cara mendapatkan ilham ketika sholat

Rasulullah pun mencontoh kan demikian… bahwa beliau jika mendapatkan permasalahan yang pelik beliau ambil wudlu dan sholat 2 rakaat. contoh Nabi SAW ini tentunya mengisyaratkan bahwa sholat merupakan ajang mendapatkan pencerahan atau ajang mendapatkan ilham. bagaimana logikanya… ketika kita sholat dan tidak berfikir apapun kecuali hanya sholat dan sholat maka otak kita relaks, relaks nya otak ini akan mengaktifkan otak kreatif yang akan menangkap ide ide kreatif. dari logika ini dapat kita artikan bahwa selama sholat kita bisa mendapatkan pencerahan… kuncinya adalah tidak berfikir kecuali hanya ingat Allah, kecuali hanya sadar Allah, kecuali hanya dzikir silatun kepada Allah.

jika sholat kita berfikir tentang masalah yang sedang dihadapi maka yang terjadi adalah sebaliknya , artinya tidak akan mendapatkan pencerahan malah bertambah ruwet masalah.

solusi yang didapatkan dalam sholat merupakan solusi kreatif yang bisa muncul jika kita tidak berniat memunculkannya. jadi kalau kita sholat ya sholat saja… tidak perlu mikir macam macam. Allah akan memberikan ilham jika kita tidak mendahului kehendak Allah, jika kita relaks, jika kita ihlas menghadap Allah di dalam sholat

ilham itu bersihat AHA, BLINK, TIBA TIBA, IYA YA dll. jadi sesuatu yang mencerahkan kita. orang yang sholatnya khusyu ilham ini seringkali di dapat. jadi bukan malah tidak khusyu tapi khusyu.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “cara mendapatkan ilham ketika sholat

  1. Makasih banget petunjuknya Pak, tapi saya kok masih jauuuh dari gitu kayaknya. Saat sholat, saya ingat Allah pada saat diam, bahkan kadang sampai nangis, jika membaca bacaan malah ingat Allahnya hilang, bacaannya jadi hijab, Pak. Rasanya antara gerakan/sikap dan bacaan kok nggak nyambung gitu, mungkin karena saya wong Jowo yang nggak mudheng bhs Arab. Kenapa sih Tuhan mengharuskan hambanya menghadapNya pakai bhs Arab, padahal udah bertahun2 belajar bacaan sholat tetep aja gak paham. Gimana ya Pak?

    • jika pak santoso kurang paham bahasa Arab yg penting adalah eling kepada Allahnya di saat sholat pak, insya Allah meski baca meski bergerak Bapak akan bisa ingat Allah. semoga dimudahkan Allah pak. salam

  2. bila benar mungkin ini salah satu contoh kecil yang sering kita dapat saat kita sholat…
    saat kita lupa akan sesuatu atau atau kita anggap kehilangan sesuatu, umpamanya kita lupa naruh sebuah buku dan sudah kita cari kesana kemari tapi gak ketemu…dan pada saat sholat tanpa kita berniat untuk mengingat buku tersebut, tiba-tiba kita seperti diberi ingat an tempat buku yang kita cari-cari tadi. apa seperti itu bisa dianggap sebuah ilham ustad ?

    • insya Allah ya pak, dan masih banyak pengertian dan pemahaman yang lebih besar dari itu misalnya kita mendapatkan solusi dalam menyelesaikan masalah kita, mendapatkan pengetahuan baru (laduni) dan lain lain pak.

  3. Pingback: ambil yang paling mudah « SOLO THE SPIRIT OF ISLAM, Islam for All

  4. bukan nya seperti yang dikatakan pak ipul itu adalah salah satu benttuk dari bisikan syaiton babe?yang hendak membuat sholat qt tidak khusyu’?jd apa beda antara bisikan dr syaiton dng ilham kalau begitu babe?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *