cara mudah keluar dari kemelut hidup

ada dua sumber masalah datangnya yang pertama dari diri kita sendiri dan yang kedua dari diluar diri kita. ya sebenarnya kalau di lihat lebih dalam lagi bahwa masalah itu datangnya dari kita sendiri karena sebenarnya kitalah yang dzalim terhadap diri kita sendiri. baik sekarang bagaimana agar kita bisa keluar dari kemelut hidup. Silahkan buka al quran secara acak maka anda akan menemukan bab untuk bertakwa. ya tidak ada cara lain untuk keluar dari kemelut hidup kecuali dengan bertakwa kepada Allah SWT.

mungkin anda akan sedikit pesimis “hanya dengan takwa?” ya jawab saya dengan yakin bahwa hanya dengan takwa masalah hidup akan segera sirna. Baiklah kita bahas seperti apa takwa yang saya maksud. takwa adalah mentaati perintah Allah dalam segala hal baik itu dalam hal ibadah dan dalam hal kehidupan sehari hari. Anda yang sekarang sedang hutang maka bentuk takwa anda adalah bagaimana anda berniat dengan sungguh sunggh untuk membayarnya… dan jika terpaksanya anda tidak bisa membayarnya maka bentuk takwa anda adalah siap menerima segala resiko dari hutang tersebut, entah itu disita jaminannya, atau di masukkan penjara atau yang lainnya.

takwa ini akan membawa pada keadaan yang lebih baik nantinya meski untuk saat ini atau sekarang terlihat suatu penderitaan , ketakutan kecemasan dan lainnya. ya meski kata singkat “takwa” tapi in membawa konsekwensi yang membutuhkan keberanian dan kesungguhan.

ingin masalah anda selesai maka percayakan kepada Allah dan bertakwalah atas segala perintah Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *