan dengan orang yang menghutangi Bapak, terus saja bersikap pasrah sambil terus menghadapi baik melalui telepon ataupun tatap muka. bahkan maaf resiko terberat pun harus berani Bapak hadapi. yang penting hadapi dan berani melakukan negosiasi dengan yang menghutangi tersebut. semoga Allah membukakan jalan dengan keyakinan bapak kepada Allah.

  80. Hutang mmg m’buat kt gk bs tidur,gk enak makan..dan apa sj.. P ustad,sy sndr pny hutang yang pd dsrnya bkn murni sy yg memakai uang itu. Sy bkrj jd salesman pd sbuah perusahaan,diantar bbrp toko langganan yg sy knjungi,ada bbrp yg akhrny pailit dan tak bs byr tagian pd sy,jika terjd hal spt ini perusahaan tmpat sy bkrja sll membebankan tagian kpd salesman(sy)..yg mnyebabkan sypun hrs jg menanggung bunga dr pinjaman2 sy yg sy gunakan untuk menutup tagian2 itu dan bbrp keb.sy..kini jmlanya ckup bnyak bagi sy,+-30jtan..tentu sj pak ustad sy tak kan bs melunasinya tnp pertolongan Allah,tolong jg doakan sy sgera mndpt jln keluar rejeki buat melunasinya ustad..terimakasih.. *(kangkirinwae@ovi.com)

    • anggap sedekah pak, insya Allah berkah dan berkah itulah yang nanti akan membuat pertolongan Allah turun

  81. Asslmkm, Nanya pak Setiyo, utk bersedekah prioritasnya bgmana, yang duluan mana, 1. Orang tua yg sangat membutuhkan 2. Fakir miskin (orang lain) 3.Masjid/Pondok dll. Ada pendapat orang juga yang katanya sebaiknya diberikan ke orang banyak meskipun jadi sedikit2, karena pasti mereka mendo’akan kita. matur nuwun.

    • waalaikum salam wr wb prioritas dari orang terdekat kita pak,terutama orang tua, buatlah orang tua ridlo dengan kita insya Allah nanti allah meridloi kita.

  82. Assalamu’alaikum Pak Setyo..
    Mau nanya nih,.. Hutang orang tua yang meninggal memang urusan ahli warisnya, yang ingin saya tanyakan adalah untuk melunasi hutangnya itu apakah melibatkan semua ahli warisnya (berpatungan) atau salah satu saja mengingat hutang orang tua untuk keperluan hajatan salah satu ahli waris,
    Bagaimana menanggapi hal ini Pak Setyo, Trimakasih atas bantuannya…..

    • waalaikum slam wr wb, wah kalau ini yang tahu persis ahli fiqh bu Tika saya kurang paham tentang hal ini, maaf nggih

  83. Assalamualaikum, wr.wb.
    Terima kasih pa ustad atas pencerahannya.
    Saya membaca blog dan semua komen dengan berlinang air mata, karna merasakan juga apa yg saudara2 rasakan.
    Mohon doa nya secara khusus agar kami segera keluar dari semua lilitan hutang kami…
    Saya berniat untuk berjualan gerobakan kecil2an, kalo ada yang mau sering saya terima dengan senang hati.
    Amiin Ya Allah.
    Terima kasih.

  84. kami banyak utang…apa ada yg mau bantu kami…kami mau ganti….kami mau jual rumah kami di perumahan oma view jl.bandara narita blok EB no.1, kel.cemoro kandang kota malang jawa timur, luas tanah 192m, kamar tidur 5 kamar mandi 2,pln 2200 watt,pdam, pagar keliling, hrg 375jt nego hubungi kami firman laoli 085785286896,bantu kami cari pembeli rumah kami,trims.

  85. Assalamu’alaikum
    saya telah membaca solusi cara cepat membayar hutang yang bapak tulis.
    mungkin saya butuh pencerahan lebih dari masalah saya ;
    1. saya seorang anak angkat
    2. saya seorang guru gtt di perantauan
    3. ibu saya cuci darah 3x dalam seminggu
    4. bpk saya kena penyakit jatung ringan
    5. saya pernah buka usaha tapi sudah tutup
    6. hutang mgkin bagi sebagian orang tdk banyak tp menurut saya terlalu banyak dan ke banyak orang ada yag 200rb s/d 2 jt total sekitar 6 jt
    7. kemarin ibu sya obname habis 2 jt katanya tapi saya tdk mengirim 1 rp pun krn tdk pya uang
    8. disekolah sy ngjar kmputer, saya luang kan wktu 90 % untuk sekolah, ibaratnya uang, tenaga dan waktu saya hbis di skolah,
    9. kmrin byk yg nagih utang
    10. uang sekolah sy pakai untuk membeli alat2 dan perbaikan komputer tapi kepala sekolah menuduh saya dipakai utuk keperluan pribadi pdhal selama ini kalu di hitung2 sudah jutaan uang saya keluar utk komputer sekolah tp saat sy gunakan uang sekolah malah dituduh seperti itu.
    11. byk sekali yg hrs sy ktakan, tp tdk cukup disini
    INTINYA BERI SAYA SOLUSI UTK MASALAH SAYA DAN TOLONG BANTU DO’ANYA PAK.
    WASALAMUALAIKUM
    TERIMAKASIH

    • waalaikum salam wr wb , bp, saya banyak menulis tentang syukur silahkan di baca lalu diamalkan insya Allah masalah bapak akan dipermudah masalah

  86. Assalamu”alaikum pa Setyo,
    Pak, saya punya masalah hutang?? ada beberapa orang yang punya utang ke saya, tp dah beberapa kali saya tagih tp jawabannya hanya ntar aja, padahal klo di lihat kehidupan mereka dan kebiasaan , saya kira mereka dah sanggup membayar utang, lama2 saya cape dan saya biarkan aja sampe sekarang padahal utang tersebut dan beberapa taun yang lalu, karena yang saya tahu klo qt tdk menagih qt termasuk dosa juga, tp lama2 saya cape juga , Saya harus gimana pak? Minta solusinya pak?…Makasih

    • waalaikum salam wr wb
      Bu dini, solusi yang dimaksud apa ya bu? solusi sabar, atau solusi ihlas, atau yang bagaimana …

  87. Assalamualaikum w w
    bapak, salam kenal, :) . saya hanya mohon do’anya agar Allah memudahkan saya memperoleh rezeki yang halal dan berkah, agar saya dapat melunasi hutang saya saat ini secepatnya. untuk semua saudara2ku, semoga Allah juga memberikan kelancaran dan kemudahan, agar masalahnya dapat segera teratasi . memang terasa berat, tapi saya ingin tetap tegar , ceria dan optimis, giat bekerja dan berusaha pandai menjalani hidup. aaminn ya Allah ya robbal alamiin , jazakallah khairan katsiraan.

    wassalamualaikum w w

  88. Ass bp slm kenal……….saya anak pertama dari 3 bersaudara dan saya adalah tulang punggung keluarga. saat ini saya dan keluarga mempunyai hutang yang lumayan banyak. saya harus membayar hutang” tsb setiap bulannya lebih banyak di bandingkan gaji saya alhasil saya harus meminjam lagi untuk biaya hidup sehari” (saat ini saya merantau) dan hutang saya bukannya berkurang tetapi semakin bertambah. kadang saya putus asa ingin rasanya mengacuhkan semua tapi mengingat keluarga yang sangat saya cintai rasanya tidak sanggup untuk mengabaikannya. mohon bantuan nya pak untuk di berikan solusi atas masalah saya ini………sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

  89. Assalamualaikum pa setyo
    Saya saat ini bekerja di salah satu sekolah (SMK) , saat ini saya mempunyai hutang sebesar 60jt, uang itu saya dapatkan dari beberapa teman karna untuk kebutuhan hidup pa.., karna saya sempat menggangur. saya bersyukur waktu itu mndptkan pinjaman tapi pada akhirnya saya kebingungan dan sangat sangat kebingungan. Saya niat membayar hutang hutang saya pa.., tapi bagaimana cara y? saya tidak punya tabungan sama sekali, saya terima gaji perbulan hanya 1jt , dan satu masalah lagi bebrpa teman dan saudara juga ada yg berhutang dgan saya tetapi mereka klo ditagih selalu dengan berbagai macam alasan padahal say juga butuh untuk tambahan hutang hutang saya ke orang. Jujur saya takut tidak bisa melunasi, tapi saya sangat sangat niat buat bayar hutang saya paa…., dismping saya bersujud meminta ampun pada ilahi, disis lain pikiran saya tidak tenang… adakah doa yg paling mujarab biar hati dan pikiran saya tenang pa….??? mohon nasehat y pa..?? Terima kasih pa sudah mao mndgrkan curhat saya. wasalam

  90. Assalamua’alaikum..terimakasih pak setyo, alhamdulilah dapat pencerahanya.., mohon ijin copas pak setyo. wassalamu’alaikum..

  91. saya seorang mualaf, sejak pertama masuk kami selalu di uji, ini mungkin ujian yang terberat bagi kami saat ini, bebrapa bulan yang lalu barang saya dibawa kabur teman padahal barang itu sya beli lewat kredit,dan sekarang saya harus menanggung beban yang seharusnya tidak saya tanggung, bebrapa hari ini kami harus menyelesaikan tanggungan itu, sya kadang leleah berdoa, kadang putus asa kenapa saya selalu begini, keluar dari kesulitan atu kekesulitan yang lain, apakah ini ujian bai saya atau ini adzab perbuatan diasa lalu, saya telah berusaha untuk menjadi manusia yang baiik, tpi mengapa cobaan ini selalu datang, ada pikiran untuk murtad lagi, ada pikiran untuk mengakhiri hidup seprti dulu yang pernah kami coba, yaalloh bisa kuatkah kami degan ini semua, aku tak mau kafir ya aaloh, seandainya nyawa ini untuk menukar kebahagiaan kami kami iklas.. yang terpenting bagi kami adalah keluarga dan ketetapanku dalam islam ya ustad bantu doakan kami agar kami bisa menyelesaikan massalah ini, ukuingin bertahan dalam islam dan matidalam keadaan islam.

  92. hutang murni saya adalah tinggal 20 jtaan ke bank.. sedangkan yang 130jtaan adalah uang kakak, temen, dan paklik saya sendiri.. mereka titip uang itu karena dulu melihat usaha saya berkembang, tapi sekarang usaha saya bangkrut total.. dulu waktu masih berjalan saya kasih profit tiap bulannya/bagi hasil, 5/10persen dari modal.. tapi sekarang saya gak bisa kasih profitnya.. saya berniat buat mengembalikan modal mereka, baru dapet kurang lebih 50% dari modal yang saya kembalikan.. walau sempat jual beberapa barang yang saya miliki, udah hampir setahunan saya belum bisa mengembalikan 100%modal mereka, saya merasa berhutang sama mereka.. dari mereka ada yang sering nagih ada yang sabar, cuman saya sendiri gak enak.. dulu sebenarnya juga aku kasih tau untung rugi tanggung bersama, cuman aku gak tega aja.. saya berniat mengembalikan uang mereka 100%, profit yang udah saya berikan udah saya anggap tidak dihitung.. cuman sampai sekarang belum bisa dan saya bingung, sudah tidak punya yang harus dijual.. tolong kasih pencerahan dong pak.. semoga Allah memudahkan saya… aminn

    • jaga niat membayar, dan lakukan apa yang seharusnya dilakukan, bersikaplah seperti bayi yang menangis tanpa ekspektasi apapun dari tangisannya dan akhirnya ada yang menolongnya. kebali kepada fitrah.

  93. assalamualaikum pa ustad,,,
    pa ustad saya minta didoakan supaya cepat di beri jalan untuk membayar hutang,
    tiap bulan saya harus membayar cician hutang sebesar 25 juta rupiah…

  94. asslmkum p ust,,saya pengusaha dari awal usaha saya pake duit rentenir,sekarang sy sudah terlilit banyak hutang malahan iskrg diujung tanduk,,semua setoran sy macet baik ke perbankan maupun pihak lain setelah sy totoal hutang saya 1,2 m,bagmana ust solusinya biar terlepas dari himpitan ini,wasslmkum,,,

  95. Assalaualaikum wrwb,
    saya ibu rmhtangga yg mempunyai hutang yg banyak keberbagai orang,sekiranya bapak yang bisa menolong memberi pinjaman, yang tanpa bunga karna saya berdoa sudah,tapi kayanya tetep harus mencari orang yg dapat menolong saya secara di dunia, bila bapak kelebihan rizky saya beribu-ribu minta pertolongan utk dapat menolong ,saya msh bisa sanggup menyicil untuk satu lubang,,tapi karna lubang saya terlalu banyak,,saya sangat kewalahan,,terimakasih sebelumnya klo berkenan bapak mau membantu saya ini no hpnya 02292121137..
    Wassalam

  96. Pak, mohon bantuan doanya untuk saya dan suami ya pak agar kami bisa segera melnasi semua hutang2 kami ya pak? Jujur, sering rasa sakit dalam hati ini kami rasakan jika seseorang yang memberi hutang kepada kami tersebut selalu mencemooh kami. Rasa ingin menangis sekeras-kerasnya dan memohon sama Allah SWT terasa besar sekali waktu itu juga. Kenapa sih ya pak? Bisa membantu seseorang bukannya bersykur dan bangga, ttpi mlh dijadikan ajang untuk bisa mencemooh seseorang? Padahal juga saya dan suami juga tidak pernah terbersit sedikit pun untuk tidak membayar hutang kami. Niatan utk segera melunasi hutang2 itu sebenarnya sangat besar, ttpi apa daya? pengeluarn kami sedang banyak. Lagian juga tiap bulannya kami slalu ushakan untuk mengangsurnya, dan tidak pernah sampai tdk mengangsurnya tiap bulannya.Bahkan sampai2 penghasilan kami saja minus. Saya hanya bisa berharap, semoga suatu hari nanti jika hutang2 saya sudah lunas saya bisa gantian membantu ya pak? amien. maaf klo trlalu pjg…TERIMA KASIH SEBELUMNYA PAK…

  97. Terima kasih atas pencerahannya. Semoga semua hutang2 kita semua dapat segera lunas. Selalu yakin akan janji Allah, jangan ada keraguan sedikit pun.

  98. ass .wr. wb .pak setyo gimana cara membayarkan hutang dengan ikhlas pak setyo ? . soalnya saya terus – menerus membayar hutang . gimana solusi dari pak setyo ?

  99. Ass…pa ustd..saya bingung pa,hutang swami saya bnyk bgt..dl dia menutupi smua hutang itu kpd saya krn dia berhutang bkn untk keperluan rmh tangga qta..dia berhutang utk menutupi angsuran2 konsumenny yg tdk byr..kbetulan dl swami saya bekerja d salh satu lissing mobil(jaminan bpkb mobil)krn konsumennya bnyk yg tdk byr,jd swami saya rela mnjem uang k rentenir utk menutupu angsuran konsumen yg bolong demi mrendapatkan bonus dr kantor..smp puncakny swami saya jd terlilit hutang yg hampir 25jtan..tolong pa kasih jln kluar yg terbaik utk saya..

  100. Assalamualaikum. Pak ustad , sy dan suami punya bnyk utang untuk ukuran sy, skrng sy sering jantung’an kalau mendengar spd motor, ustad setiap punya usaha sy gak pernah berhasil, jd hutang smkn menumpuk, sampai2 gak ada lagi tetangga gak mau sy dekati krn hu tang sy banyak.. Mereka tkt sy cari pinjaman ke mrk, saudara pd menjauh. Gmn jalan keluar yg baik ustad spy sy bs lepas dr derita ini, trims

  101. assalamualaikum,pak ustad apa harus membayar 10 x lipat nya,klu kita mampunya hanya 10% bagaimana pak? bukannya sedekah itu sesuai kemampuan dan ikhlas ?

  102. Assalamu’alaikum. pak setiyo, saya kebetulan sedang mengerjakan tugas akhir skripsi dan judul yang saya garapa adalah mengenai hutang-piutang. saya mau bertanya apa saja prinsip-prinsip pembayaran utang dalam islam. mksh

    • waalaikum salam wr wb , kalau itu ke ahli agama Bu bisa ke ustadz yang ahli fiqh atau hukum agama , kalau saya sekedar motivator agar orang menjadi semangat dalam membayar hutang

  103. mengenai konteks yg di atas dan mencermati masalah yg bapak ibu alami slama ini..
    semuanya obatnya ada di diri kita sendiri ..karena pelakunya juga kita sendiri..
    inilah hidup dan hidup memang penuh bermacam macam cara..kalo kita tidak mau resiko ya kita juga harus bisa menghindari masalah tersebut, ALLAH maha pemurah …dimana umatnya meminta dengan jalan yg benar.. insya allah ALLAH akan kasih semuanya …tapi dengan syarat kita tetap BERSYUKUR,BERDO,A dan BERUSAHA …

  104. Assalamu’alikum.Wr, Wb, mau tanya cara melunasi hutang dalam 2 hari,ala Islami bagaimana? Terima kasih, Wassalamu’alaikum.Wr, Wb

  105. Ass.Wr.Wb.
    Pak Setiyo, saya mau tanya bagaimana menagih kepada seorang Haji, yang memiliki segudang kata2 manis, hingga saya terbuai tak kunjung habis pikir! ketika saya datang bersama istri, dia tidak mau melunasi hutangnya. Sejujurnya saya sudah jengkel dengan perbuatannya! andai saya rusak namanya, saya takutkan dia tidak mau membayar hutangnya. Apalagi saya juga harus melunasi hutang ke yang lain!
    Awal cerita saya bekerjasama dengan dia dengan saling percaya tanpa adanya Surat Hitam Di Atas Putih! Karena sudah berbagai tender yang saya berikan ke Haji selalu benar, Ketika Tender Palangkaraya berupa Training Olah Raga Sebanyak +/- 7000 setel agustus 2012 saya di janjikan akan di belikan sebuah mobil Suzuki Ertiga, namun saya berdalih tidak usah sebesar itu, saya hanya mengharapkan Rp5000/setel saja, tetapi Haji bicara tidak; “untuk saya akan di berikan minimal Rp 15.000/setel.” (hal ini masih terdengar telinga saya sampai saat ini). akhirnya saya sepakat tanpa adanya surat perjanjian…ketika pengerjaan Palangkaraya berlangsung, saya memiliki tender yang lain harus di bereskan oleh Haji, namun Haji tidak bisa menyelesaikannya dengan baik! Hanya memberikan masalah-malasah dan masalah! Dalam Hal ini saya masih menyelamatkan tender Palangkaraya tersebut. Namun pada akhir pembayaran dan pengerjaan Palangkaraya selesai Oktober 2012 dia tidak mau di temui…(sedang tidur kek, sedang tidak ada di tempat kek, dan sudah berbagai alasan) seakan hilang di muka bumi…
    Saya sudah habis pikir harus menagih bagaimana? Apakah seorang Haji begitu…? Saya mohon bantuannya Pak Setiyo, bagaimana caranya agar saya mendapatkan Hak Saya.
    Terima Kasih.

    • waalaikum salam wr wb
      Pak Felix, saya kira masih banyak cara yang dapat ditempuh dari mulai kekeluargaan, pertemanan sampai ke hukum. cobalah satu demi satu bapak bisa selesaikan. yang penting bapak sabar dan terus bertawakal kepada Allah serta yang penting adalah berbuat untuk penyelesaian. demikian Pak saya turut berdoa semoga masalah bapak ini segera selesai

      • Sejak awal saya sudah banyak curiga..kok Haji Enceng Sujana buat janji dengan klien saya di belakang saya, lalu pesanan tender pol PP bangka barat hingga RSUD Muara Enim, Haji Enceng tidak dapat menyelesaikannya…maaf jika saya sebut nama dia di sini…Agar temen-teman yang lain tidak terbawa di tipu oleh dia…ketika akan buat surat perjanjian dia menghindar…yah mungkin bukan rejeki saya..Saya hanya berharap pada yg di atas agar semua jalan bisnis Haji Enceng Sujana mendapatkan barokah..saya dan istri sudah meridokan dan hanya berpesan”ngawiat weh, sing kiat mawana di dunia sareng di Akherat” Terima kasih atas nasihat Pa Setiyo.

        • jika Bapak mengihlaskan itu lebih baik, tidak ada rejeki yang hilang tapi kalau uang hilang iya . rejeki seperti energi dia tidak bisa di musnahkan nanti akan berganti menjadi bentuk energi yang lain. semoga apayang bapak ihlaskan barokah untuk sekeluarga amin

  106. Ass.Wr.Wb.
    Pak Setiyo, saya mau tanya bagaimana caranya menagih kepada seorang Haji yang memiliki seribu janji Manis. Awal cerita saya memiliki berbagai tender, yang saya berikan kepada seorang Haji karena dia selalu benar dan tepat, walaupun tanpa surat perjanjian hitam di atas putih. Ketika bulan Juni 2012 saya mendapatkan tender dari seorang kerabat di Palangkaraya berupa Training Olah Raga Pemerintah Palangkaraya sebanyak +/- 7000setel. Saya di janjikan oleh Haji akan di berikan sebuah mobil Suzuki Ertiga namun saya menolak tidak sebesar itu, saya hanya mengharapkan Rp5000,-/setel, namun Haji akhirnya akan memberikan Rp15000,-/setel. Ketika Sudah berjalan tender Palangkaraya ini..saya harus menyelesaikan tender yang lain agar bisa selesai, namun Haji tidak dapat menyelesaikan tender yang lain dengan baik hanya selalu buat masalah-masalah dan masalah, tetapi saya harus menyelamatkan tender Palangkaraya dengan baik, karena jika tidak saya malu dengan kerabat saya yang di palangkaraya. Pada bulan Oktober 2012 saya menanyakan kepada kerabat saya yg di Palangkaraya dan sudah selesai tender palangkaraya, baik administrasi dan lain2.
    Hal ini saya menanyakan kepada Haji…namun haji sulit di temui baik sms dan telepon pun susah di jawab oleh Haji. Akhirnya saya dengan istri sepakat untuk menemui Haji di rumahnya…selama 2 bulan pun Haji tidak mau di temui dengan alasan pembantu tidak ada di tempat..masih tidur dan berbagai ribu alasan!
    Dalam hal ini saya belajar bagaimana pentingnya sebuah surat hitam di atas putih!
    Yang akan saya tanyakan kepada Pak Setiyo; bagaimana caranya saya menagih hak saya kepada Haji?

    Terima kasih.

  107. Pak saya punya hutang yang harus saya bayar hari ini Kamis 10 Januari 2013
    Saya mohon bagaimana solusinya

  108. ass… p.setiyo… sy ibu rumah tangga yg sedang kelilit hutang. hutang saya sangat byk. selama ini sy selalu gali lubang tutup lubang utk membyr htg htg sy. skrg sy tdk bisa lg utk membyr htg htg sy. sy tdk berani berkt jujur ps suami tentang kesulitan sy. uang trsbt slm ni utk tambahan buat rmh. utk keperluan sehari hari jg. tp mungkin sy lupa diri sehingga sy terlalu loyal. br skr sy br menyadari kesalahan sy. sy hanya bs mengadu pd allah. sy pasrahkan semua pd allah. hanya satu keyakinan sy bahwa allah akan menolong sy. bahwa allah akan memberikan keajaiban. bahwa pertolongan allah tdk terlambat. sy hy bs pasrah dan berserah diri sepenuhnya pd allah. bahwa allah py rencn dgn semua ini. hy satu permslahan sy. bagaimn sy hrs cerita mslh sy dgn suami dan ortu sy. agar sy bs menjual tnh warisan ortu sy utk mengurangi htg sy. sy jg tkt dipecat dr pekerjaan kalau bos sy tau mslh sy. mohon pencerahannya. wassalam.

    • waas Ibu Lia, fokus pada penyelesaian yang paling bisa dilakukan. jangan menunggu waktu. kalau memang menjual warisan ortu itu jalann terbaik maka segera saja jujur pada suami dan ortu. mudah mudahan Allah memberikan jalan yang terbaik untuk masalah ibu. amin

  109. Assalamu ‘alaikum w. wb.

    saya mmpunyai hutang yang sangat besar dan saya merasa sudah tidak sanggup membayarnya. saya sedang berusaha menjual rumah, tapi tetap belum terjual, sedangkan hutang harus dibayar setiap bulan. sabar dan berdoa, juga berusaha, sudah saya lakukan semampu saya, tapi belum juga ada jalan keluarnya.

    disini, saya berharap mndapatkan solusi atau jalan keluarnya, saya sudah putus asa dan sempat berpikiran mengakhiri hidup, bukan takut mati tapi takut mati dalam keadaan meninggalkan banyak masalah hutang.

    Pak setyo, bantulah saya dengan bantuan yang nyata, dalam menyelesaikan masalah hutang2 saya, bantuan bapak bisa dngan membeli rumah saya.

    wassalam,

  110. assalamualaikum wr.wb. pak setiyo

    sedekah kepada orang tua/mertua/keluarga terdekat yang memang kurang beruntung hidupnya apakah termasuk dalam sedekah yang bapak maksudkan?. dan sedekah yang paling baik menurut bapak kepada siapa?. saya mohon pencerahanya terima kasih.

    Wassalam.

  111. pak setyo,

    saat ini saya terlilit hutang bank ( 15 bank ) dgn total hampir 90 jt,gaji 3 jt, tapi masih ada angsuran motor,rumah dll. saya tdk punya aset, tiap hari saya sudah dikejar kejar bank, tolong beri saran apa yg harus saya lakukan sekarang?? tolong beri saya gambaran matematikanya, terimakasih. jawaban bpk sangat saya harapkan sekali.

    • saran saya riil Bu, hadapi bank nya, nyatakan bahwa Ibu tidak mampu bayar apa apa lagi. jika disita silahkan bank menyitanya. tapi ibu harus selalu bersama Allah.

  112. Kepada para dermawan yang berbahagia…..
    Saat ini saya sedang diberi ujian kesulitan ekonomi (hutang)….
    Bagi para dermawan yang murah hati, sudi kiranya menyisihkan sedikit rezekinya untuk membantu saya….berapapun nominalnya akan saya terima dan semoga ALLAH SWT melipatgandakan rezeki para dermawan sekalian……amin……
    Bank Mandiri : 1030016071983
    Hamba ALLAH……

  113. Pa ustad, saya mau tanya kalau ingin sedekah tapi tidak sekaligus besar boleh gak tapi kalau dijumalahkan dari beberap sedekah dalam sebulan bisa nyampe rp.200rban, apa nantinya jumlah sedekahnya dihitung potong-potong atau gimana…
    tolong penjelasannya… tks

  114. Assalamu’alaikum Akhina al-kiroom, Rohmatullohi alaina wa alaikum…
    Subhanalloh artikel ini sungguh indah…. saya tergetar dan izinkanlah saya berkumpul disini untuk ikut berdoa serta mengamini doa-doa kita ini, semoga dengan wasilah kesulitan yang menimpa menjadi penebus segala dosa dimasa lalu, semoga semakin hebat taubat kita, semoga semakin terasa ringan dan manis ibadah serta semangat langkah baik kita, semoga semakin dekat pertolongan dan rahmat Alloh kepada kita, sehingga kita selalu dalam pengayoman Alloh dalam setiap gerak (ikhtiar) dan diam (tawakal-khusyu’) kita, susah (sabar) dan senangnya (syukur) kita, serta dalam hidup dan mati kita. dan akhirnya semua atas kehendak Alloh, tiada daya dan upaya kecuali hanya Alloh, serta Segala Pujian hanya untuk Alloh… terimakasih atas nasehatnya saudaraku, Wassalamu’alaikum wr wb……

  115. Assallamualaikum Wrwb
    Pak pur..aku mohon apa amalan do’a agar teman dpt melunasi hutang pada kita.
    Begini ceritanya..
    8 bulan yg lalu ada teman pinjem 7,5 juta pada klurga saya….
    Karena merasa kesulitan dana,saya dan klurga membantu orang tersebut,dan dia berjanji akan melunasi hutang pada kita scepatx..
    3 bulan pertama kita uda mengingatkn padanya soal uang yg di hutang tp jwbanx G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ >:/ ada uang klrga kita msih bisa bersabar….
    Yg saya herankan bulan ke 5 dia beli sepeda motor baru..dan istri saya pun menegur tp dia jwb enteng…ini motor nyicil utang pasti di bayar….
    Bulan ke 6,7 pun jawbanx sama ….
    Pak pur saya merasa tertipu oleh teman saya yang rumhx G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ >:/ jauh dr rmah saya(±slisih 8 rumah>
    Dan sekarang klrga saya,trmasuk saya bisnis lagi jatuh…dan mbutuhkan uang……
    Bgaimana carax agar uang kita kembli dan saya G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ >:/ mau jalan kekkerasan ,
    Saya minta amalan doa supya teman saya ingt akan hutang dan melunasix…
    Hanya allah yang yg bisa mendengar do’a saya….
    Sekian dan terimah kasih
    Wassalamaalikum

  116. pak ustd saya mau pinjam uang 100.000 apakah bisa?? saya butuh untuk makan sehari” saya benar” butuh, ini no hp saya 081946174034
    tolong saya…

    • kalau dekat silahkan ke sini saja kalau hanya untuk makan saya ada, asal lauk dan sayurnya apa adanya

  117. saya share bagaimana mendapatkan wang bila keadaan sangat memerlukan(instant)….baik pertamanya sambung terus ke Allah…sadar Allah sangat dekat dan mendengar apa yang kita katakan…(…..ini tidak kira kita sedang berada di mana..)
    Stepnya: 1. Bismillah…
    2. Selawat ..
    3. konsentrasi ke Allah…mohon dengan ikhlas pertolongan Allah..sampaikan permohonan kita dengan ikhlas ….mengaku diri sebenar-benar lemah….
    4.Syukuri apa-apa yang telah diberikan Allah kepada kita selama ini….
    5. Diam…..tunggu signal dari Allah…dan ikut maunya Allah seterusnya..
    Alhamdulillah ….silakan cuba..yakin.

  118. Assalammualaikum pak setiyo
    Ini pak setiyo yg mendirikan sekolah di butuh,baki itu bukan?
    Pak,jika seseorang memiliki hutang dan lupa gimana cara menghapus hutang tersebut?
    Soalnya saya pernah bahkan sering lupa saya hutang kepada siapa saja dan berapa. Waktu saya pergi makan maupun kemana gtu sedangkan saya tidak mempunyai uang recehan buat bayar parkir misalnya lalu saya minjem seribu duaribu kepada teman saya dan mungkin berulang* jadi saya lupa saya telah berhutang dan dalam jumlah yg saya tidak taug

    • waalaikum salam wr wb, yang kira kira ingat saja bu, mungkin mulai sekarang kalau hutang di catat ya biar tidak lupa. bUkan bu saya tidak mendirikan sekolah di butuh baki, saya tinggal di kartasura

  119. assalamualaikum wr,wb
    pak mau nanya…saya sering baca artikel masalah hutang,, apa benar yang dikatakan
    dengan bank go’ib …karena saya sangat bingung sekali usaha bngkrut alias macet ,,
    punya hutang 350jt di bank dan perseorangan…tapi kalau pesugihan terus terang aja
    ke imanan saya tidak akan kami tukar dengan uang pak ,,mohon penjelasanya…jikalau
    ada amalan apa yang harus aku jalani????????…..

    • waalaikum salam wr wb
      amalannya bekerja semampunya, pak dan menghadapi resiko dari hutang hutang itu Pak, dan yakin bahwa Allah tetap menolong kita. justru moment ini bisa bapak gunakan untuk bertawakal kepada Allah. jangan percaya dengan bang ghoib, lipat ganda uang, dan lainsebagainya. itu semua bohong

  120. Terimakasih banyak atas saran serta arahan mas setyo. smg Alloh swt akan memberikan segala kemudahan dalam hidupnya. doakan saya mas smoga berhasil menjalankan saran-saran mas setiyo. nwn.

  121. assalamualaikum pak setiyo
    maaf pak sy bnr2 bingung,saya kerja dirumah biar bisa bayar hutang tapii malah nambah hutang semakin banyak.sekarng sy pengen jadi tkw pak,tapi tidak mungkin sy berangkat klo masih punya hutang dirumah kasihan keluarga sy yg dirumah ikut susah.tapi klo tetep bertahan dirumah saya malah tambah gali lubang tutup lubang.mohon sarannya pak,amalan apa yg bisa lunasi hutang.saya bener2 bingung pak.mksih

  122. Assalamualaikum Wr Wb Pak Setiyo
    Saya banyak hutang dan sudah ditagih kolektor, uang sekolah anak belum dibayar. Coba cari tambahan dengan melamar kerja dan ikut tes beberapa kali tapi gagal. Coba berdagang makanan dan pakaian gagal. Yang saya pikirkan hanya apakah anak saya bisa terus bersekolah dan makan ? Mohon bantuan doanya agar diberikan kemudahan melewati masalah hutang ini

  123. Asalamualaikum pak ustad dan semua para sahabat, ane butuh saran utk permasalahan hidup ane, ane terlilit pinjaman modal usaha hingga mencapai 100jt utk saat ini totalnya dan harus dilunasi, jika dicicil perbulan minimal 9jt yg harus dibayarkan tiap bulan, nah usaha ane gagal yg ada malah kewajiban yg harus dilunasi,,, saat ini ane hanya berdoa minta pertolongan dan jalan keluar dari utk perjalanan hidup ane ini,,, utk melunasi hutang itu ane ga mau minjam lagi,, nah kepada sahabat yg mau membantu ini beberapa barang ane yg mau dijual utk melunasi hutang usaha ane,,, 
    1. vespa thn 64 pajak mati+stnkbokb+nomermesin asli mentok 10jt
     2. Pc komputer high spek beli 9jt ane jual 5jt
     3. genset krisbow 2700watt ane jual 2,5jt bru beli april 2013
     4. warnet 10pc+meja utk 14pc+kursi besi 8+kursi plastik 6 ane jual 30jt
     5. modem poll utk server pulsa 16 port ane jual 5jt 
    6. mesin twister potato 2in1+ wajan new ukuran 40×70+ kompor highpressure merk winn new ane bandrol 2jt 
    7. VELG MOGE dah ada ban + knalpot nobi 2jt 

    jika minat membantu ane dgn membeli salah satu barang ane utk membantu mohon sms + cod lokasi daerah ciledug tangerang banten ke 081316751287 mohon bantuannya. wasalamualaikum

    • pak Fibri semoga Allah memudahkan urusan Bapak. saya cukup apresiate dengan yang Bapak lakukan yaitu membayar hutang meski harus menjual aset. Bagi rekan rekan jamaah blog yang berkeinginan membantu atau memang membutuhkann barang barang yang dijual oleh saudara kita ini silahkan menghubungi melalui no HP pak Fibri

  124. Ass. Wr. Wb. Terima kasih ada sharing untuk cara cepat melunasi hutang, betapa bingung dan tak berharganya orang yang terlilit hutang. Karena saya juga mengalaminya karena ditipu orang. Insya Allah, berkat pertolongan Allah, hutang-2 ku teratasi, meski tinggal 27 juta dari BPD namun tabungan saya ada 30-an juta di BPD juga. Kalau saya cok kan akan lunas, tapi saya tidak punya simpanan untuk biaya kuliah anak saya, yg tahun depan Insya Allah mau kuliah. Mohon saran dari bapak. Wassalamu’alaikum

    • waalaikum salam wr wb Pak bambang, sekiranya 30 juta ada sisa untuk bayar kuliah anak, masukkan ke BPD untuk membayar hutang Pak, semoga niat bapak yang sungguh sungguh ini mendapat rejeki yang belimpah dari Allah

  125. Assalamualaikum pak,
    Saya mempunyai bebanan htg yg amat besar jumlahnya. Saya berhutang utk membantu suami dlm perniagaan. Malangnya perniagaannya sudah bankrap. Wang gaji saya utk kehidupan dan pelajaran anak-anak. Jadi bagaimanakah pak utk saya harus menyelesaikan semuanya sedangkan suami saya tdk brapa membantu. Mohon nasihat dan doa bapak.

  126. AssalamWW Pak Ust Pur, Semoga Jenengan dan Keluarga selalu mendapat rahmat dan berkah dari Gusti Allah SWT – Amin Ya Robal ‘Alamin
    Mohon do’a nya,saran dan petunjuknya dari Mas Pur dalam mengatasi masalah yang saya hadapi :
    1. Hutang saya ada 5 M akibat usaha bangkrut disebabkan musibah yang saya alami.
    yaitu Gudang Barang Dagangan saya dibobol maling dan semua pegawai saya tdk
    amanah dan tdk jujur dalam bekerja, padahal barang dagangan tersebut sebagian
    besar adalah pinjaman supplier, karena hilang maka tidak bisa berjualan,yg akhir
    nya tdk ada pemasukan uang. Pemasukan uang hanya dengan sisa barang yang
    dan sampai saat ini barang yang ada telah habis alias Nol, sehingga sudah tdk ada
    lagi yang dijual, sehingga saya meninggalkan hutang kepada Bank,supplier dan
    saudara@ saya juga temen2 dekat. dan bahkan karyawan pun saya sudah tidak
    punya,tinggal sendirian.
    2. Alhamdullillah, sekarang saya merintis usaha baru dengan modal pinjaman dari
    lembaga finasial yang pimpinanya saya kenal baik, cuma karena ini baru merintis
    jadi pemasukan / cash flow belum besar namun saya tetap bersyukur, hanya saja
    yang terjadi sekarang ini adalah dalam membayar hutang yang begitu besar akibat
    peninggalan usaha lama saya, sementara pemasukan yang masih minim.
    – angsuran saja 40jt per bulan dari peninggalan usaha lama, aset y6ang saya miliki
    semua dalam jaminan bank yang apabila dijual masih belum menutup hutang.
    sementara pemasukan usaha saya yang baru hanya cukup untuk makan.
    Mohon Masukan dan saran atau apapun dari Ust Pur supaya apa yang saya hadapi
    ini selesai tanpa membebani hidup saya terutama anak-anak saya,
    Matur Nuwun
    Wassalamu:alaikum Wr Wb

    • Pak Anwar kekuatan Bapak yang terbesar adalah menjalakan amanah untuk membesarkan anak dan Bapak tidak mau membebani anak anak dengan masalah yang sedang Bapak hadapi. Gunakan ini untuk kekuatan doa Bapak kepada Allah SWT. Kesungguhan Bapak menjalankan amanah ini gunakan untuk memohon kepada Allah SWT. saya yakin Allah pasti memberikan jalan keluar terhadap masalah Bapak. kemudian coba Bapak buka surat al baqoroh 186. disitu banyak pelajaran yang bisa Bapak Ambil. semoga Bapak segera bisa menyelesaikan masalah ini .

  127. Ass.wr.wb
    Sebelumnya mhn maaf Bpk.Ustad PUR ,Mhn saran ? saya meminjam di teman saya sejumlah uang dan saya masih belum bisa mengembalikan sedangkan teman saya hari ini meminta untuk di kembalikan semuanya tanpa mau dicicil mohon solusinya? terimakasih . Allah Swt. Maha Besar .. Aminnnn
    wsss.wr.wb

  128. Sangat mencerahkan Pak Artikelnya..untuk saudar saudaraq yg masih terbelenggu hutang..semoga selalu diberi kesdaran bahwa semua dari Allah maka Allahlah yg akan menyelesaikannya..kalimat tersebut jangan dijadikan pembenaran diri..namun kalimat itu ditujukan untuk ruhani kita..lakukan selalu pendekatan diri kepada Allah, terus sucikan dirii..puasa, dzikir, sedekah semampunya..sedekah bukan berarti dengan uang saja..bisa fatihah dan jangan lupa sholat dhuha dan tahajud..jangan pernah lari dari Allah..misalkan ke paranormal,atau kepada yang lain…karena akan tambah terjerembab..saya pernah mengalami sendiri bagaimana ditagih banyak orang dan banyak bank…bahkan keluarga kecil saya pun ikut menjauh kepada saya…dan bukan saya yg menghabiskan uang tersebut..insyaAllah kalo kita selalu mendekat kepada Allah dan mensucikan diri…jalan yg tidak disangka sangka akan datang..ingat! Jangan pernah lari dari Allah…karena akan tambah ruwet..Allahlah sendiri yg akan menyelesaikan…jika sudah berhasil lepas dari hutang..jangan sekali kali berhutang…jangan patah semangat…semua akan selesai..jangan tanya kapan..jalani saja..suwun…

  129. Selamat pagi pak Ustad,
    Saya bekerja di sebuah Event Organizer di Jakarta, sudah 10 tahun. Selama 10 tahun saya mendapatkan ilmu yang sangat berarti dan hidup dari perusahaan tersebut. Namun saat ini perusahaan tempat saya bekerja sudah kembang kempis karena berhutang dan berhutang dagang. Total yang harus dibayarkan lebih dari 4 milyar rupiah. Kebetulan saat ini saya adalah orang terdekat pemilik perusahaan. Saya tahu pasti untuk niat beliau untuk mengembalikan sangat besar, namun terkendala dengan perlakuan orang2 yang dihutangi yang sangat tidak bersahabat walaupun sudah disampaikan bahwa tetap akan dibayar namun mohon waktu. Bahkan ada salah satu pihak yang sampai mendatangkan debt collector yang serem@ sebanyak 3 mobil ke rumah beliau menarik paksa mobil satu2nya yang juga dipakai sebagai operasional kantor, sampai2 sudah memohon agar jangan diambil agar tidak menghambat transport yang memang sehari2nya dituntut untuk bisa bergerak kesana kemari untuk urusan pekerjaan. Operasional kantor terpaksa mandeg karena gaji karyawan belum bisa dipenuhi. Untuk makan sehari2 beliau makan seadanya saja masak sendiri, seringkali tidak pakai sayur untuk ngirit. Semangat beliau masih ada walaupun sangat berat menghadapi cobaan karena sepertinya buntu. Perusahaan bisa berhutang karena ada salah satu pekerjaan yang gagal yang kebetulan pekerjaan besar. Ditambah lagi tidak ada yg setia kecuali 1 orang office boy yang sudah ikut beliau selama lebih dari 20 tahun di kantor tersebut. Barang2 di kantor dicuri oleh orang dalam sendiri. Saat ini beliau sakit tapi tetap ketika ada pekerjaan yg walaupun nilainya sangat kecil beliau tetap berusaha bangkit. Saya sedih melihat orang yang selama ini baik kepada banyak orang, sering menjadi tempat meminjam uang untuk keperluan mendesak dari teman2nya yang lebih banyak dari mereka lupa membayar pinjaman. Beliau tidak pernah marah ataupun mendesak untuk dikembalikan. Juga perusahaan masih punya sangkutan, ada perkerjaan yang sudah 6 tahun belum dibayar +/- 1,5 milyar, cara beliau menagih sama sekali tidak pernah kasar bahkan cenderung terlalu lunak dan halus. Kali ini beliau sangat terpukul karena banyak yang bersikap kasar dengan beliau bahkan mengancam. Yang mengirim debt collector di cerita saya diatas nilai pokok hutang perusahaan 500 juta, berlaku sangat kasar dan menakutkan, sementara 1,5M orang berhutang kepada beliau diperlakukan dengan tetap hormat dan sangat sopan. Saya ingin perusahaan bisa jalan kembali karena yang bernaung dibawahnya banyak keluarga, semua bergantung kepada beliau. Untuk beliau makan sudah sampai harus menggadai dan menjual barang miliknya. Pak Ustad mohon dibantu doanya. Saya kawatir beliau putus asa. Kami yang bernaung di bawah perusahaan beliau sangat membutuhkan beliau. Mohon doa pak Ustad. Terimakasih sebelumnya.

    • Selamat sore Ibu Yeye, Saya turut membantu dalam doa dan keyakinan saya, semoga Allah SWT memberikan jalan keluar bagi permasalahan perusahaan Ibu Yeye. Saran saya tetaplah sabar dan terus berjuang, satukan hati, dan jangan lupa untuk memohon kepada Allah SWT secara kolektif. Demikian Ibu, Allah memberikan jalan keluar dan rizki yang tidak di sangka sangka bagi siapa saja yang berada di jalan-Nya. salam

      • Terimakasih pak,
        Mohon doa agar kami tetap tegar dan selalu berada di jalan Allah SWT. Semoga perusahaan tempat kami bernaung bisa memperoleh jalan keluar dari masalah yang sedang menjerat.
        Sekali lagi terimakasih pak.
        Salam

  130. assalamualaikum…
    pak pur keluhan saya sama dengan teman2 diatas,tapi saya minta amalan agar hutang bisa segera lunas dan pikiran hati tenang,bekerja juga semakin semangat.maturnuwun…
    wassalamualaikum

  131. saya jg sedang mengalami masa2 sulit,saya terlilit hutang lebih dari 100jt. sayapun sudah tidak bekerja karena kesalahan saya. saya tetap yakin ALLAH pasti menolong saya. dan kpd siapapun yg mau menolong saya, SAYA BUTUH PEKERJAAN YG BISA MENGHASILKAN UANG 100JT DALAM 2HARI, sebab hutang saya sudah jatoh tempo dan harus dibayar 2 hari lagi.
    terima kasih..

  132. Assalamualaikum….
    Mohon saran dan pendapatnya, bebarapa saat yang lalu saya mereferensikan teman sebut saja “A” untuk berhutang disebuah koperasi dan akhirnya hutang tersebut disejutujui. Setelah beberapa lama teman tersebut membawa teman2 dan saudara2nya (B,C,D dst) untuk berhutang dan saya kembali mereferensikannya ke koperasi tersebut. Beberapa saat kemudian si A meninggal dunia, dari situlah mulai terbongkar siapa sebenarnya si A dan keluarganya. Ternyata dari semua teman dan saudaranya yang berhutang tersebut semua uangnya yang pakai si A dan barang jaminannya semua sudah dijual (digelapkan/dibodongkan) oleh si A. Keluarga si A (ahli waris si A) nggak mau tau dan nggak mau bertanggung jawab (sepertinya memang sudah terjadi persekongkolan dalam keluarga tersebut). Sampai akhirnya pihak koperasi mengejar saya untuk bertanggung jawab atas hutang-hutang si A yang jumlahnya mencapai ratusan juta rupiah, karena saya yang mereferensikan. Karena merasa risih dikejar-kejar terus dan atas rasa tanggung jawab (karena mereferensikan tadi) akhirnya saya menyanggupi untuk membayar hutang-hutang si A. Samapi saat ini saya memang belum membayarnya karena beium ada uang dan jumlahnya memang saat ini masih jauh diatas kemampuan saya. Pertanyaan saya : Apa hukumnya membayarkan hutang orang yang telah menipu kita, menyengsarakan kita dan orang tersebut sudah meninggal? Dan apakah menurut agama hutang orang tersebut menjadi hutang saya mengingat saya yang mereferensikan dan saya telah menyanggupi kepada pihak koperasi untuk membayarnya? Apa saran bapak untuk menyelesaikan masalah saya ini?
    Wassalamualaikum…

      • Tidak pak, saya tidak menandatangani berkas apapun, tidak ada pengambilalihan kredit. Kredit di koperasi tetap atas nama A,B,C,D dst. Hanya karena rasa tanggung jawab saja kesediaan saya untuk membayarnya. Kadang kalau teringat memang menjengkelkan, bahkan kadang saya sampai maaf “mengumpat si A meskipun sudah meninggal”, Tapi saya terus mencoba berusaha ikhlas menjalani semua ini, biarlah hutang-hutang si A menjadi bekalnya di akhirat. Dan seandanya suatu saat saya berhasil melunasinya pun, sepertinya ahli warisnya tetap tutup mata. Mohon saran dan pendapatnya!!!

        • coba Bapak pelajari tentang sebatas mana tanggung jawab pereferensi seperti bapak dalam kacamata hukum, sebab setahu saya pinjam meminjam itu urusan si peminjam dan yang meminjam. Kecuali ada akad akad tertentu yang mengikat bagi pereferensi seperti bapak. Bapak bisa tanyakan masalah hukum ke penasihat hukum atau apalah saya juga kurang tahu, sebab jangan sampai nanti bapak dirugikan dalam kasus ini. Kalau masalah ihlas itu masalah hati Pak , kalau masalah hukum atau masalah duniawi ya harus diselesaikan secara duniawi. Oh ya kalau cari penasihat hukum hati hati juga pak sebab ada juga yang nakal nanti malah bapak di perdaya sehingga keluar uang yang tidak sedikit juga.

  133. Mohon doanya pak, saya dalam kondisi yg bisa dibilang cukup sulit bagi saya, saya berjanji mebayar hutang besok, sementara saya tidak mempunyai uang sebesar yg saya janjikan,. tapi karna saya sudah berjanji saya tak ingin ingkar, dan ini yang menjadi beban saya saat ini.
    Hanya Allah lah tempat saya memohon, semoga bisa bantu do’anya pak.
    aamiin

  134. assalamu ‘alaikum wr.wb.
    pak Setiyo saya mau bertanya sekaligus curhat, bapak saya punya hutang yang sangat banyak baik di bank, koperasi, perorangan maupun di rentenir. saya merasa saya dan keluarga saya sangat berdosa karena kami telah menggunakan uang riba walaupun uang hasil utang itu tidak kami gunakan untuk konsumsi namun untuk investasi yang ternyata penipuan. pertanyaan saya :
    apakah kira kira Alloh mau mengampuni dosa dosa kami dan akan menolong kami untuk melunasi semua hutang hutang bapak saya?
    apakah semua hutang hutang bapak saya termasuk hutang hutang saya juga?
    mohon jawabannya pak , terimakasih…
    wassalamu’alaikum wr. wb.

    • waalaikum salam wr wb, hutang tidak ada kaitannya dengan dosa Mbak Arti dan hutang bukan perbuatan dosa, saran saya lunasi semampunya dan kerjakan perintah Allah , dengan jalan yang sesuai Allah maka insya ALlah pertolongan Allah akan datang. Bersabar dan bertawakal semoga Allah mempercepat penyelesaiannya Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>