cara membedakan khusyu dan rasa khusyu

khusyu itu adalah perbuatan sedangkan rasa khusyu itu adalah rasa yang kita terima karena kita melakukan perbuatan khusyu. khusyu sesuai dalam quran albaqoroh 46 bahwa khusyu adalah perbuatan yakin bertemu dengan Allah dan kembali kepada Allah. jadi kalau kita yakin bertemu dan kembali kepada Allah maka kita sudah khusyu artinya kita sudah melakukan perbuatan khusyu. tentang rasa sangat tergantung sekali dengan kehendak ALlah jika allah memberikan rasa khusyu maka kita aka merasakan khusyui.
banyak orang salah mengartikan khusyu sebagai rasa khusyu, kekeliruan ini berlanjut dengan mengatakan bahwa khusyu tidak dapat diperoleh oleh orang awam, teryata ini adalah kesalahan yang sudah banyak di anut orang. untuk menjadi khusyu sangatlah mudah yaitu dengan kita yakin bertemu dengan Allah dan yakin kembali (pasrah) kepada Allah maka kita sudah khusyu.
sekali lg khusyu bukanlah rasa khusyu adalah perbuatan. untuk itu jika kita sholat atau apapun perbuatan kita asal disertai dengan ingat kepada Allah dan pasrah kepada Allah maka kita sudah menjalankan khusyu, perkara rasa khusyu itu terserah Allah.

0 thoughts on “cara membedakan khusyu dan rasa khusyu

  1. Ustaz, pengalaman saya mengajar memiliki khusyuk ini kepada orang ramai adalah mereka tidak faham khusyuk itu sebenarnya.

    Lalu saya terangkan bahawa khusyuk itu adalah asyik. Kita asyik dengan Allah SWT. Asyik berjumpa dengan Allah SWT. Asyik berkomunikasi dengan Allah SWT.

    Asyik adalah keadaan juga rasa yang mana dalamnya ada pelbagai rasa yang membahagiakan.

    Khusyuk itu asyik, asyik itu khusyuk.

    Kalau di Indonesia, sama ye ustaz makna ‘asyik’ itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *