cara menjaga agar tetap istiqomah bermakrifat

makrifat adalah perjalanan spiritual, namanya perjalanan kadang ada masa masa drop, atau down sehingga hilang semangat untuk melanjutkan perjalanan. berspiritual harus istiqomah dalam melakukan perjalanan, tidak boleh terlena oleh hal hal yang bukan tujuan.
untuk menjaga istiqomah itu adalah dengan memperluas niat artinya kita berspiritual agar kita bisa memberikan yang terbaik untuk umat, jadi belajar berspiritual tidak untuk dirinya sendiri. jika meniatkan secara lebih luas maka semangat kita akan terus menyala dan spiritualitas kita semakin lama semakin kuat.
contoh konkrit jika kita ini belajar patrap maka getaran patrap ini kita sebarkan ke keluarga kita, ke lingkungan kita, ke bangsa, dan seluruh alam semesta. getaran ini akan menjaga kita dari drop.
ingat Allah memberikan ilmu bagi mereka yang membutuhkan. kalau yang kita pikirkan untuk banyak orang, maka kebutuhan kita juga semakin banyak, dan allah akan berikan semakin banyak pula ilmu, hikmah, kekuatan dan lain lain. untuk itu kita getarkan dzikir kita untuk kemakmuran alam semesta.

8 thoughts on “cara menjaga agar tetap istiqomah bermakrifat

  1. Ada guru spiritual yang mengatakan bahwa Ilmu Makrifat ini jangan sembarangan dibicarakan di sembarang tempat karena sangat berbahaya karena tingkat pemahaman setiap orang itu berbeda, sehingga bisa menimbulkan salah faham. Dan kata beliau kita bahkan berdosa membicarakannya jika tidak dalam kondisi Majlis Pembelajaran. Menurut Bapak bagaimana ini, Apakah benar jika kita membicarakannya tidak pada tempat yang pas bisa merugikan kita atau bahkan kita berdosa karena bisa menimbulkan fitnah atau bagaimana, mohon petunjuknya

    • banyak pak yang melarang membicarakan makrifat… tapi alasannya apa? ilmu makrifat adalah ilmu dasar yang harus dikuasai oleh setiap orang islam. bagaimana kita akan salat dengan benar kalau kita tidak makrifat kepada Allah (mengenal Allah). pendapat ulama ada yang mengatakan BAHAYA, FITNAH, DOSA, dan lain lain… sekali lagi apa alasannya…
      blog ini saya buat agar kita lebih dekat dengan Allah, syaratnya dekat kita harus mengenal Allah, untuk mengenal maka kita harus belajar makrifat. memang bannyak pro dan kontra. untuk itu yang cocok ya silahkan baca yang tidak cocok ya tinggalkan saja. salam

      • Yha emang sekarsbg di sana sini lagi marak maraknya pembicaraan mengenai ma’rifat dan tauhid. Tpi ga segitunya juga kali sampai sampai ngatain org yang ngomong ma’rifat g pda tptx dosa. Adanya kalo orang fikirnya gitu mlahan dia akan nnggalin yag namanya ma’rifatullah. Dan justru itu yang malahjadi fitnah di dunia ini. Sbb dg tdk mengulang ulang pembahsan yangada kita akan melupakannya.

  2. Alhamdulillah. Terima kasih ustaz atas pencerahannya. Moga kefahaman kita tentang maksud 2 kalimah syahadat semakin meningkat dan langsung diamalkan dengan makrifat. Amin..

  3. ora usah bingung lan mbingungi amargo tandane wong bingung yo iku wongkan kurang imane..jadi kalau mau masuk dunia makrifat itu dak ada ukuran umur dan tempat. Yang bikin larangan itu masih ndak tahu apa itu makrifat..la wong kita itu malah dari lahir cenger udah disuruh makrifat je..maksudnya dikenalkan Allah dan dididik tau Allah jadi dimanapun dan disiapa yg punya iman itu wajib bermakrifat kpd yg di Imani jadi kalau ngaku beriman pd Allah ya wajib dan dak ada larangan untuk bermakrifat dan batasan tempat ato waktu. Dan sangat tepat jika MAKRIFRAT ITU DASAR DARI Ibadah kpd Allah. sopo sing Iman kudu makrifat ben no ora salah tujuan Imane.

    • iya .. bocaeh dewe.. lain kali pake bahasa indonesia…. karena kawan maayssia pada tidak paham

  4. ya bener bgt pak ustadz, asal jgn salah arti ja,
    tapi jujur sudah lama sy ingin berbagi dgn keluarga atau sahabat2. tapi baru sebatas niat coz belum ada kekuatan untuk mengajak selama ini br bs untuk diri sendiri, apa yg seperti saya ini termasuk iman yg lemah pak ustadz?
    dan bagaimana cara yg tepat untuk memulai agar bisa mengajak sesama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *