cara membaca alam bawah sadar orang lain

salah satunya adalah dengan membaca bahasa yang tidak disadari oleh orang tersebut, misalnya gerak tubuh, salah bahasa, dan sebagainya. satu hal yang lebih mudah dilakukan adalah dengan membangkitkan ketenangan kita kemudian ketenangan ini tentuinya akan memasuki alam yang lebih halus dalam diri kita selanjutnya kepekaan pun akan bertambah nah jika kepekaan bertambah maka ibarat radar kita bisa menangkap sinyal bawah sadar yang dipancarkan orang lain.
terkait dengan artikel sebelumnya tentang perluas kesadaran anda.. hal ini dapat mendeteksi wilayah yang kita kuasai…. selamat belajar.. kita belajar ….

untuk belajar membaca alam bawah sadar sarankan jangan belajar hipnotis atau sejenisnya… coba anda langsung mengaktifkan kesadaran diatasnya sadar yaitu supra sadar… dengan kita berada di suprasadar maka kita akan semakin sadar, kalau bawah sadar yang anda pelajari maka anda tidak akan sadar dan anda akan dipermainkan oleh bawah sadar anda sendiri.

untuk latihan mengaktifkan super sadar ikuti latihan patrap tiap malam jumat di rumah.

89 thoughts on “cara membaca alam bawah sadar orang lain

  1. lha itu pak yg sulit, kita kan harus tenang dulu supaya bisa baca alam bawah sadar orang lain…kalau jiwa kita tidak tenang jadinya malah kita yg dibaca orang lain.. :)

  2. persoalannya pak ustaz, bagaimana jiwa mahu tenang ketika berada di tempat tertentu? Methodnya bagaimana? kerana yang penting adalah method.

    Seperti kebanyakan orang berkata, untuk berjaya mestilah rajin. Persoalannya bagaimana mahu rajin kalau diri ini sememangnya malas?

    Kalau jawapan untuk rajin adalah kena solat, timbul lagi persoalan, bagaimana mahu solat kalau sememangnya malas?

    Jadi yang penting methodnya. Lalu apakah methodnya?

    Jawapan saya: Minta (komunikasi) pada Allah supaya rajin. Minta (komunikasi) pada Allah supaya tenang.

    Japawan ustaz? mungkin ada method yang lain. Bisa beri pak ustaz?

    • kita gunakan kesadaran jiwa kita yang luas dan tak terbatas… kemudian sambung ke allah….. hampir sama pak Fuad

  3. hmm.. boleh saya bertanya sedikit maaas.. mengenai masuk dalam alam bawah sadar ini sebenarnya bisa dipakai untuk mentrap rekan untuk memesrakan lahir dan bathinnya dan masuk dalan ketenangan jiwa… betul yaaa mas Setiyo yang baik… terus… perasaan saya saya sering melihat manusia dalam dua perwujudan.. yang satu bertopeng kepura puraan.. yang satu menangis bahkan air matanya sudah habis.. tinggal kesesakan yang dalam.. apakah ini benar mas… waduuuuh belum apa apa dah banyak pertanyaan.. nanti makin banyak malah bikin repot panjenengan..

    Salam Taklim

    • wah jenengan malah sudah banyak pengalaman … semua pengalaman benar mas karena itu yang jenengan alami…… semoga pegalaman kita lebih mendekatkan diri kepada allah

  4. Cntoh riil dlm khdupan shari2 gmn Pak? Hasil ‘bcaan’ alam bwh sadar itu biasanya berupa apa?Apa indikator kita telah makin mmpu mmbaca alam bwh sdar org lain?Makasih pak :-)

  5. Dari banyaknya pertanyaan, menandakan bahwa semua ingin tahu bagaimana caranya mempraktekkan itu semua. Bagaimana caranya memperluas kesadaran, bagaimana caranya membaca alam bwh sadar orang lain adalah hal-hal yang perlu dijelaskan dengan lebih detail agar semua pembaca (termasuk saya he..he..) dapat memetik manfaat dan mempraktekkannya. Kalau sekarang…, jujur… ora mudeng…

  6. Apakah kemampuan lebih lanjutnya sama dengan yang diterapkan Ustadz Danu itu Pak Pur? yang kebanyakan dikaitkan dengan “penyakit hati” pasiennya….

  7. yang disampaikan oleh mas dhanu adalah psikoterapi, penyembuhan penyakit melalui “agama” yaitu merubah perilaku yang tidak baik menjadi baik. semua yg disampaikan adalah memperbaiki penyakit “HATI” karena penyakit hati ini adalah perilaku dari SYETAN, contohnya marah, iri, dengki dsb. tujuanya adalah agar kembali kepada ALLAH, mencari ridho ALLAH. mas dhanu sendiri sudah melakukan penelitian lebih dari 20 tahun khusus utk penyakit tersebut, jadi bukan karena “ilmu” tertentu melainkan karena karunia ALLAH, anugerah karena beningnya hati seorang hamba, pasrahnya hamba kepada ALLAH.

    • Betul Mas Much, kunci kehidupan ini sebenarnya ada di “Hati”. Kalau hati ini dibuat baik ya hidup ini insyaalloh akan baik, kalau di buat buruk ya hidup jadi buruk dan jadi penyakit. Selain Ustadz Dhanu, mungkin juga Ustadz Gymnastiar menekankan pentingnya menjaga kebersihan hati. Lagu yang AA Gym buat juga sangat menenangkan jiwa: “Jagalah hati jangan kau kotori, jagalah hati lentera hidup ini……dst”. Yang jelas semua setuju kalau sumber dari segalanya adalah berada di hati masing individu. Saya juga sedang belajar istiqomah mempraktekkan ini. Insyaalloh…semoga Alloh meridhoi!

  8. manusia tahu karena ditahukan, ngerti karena dimengertikan, bisa karena dibisakan, paham karena dipahamkan, kuat karena dikuatkan, jalan karena dijalankan… jadi manusia memang tidak bisa apa-apa. yang serba bisa hanya SATU tidak ada yang lain…….ALLAH.

  9. assalamu’alaikum.
    mo nanya nich…
    sedikit banyak saya sudah mencium alam bawah sadar dan terkadang saya memanfaatkannya untuk kebutuhan saya, lalu bagaimana caranya saya bisa menguasai alam sadar secara lebih kuat dan lebih sempurna???
    sebelumnya terima kasih…
    wassalamualaikum

    • alam bawah sadar kan yang punya Allah Mas, jadi ke Allah saja yang kuat sehingga bukan bawah sadar lagi namun supersadar…. insya Allah dengan ke Allah jenengan akan dapat memanfaatkan alamm bawah sadar lebih berguna lagi.

  10. assalamu alaikum
    aku ingin melupakan masa lalu yang hina dan penuh dosa tapi sampai sekarang aku belum bisa, padahal hati aku ini selalu meronta, aku ingin terbebas dari pikiran yang penuh dengan maksiat. bimbinglah aku untuk bisa selalu berserah diri kepada Alloh

  11. asalamualaikum,.. pk ustad….

    selain tenang kan diri, apalagi yg kita perlukan untuk memperkuat alm bwah sdar kita..??

    biakah alam bwh sdar kita…(roh halus kita)
    berkunjung ke org lain,.. yg jahat pada kita..??

    mhn jwbanx….,,trmksih..

    wasalam..

    • waalaikum salam
      bukan memperkuat bawah sadar ya… tapi mengaktifkan supra sadar kita…. kalau aktif bisa bisa saja berkunjung ke orang laiin insya allah…wassalam

  12. pakpur saya yang sms di 081578949xxx kalao sempat tolong jawab pertanyaan saya ya pak..saya pengunjung baru nie pak..insya Allah akan ikut perkembangan wordpress bapak..
    makasih..soal nya saya baru2 saja belajar n mau tw ttg hal ini..jadi pemula pak,mohon bantuan nya ya,,
    mohon bantuan nya pak Pur

  13. alhamdulillah, mas Pur aku mau tanya nih, apakah mas bisa menghubungkan kami dg Ustadz Abu Sangkan, kami mau minta tlg beliau memberikan pelatihan sholat khusyu bagi 1000 karyawan di bln Nopember ( tgl 28 / mlm ahad ) dlm acara outbond di kawasan puncak bogor, matur nuwun

  14. Rasulullah mewajibkan menempuh ilmu, ilman nafi’a. Bukti seseorang mendapat petunjuk adalah adanya semangat untuk berbuat baik….

  15. Salam pak Pur saya ingin belajar dengan Bapak tentang Supra sadar .bila bapak ada buat di tempat Bapak? saya akan ketempat Bapak.
    Tapi bagaimana saya mau ke sana ? sbb sejak kebelakangan ini ada sedikit keributan Indonesia n Malaysia. agak selamat Pak untuk saya ke sana?
    TQ

    • Indonseia dengan Malaysia baik baik sahaja, pak , disini saya jamin keselamtan Bapak. tidak ada disini kekerasan atau pengusiran. saya biasa malam jumat pak di rumah temen temen pada kumpul untuk belajar bersama. saya tunggu. salam

  16. Mas saya mau tanya sedikit saja ini, karena terus terang saya sendiri dengan pandangan saya ini.
    Begini kalau saya melihat orang yang alim dengan ilmu agama spt mas sendiri atau ust.Abu sankan atau org2 tertentu baik melihat melihat melalui foto maupun televisi saya bisa membayangkan begitu menyilaukannya cahaya yang ada dibelakang atau diwajah orang tersebut. Apakah ini benar atau khayaalan saya saja. Tetapi bila saya lihat orng yang biasa2 saja tidak seperti itu. Kenapa ya ? Dan terkadang saya sendiri bisa melihat jiwa saya sedang kotor bila sedang tidak dekat denganNYA.

    • semua penglihatan bisa dibukakan Allah tentang Apa saja mudah mudahan fasilitas dari Allah ini dapat bermanfaat…

  17. saya tdk dpt mengendalikan keyakinan dlm hati selalu dpt dipengaruh oleh hal hal yang lain yg masuk sehinnga apa yg kita fokuskan selalu ada rintangan gmn cara meyakinkan supaya keyakinan bisa aktif , terima kasih

    • coba dengan berprasangka baik kepada Allah sesuai denga keinginan kita insya allah keyakinan kita akan semakin bertambah

  18. banyak berdoa aja, minta diberi keyakinan, asal doanya tulus dan istiqomah, pasti diijabah allah. pasti deh, OK!!!

  19. begini saya mau tanya ,,, saya gak paham apa ini “indera ke 6″ ato alam bawah sadar …

    saya sering nginap bareng sama temen2 saya , waktu itu ada temen saya dari NTT main ke kost saya di malang , nah … saya kebetulah 1 kasur sama dia , yang lain di bawah .. saat udah pagi n saya udah ngantuk ,, gak sengaja saya ngelindur ,, tapi temen saya langsung bangunin saya karena katanya ,, saya ngelindur semua tentang dia ,, akhirnya pas saya sadar saya lanjutin omongan saya yang belom selesai .. saya sebutin rumah dia , mama nya dia , lokasi dia tinggal kaya apa , bahkan saya tau apapun yang dia gak suka , padahal saya gak knal dia dekat n blom tau tenpat dia di NTT kaya apa ,, gak cuma ini aja ,, bahkan kadang klo ke MALL suka liat orang mukanya aneh2 ,, ada yg kaya ayam,babi,ular,lintah dll , kata guru saya ,, wujud itu perwakilan ato gambaran dari watak orang tersebut ,,, seenjak itu saya selalu latih smua yg saya punya ,, alhasil … saya banyak pasien ,, tapi mreka lebih ke konsultasi masalah mreka ,,,

    saya mau tanya …. apa dengan cerita di atas brarti saya udah bisa masuk ke alam bawah sadar orang ????

    • maaf materi belum bisa saya bagikan secara bebas, insya Allah akan saya tata urutannya dulu

  20. Kulonuwun…dan slm kenal
    mau nanya saya sangat awam sekali yg nmnya alam bwh sdr,bg mana caranya kita bisa ke alam bwh sdr dan apa tanda2nya kl kita sdh smpai di sana,mhn bimbinganya pak, apa aja yg hrs saya lakukan…? Maturnuwun

    • Kalau alam bawah sadar sebenarnya setiap hari kita memasukinya pak, yaitu pada saat tidur. pada saat mimpi itulah isi yang ada dalam alam bawah sadar kitapak. cara memasukinya ya ssama seperti kalau kita mau tidur pak.

  21. Nwn sewu mau nanya lagi mas…kalo joe sandi memanfaatkan alam bwh sdr itu dlm keadaan sadar gimana detilnya mas td kt ms setiyo kalo mau msk alam bwh sdr ya sprti kita mau tidr atau kl mau bljr tentang alam bwh sdr itu ke mn dan pakai mantra/doa ga ya mas? Mtrnuwun

    • ndak pakai mantra, kalau doa ya minta sama Allah…. coba bapak baca tentang patrap tidur… nanti insya allah bapak akan menemukan kenyataan bawah sadar dan supra sadar

  22. Saya salut dengan yang Pak Setyo Punya . bangaimana cara membuka karunia Alloh yang ada pada diri kita agar kita dapat mengaplikasikan dalam hidup dengan sebaik-baiknya dan dapat kita gunakan tuk berbuat baik pada orang lain

    • niat dulu Bu … Allah akan membuka potensi kita jika kita berniat dan berbuat untuk orang lain. teorinya more give more get . jadi berbuat dulu nanti Allah akan beri fasilitasnya. bukan di balik.

  23. untuk mengetahui seberapa besar potensi alam bawah sadar, membutuhkan kepekaan hati untuk meminta kepada Allah…jangan di pikirkan tapi hendaklah dirasakan potensi tersebut…

  24. Pa… subhanalloh,,,,, salut buat REY….. Kok bisa sampe mendapatkan INDERA KE-… yah…? Pa kalo utk mendapatkan Indra ke-6 itu bisa dipelajari…?

    Kalo saya dianugrahi kemampuan seperti pa REY… saya akan ajak manusia yg wajahnya seperti binatang itu.. untuk bertaubat supaya segera kembali ke ajaran Alloh (DINUL ISLAM)…. Maaf bisa minta alamat emailpa REY…..?

    oke_didin@yahoo.co.id

  25. Salam kenal masPurwanto,,
    Mohon penjelasan, bgmn meyakini sesuatu yg kita alami, baik itu di alam bawah sadar ataukah suprasadar, bersumber dari yg Haq? Tidak-kah ada kemungkinan bhw pengetahuan dan pengalaman tertentu justru berasal dari kebatilan?
    Kadang sy khawatir dgn diri sy, dan juga sodara2 sy, karena “yg batil” sdh ada dimana2.. bahkan jg di dalam rumah ibadah.
    Shg, mungkin jg ada di dalam hati kita2.. mohon dijelaskan bgmn mengukur haq ataukah batil atas apa yg kita alami..
    Mudah2an pertanyaan sy tdk keliru..
    Terimakasih,

    • yang batil dan yang benar kan sudah jelas, bahkan sangat jelas. kalau supra sadar asal kita ke Allah berarti itu kebenaran tapi jika tidak ke Allah berarti kebatilan. kalau di alam sadar ya kita mengikuti syariat yang ada, syariat ini kan juga sangat jelas. Allah memberikan kita akal untuk membedakan pak, jadi dipikir sederhana insya Allah akan lebih mudah. kalau kebatilan dimana mana asal kita bersama Allah kita akan selamat. demikian pak.

  26. Terimakasih, insy. keterangan MasPur bisa dipahami. bhw di alam sadar alat-ukurnya adlah syariat.
    Sbelumnya sy pernah baca, kira2 intinya begini:
    - ‘hati2 dgn mimpi org beriman, sebagiannya adlh ilham dari Allah’
    - ..kemudian iblis berjanji bhw kelak akan kugoda anak cucu adam lewat cara yg mereka tdk menyadarinya..

    mungkin kita harus selalu waspada ya,,
    mudah2an kita smua sentiasa dlm bimbingan,,

  27. alam bawah sadar/supra sadar org non muslim jg mguasai, mgkn lebih jago..
    pokok nya yg ptg muslim syariat nya di jalankan
    jgn bid’ah bid’ah an
    semua Allah swt yg menilai

  28. bagus artikelnya mas,,, sy suka dengan topik
    kesihatan hati,,, beruntunglah orang yang menyucikannya,,,dan merugilah orang yang mengotorinya,,, hati=roh=spirit=energi hidup =nalar=feeling=rasa=wallohuaklam.

    horas.

    ucok_harahap@yahoo.com.my

  29. Asslmlkm mas purwanto
    saya mau tanya. ..saya sering merasakan sesuatu yang sedang dikerjakan seolah olah saya pernah mengalaminya
    kanapa bisa begitu ya mas?
    trmkash

    • bahasa kerennya dejavu pak, saya juga kurang paham tentang teorinya, tapi ada sedikit mungkin yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan
      1. otak kita menyimpan banyak memori, mungkin kejadian kejadian sekarang seperti terulang … itu karena hampir mirip dengan simpanan memoeri kita yang bisa berasal ketika tidur (mimpi), melihat TV, atau kejadian lainnya
      2. jiwa kita mampu menangkap kejadian prediktif sehingga bisa saja ketika terjadi seperti kejadian berulang…
      demikian pak. salam

  30. Ok mas.
    untuk jawaban mas yang item 2…
    apakah saya bisa membaca alam bawah sadar orang lain..selain yang tentunya disarankan oleh mas tersebut diatas
    trmksh

  31. Wah..wah.. panjang lebar bicara soal alam bawah sadar, apa dulu Rasulallah juga pernah mempalajarinya ya?? kalo iya kira2 dalil nya mana nih pak Setiyo …. :)

    • dalil bawah sadar ada di pak freud mas, rasulullah tidak pernah menteorikan bawah sadar, apalagi dalil nya… jadi malah orang jerman yaitu pak freud , dia termasuk ateis tidak mengenal tuhan.

  32. Mas Kuncoro, rosululloh pernah mengajarkan komputer ndak??? Sekedar membalikkan pertanyaan Mas Kuncoro saja.

  33. pak….saya pingin banget belajar……tapi gak bisa ketempat bapak……gimana klo kasih tau teorinya di email saya….biar saya belajar sendiri

  34. seperti dalam hadits Nabi Muhammad Saw
    “Jika engkau menginginkan akan sesuatu maka hendaknya engkau bersikap tenang”

  35. Apapun namanya jika kita akan memasuki zone bawah sadar ( apakah super ato supra..itu hanya akronim saja ) sulit diterangkan dengan contoh.
    Jika anda dalam beribadah bisa menghilangkan semua aktifitas indra….disitulah letak browsingnya ke alam sadar. Yang paling banyak dilakukan orang adalah dengan menggunakan media mahluk lain ( biasanya tidak merasa )…hati hatilah….

  36. Mas Setyo mau nanya nih mas. Banyak teori alam bawah sadar yang saya baca. Sebenarnya dimana sih sesungguhnya letak alam bwh sadar itu? apa hubnungannya dengan otak kanan. Beda nda pikiran bwh sadar dan alam bwh sadar? msturnuwn mas Setyo. Sy juga mnta di emailkan tentang belajar mengelola dan memanfaatkan alam bwh sadr ini . tq

    • terimakasih pertanyaannya pa Hidayat, kesadaran itu semacam wadah pak…. wadahnya pengalaman adalah pikiran nah ada pikiran pikiran masa lalu yang kita sadari dan ada pengalaman yang tidak kita sdari, yg tidak kita sadari itulah yang namanya alam bawah sadar. kalau letak pikiran bawah sadar , sadar, dan supra sadar ya berada di “kesadaran” nah kesadaran karena termasuk fungsi pikir maka letaknya di otak…maka kesadaran sangat tergantung sekali dengan kualitas otaknya. kalau beda pikiran bawah sadar dan alam bawah sadar bedanya terletak di jenis nya mas, kalau pikiran bawah sadar berarti menunjukkan fungsi berpikir manusia jika alam menunjukkan suasana yang terdapat pada pikiran bawah sadar tersebut. salam

    • begini saja pak silahkan bapak pelajari dan mempraktekan buku berguru kepada Allah karya ust abu sangkan.

  37. assalamu’alaikum.wr.wb.wah…pokok bahasan ini sungguh memukau…semoga dengan mempelajari pengetahuan ini kita dapat mengmbangkan potensi diri yg banyak terabaikan.ijinkan saya berpendapat tentang alam bwh sadar.menurut saya,(selama belajar sampai sekarang)alam bawah sadar dapat di munculkan dengan cara membaca lintsan-lintasan ucapan dalam hati.namun,kendala utama adalah bagaimana caranya menenangkan kondisi pikiran dan hati kita?akan tetapi allah swt maha pemurah.kita di karuniai metode untuk itu.salah satunya adalah metode.dapat di artikan “kosong”.di sini peran serta nafas sangat lah penting.usahakan di saat nafas normal,langsung aja kita me”vakum”kan nafas.caranya adalah dengan tidak menghirup ataupun mengeluarkan nafas.pada saat inilah proses membaca lintasan lintasan hati kita.dengan prinsip,”IQRO”(iqra bismirabbikalladzikholaq).dan insya allah kita dapat menggunakan alam bawah sadar alias bisikan hati. tips:gunakan nafasmu sebagai tasbihmu untuk berdzikir di dalam hati.baik dalam keadaan duduk,berdiri,berjalan ataupun berbaring.terimakasih.harap maklum.wslmlkm wr.wb.

  38. ibarat komputer fikiran bawah sadar merupakan Hardisk sedangkan fikiran sadar adalah RAM, berarti jika kita ingin faham dan hafal Al-Qur’an kita mesti belajar dengan fikiran bawah sadar….

  39. Supaya bisa membaca alam bawah sadar, harus tenang, ketenangan jiwa hanya bisa diraih kalau kita khusyuk dalam hidup, supaya khusyuk kita harus mencapai derajat takwa dihadapan Allah SWT.

    Sederhana tapi kadang tidak mudah, kemudahannya kita minta dari Allah SWT.

  40. Pak, cara-cara yang Bpk ajarkan tersebut tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW, dan tidak ada dihadits-hadits shoheh…

    Bagaimana penjelasannya?

    Terimakasih

  41. subhanallah, ..artikel bapak sangat bagus, saya sangat tertarik untuk mempraktekknya, mohon setiap infonya di kirimkan k alamat email sy trus di mana sy bs memperoleh buku karya ust abu sankan sy ingin segera mendapatkannya, mhon bantuannya. trima kasih

  42. Bicara dalil?
    Berdzikirnya jazad adlh dg pancaindra m-amati dan memahami kbesarn Allah dlm tiap2 penciptaanya.berdzikirnya hati dg m-keluarkn stiap mahluk dr hati & m-kuatkn laillahailallah dg hati yg pnh kehambaan

    Jadi yg mas pur jalani merupakan dzikir jazad, mendalami satu sisi manusia dari berjuta2 sisi yang ada untuk dapat mencapai pemahaman kepada hakikat kehidupan (insyaAllah begitu nggih mas pur?) Lha wong orang belajar kok ndadak bingung dalil? Kalau niatnya baik PASTI akan “diSampaikan” kpd hasil yang baik,yang penting caranya jg baik.dan kalau tidak salah tafsir (sy tdk paham ilmu tafsir,kalau ilmu taksir sy paham,tp sebatas taksir harga sapi) ilmu mas pur itu salah satu pengembangan dr ilmu psikologi, salah satu ilmu duinia,dan kalau tidak salah ingat lagi,Rosulullah S.A.W pernah mengatakan “urusan agama tanyalah kepadaKu,urusan dunia kau lebih tahu” (hayo para ahli hadist tolong sy dibantu dg hadist ini)
    Nah sekarang sy mau belajar fisika n kimia dulu,ada lg yg tanya tentang dalil?

  43. asalamualikum..
    bagus sekali ini mas blognya.
    saya pingin belajar bngd tp taq bsa ktempat bpk, saya ingin sekali mencoba menolong seseorang boleh kasih ilmu teorinya sedikit mas? kl bisa tlng dikirim lewat email yah mas..
    mungkin dgn kalimat yg mudah difahami.
    hehe..
    terima ksaih banyak mas semoga membantu. :)

    • waalaikum salam, minta tolong kepada Allah… dan mintakan kepada Allah seseorang tersebut kepada Allah. salam

  44. As Wr Wb. maaf pak saya pendatang baru adan awam mau tanya nich untuk bisa masuk dialam sadar orang lain tata cara bgmn ?dan apakah dengan pendekatan diri kepada Alloh dan berusaha hati dalam keadaan bersih, apa secara otomatis kita bisa masuk alam bawah sadar orang lain sehingga kita bisa tahu apa orang tsb bener atau nggak?…sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  45. saya sangat senang sekali dengan artikel yang dibahas, namun saya sebagai orang awam merasa perlu adanya penjelasan yang detail hubungannya antara alam bawah sadar dan sistem keyakinan yang ada dalam kitab Alloh SWT, karena selama ini kok seolah olah semuanya dapat di pakai logika.. semoga kita tidak salah arah Amien…amin ya robbal alamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>