makrifat adalah perjalanan spiritual, namanya perjalanan kadang ada masa masa drop, atau down sehingga hilang semangat untuk melanjutkan perjalanan. berspiritual harus istiqomah dalam melakukan perjalanan, tidak boleh terlena oleh hal hal yang bukan tujuan.
untuk menjaga istiqomah itu adalah dengan memperluas niat artinya kita berspiritual agar kita bisa memberikan yang terbaik untuk umat, jadi belajar berspiritual tidak untuk dirinya sendiri. jika meniatkan secara lebih luas maka semangat kita akan terus menyala dan spiritualitas kita semakin lama semakin kuat.
contoh konkrit jika kita ini belajar patrap maka getaran patrap ini kita sebarkan ke keluarga kita, ke lingkungan kita, ke bangsa, dan seluruh alam semesta. getaran ini akan menjaga kita dari drop.
ingat Allah memberikan ilmu bagi mereka yang membutuhkan. kalau yang kita pikirkan untuk banyak orang, maka kebutuhan kita juga semakin banyak, dan allah akan berikan semakin banyak pula ilmu, hikmah, kekuatan dan lain lain. untuk itu kita getarkan dzikir kita untuk kemakmuran alam semesta.