cara mengihlaskan sedekah dengan sholat

pada tulisan yg terdahlu saya menyampaikan tentang “bersedekahlah hingga kita tidak ihlas” artinya bahwa kalau kita bersedekah sampai pada level kita berat untuk memberikan sedekah. misalnya 5ribu kita masih ringan, 10ribu masih ringan.. kita kita tingkatkan menjadi 20ribu …hati mulai berat.. nah 20 ribu itulah yang kita sedekahkan, artinya kan bersedekah hingga pada level tidak ihlas. karena sedekah yang seperti inilah yang akan mendidik hati kita untuk berlatih ihlas, karena hati yang berat untuk bersedekah berpotensi untuk sakit.

baik sekarang bagaimana jika kita sudah terlanjur sedekah banyak dan hati kita selalu kepikiran terhadap sedekah tadi. mislanya kita sedekah 1 juta nah jumlah yang tidak sedikit ini biasanya membuat pikiran kita jadi sedikit terganggu dengan “ketidakihlasan kita”, ¬†tentunya keadaan ini sangat tidak mengenakkan dan kurang mendatangkan manfaat apa apa jika tidak segera di perbaiki. saya ada tips yang mungkin bisa dilakukan yaitu dengan sholat.

dalam sholat kita ada sujud dan rukuk. berlatihlah mengihlaskan dengan sujud dan rukuk, dimana sikap sujud itu adalah sikap kepasarahan dan sikap rukuk adalah sikap ketundukan.  kita dapat melakukannya dengan agak lama, pasrah lah dalam sujud dan tunduklah dengan rukuk dengan lama, semakin lama kita rukuk dan sujud maka dampak terhadap keihlasan akan semakin kuat, dan kita akan merasakan betapa keihlasan itu sangat membahagiakan.

orang sulit mengihlaskan sedekah karena kurang pasarahnya kepada Allah, bagaimana mungkin dia bisa ihlas sedangkan hatinya selalu memberontak, selalu tidak patuh kepada Allah. jadi keihlasan ini menjadi modal yang sangat penting dalam mengihlaskan sedekah, dan tentunya tidak hanya sedekah hidup ini harus ihlas.

selamat mencoba semoga Allah memberik kemudahan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *