cara praktis mendapatkan pertolongan Allah

di dalam quran banyak kita temukan tips tips bagaimana mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan masalah kita. yang akan saya bahas disini adalah salah dua ayat quran yang ada di surat al baqoroh. yaitu ayat 45 dan 46. ayat ini sering kita baca namun maaf kadang pemahamannya tidak praktis dan cenderung berbelit. padahal jelas dalam ayat tersebut tips untuk menyelesaikan masalah adalah sangat mudah dan praktis.

baiklah ayat tersebut terjemahannya

mintalah tolong kepada Allah dengan sabar dan sholat, namun yang demikian amat berat kecuali bagi mereka yang khusyu, siapa yang khusyu yaitu orang orang yang yakin bertemu kepada Allah dan kembali kepada Allah”

ayat diatas dalam memberikan cara atau tips memberi penekanan pada sabar dan sholat, jadi untuk menyelesaikan segala masalah cukup dengan sabar dan sholat (…. kok tidak berusaha tidak ihtiar…..yaa). cara praktis dari Allah ini kadang tidak di percaya oleh sebagian umat islam dengan komentarnya… masak sih hanya dengan sabar dan sholat… mana ihtiarnya… ya tidak mungkin lah sabar bisa menyelesaikan masalah… dan masih buanyak komentar yang menentang ayat ini.

namun di ayat berikutnya ditemukan pernyataan dari Allah bahwa “yang demikian adalah berat (sabar dan sholat sebagai solusi masalah) kecuali bagi mereka yang khusyu”. ya… ternyata memang tidak mudah untuk bisa menyelesaikan masalah dengan hanya sabar dan sholat ternyata kita harus khusyu. jadi khusyu ini menjadi syarat mutlak agar kita bisa menggunakan sabar dan sholat sebagai sarana mendapatkan pertolongan dari Allah. nah kita akan bertanya lagi… khusyu itu yang seperti apa, khusyu itu seperti apa dan bagaimana cara mendapatkan khusyu itu… dan pertanyaan kita tentang apa itu khusyu mendapat jawaban dari Allah melalui kelanjutan ayat tersebut yaitu bahwa “orang yang khusyu adalah orang yang bertemu dengan Allah dan kembali kepada Allah” jawaban Allah ini sangat simpel , sangat praktis dan sangat mudah dipahami olehkita. bahwa orang yang khusyu adalah orang pasrah kembali kepada Allah. berarti kata kunci untuk mendapatkan pertolongan Allah adalah PASRAH…. baru kemudian kita sabar dan sholat… setelah itu pertolongan Allah akan datang. mudah kan….

ternyata .. kenapa Allah mensyaratkan pasrah untuk sabar dan sholat, ternyata memang untuk bisa Sabar yang benar benar sabar kita harus berserah diri terlebih dahulu kepada Allah baru kemudian kita akan mendapat kan kesabaran, dan sholat yang diiringi dengan kepasrahan akan menghasilkan power mental dan power spiritual yang luar biasa sehingga bisa mendatangkan keajaiban dari Allah untuk menyelesaikan masalah masalah yang kita hadapi.

baiklah secara singkat begini :

pasrah dengan kembali kepada Allah> dinamakan khusyu > sabar dan sholat > masalah terselesaikan

9 Comments

  1. Nur Akhmad Triwibowo 27/09/2010
  2. sanndy 28/09/2010
  3. banghusein 29/09/2010
  4. imam syahroni 28/09/2011
  5. agus widodo 26/03/2012
    • Setiyo 27/03/2012
  6. alam 30/09/2012
  7. rosyidi 24/12/2014
  8. eko fathulloh 20/06/2015

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.