cara praktis mendapatkan pertolongan Allah

di dalam quran banyak kita temukan tips tips bagaimana mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan masalah kita. yang akan saya bahas disini adalah salah dua ayat quran yang ada di surat al baqoroh. yaitu ayat 45 dan 46. ayat ini sering kita baca namun maaf kadang pemahamannya tidak praktis dan cenderung berbelit. padahal jelas dalam ayat tersebut tips untuk menyelesaikan masalah adalah sangat mudah dan praktis.

baiklah ayat tersebut terjemahannya

mintalah tolong kepada Allah dengan sabar dan sholat, namun yang demikian amat berat kecuali bagi mereka yang khusyu, siapa yang khusyu yaitu orang orang yang yakin bertemu kepada Allah dan kembali kepada Allah”

ayat diatas dalam memberikan cara atau tips memberi penekanan pada sabar dan sholat, jadi untuk menyelesaikan segala masalah cukup dengan sabar dan sholat (…. kok tidak berusaha tidak ihtiar…..yaa). cara praktis dari Allah ini kadang tidak di percaya oleh sebagian umat islam dengan komentarnya… masak sih hanya dengan sabar dan sholat… mana ihtiarnya… ya tidak mungkin lah sabar bisa menyelesaikan masalah… dan masih buanyak komentar yang menentang ayat ini.

namun di ayat berikutnya ditemukan pernyataan dari Allah bahwa “yang demikian adalah berat (sabar dan sholat sebagai solusi masalah) kecuali bagi mereka yang khusyu”. ya… ternyata memang tidak mudah untuk bisa menyelesaikan masalah dengan hanya sabar dan sholat ternyata kita harus khusyu. jadi khusyu ini menjadi syarat mutlak agar kita bisa menggunakan sabar dan sholat sebagai sarana mendapatkan pertolongan dari Allah. nah kita akan bertanya lagi… khusyu itu yang seperti apa, khusyu itu seperti apa dan bagaimana cara mendapatkan khusyu itu… dan pertanyaan kita tentang apa itu khusyu mendapat jawaban dari Allah melalui kelanjutan ayat tersebut yaitu bahwa “orang yang khusyu adalah orang yang bertemu dengan Allah dan kembali kepada Allah” jawaban Allah ini sangat simpel , sangat praktis dan sangat mudah dipahami olehkita. bahwa orang yang khusyu adalah orang pasrah kembali kepada Allah. berarti kata kunci untuk mendapatkan pertolongan Allah adalah PASRAH…. baru kemudian kita sabar dan sholat… setelah itu pertolongan Allah akan datang. mudah kan….

ternyata .. kenapa Allah mensyaratkan pasrah untuk sabar dan sholat, ternyata memang untuk bisa Sabar yang benar benar sabar kita harus berserah diri terlebih dahulu kepada Allah baru kemudian kita akan mendapat kan kesabaran, dan sholat yang diiringi dengan kepasrahan akan menghasilkan power mental dan power spiritual yang luar biasa sehingga bisa mendatangkan keajaiban dari Allah untuk menyelesaikan masalah masalah yang kita hadapi.

baiklah secara singkat begini :

pasrah dengan kembali kepada Allah> dinamakan khusyu > sabar dan sholat > masalah terselesaikan

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

9 thoughts on “cara praktis mendapatkan pertolongan Allah

  1. Oke Mas Pur. Setuju…. Mungkin perlu ditambah dikit. Kalaupun ada ikhtiar setelah kita pasrah, khusyu’, sabar dan sholat, ikhtiar itu adalah ikhtiar yang “digerakkan” oleh Allah untuk mengatasi masalah tsb. Bukan sekedar ikhtiar hasil pemikiran dan keinginan kita. Wallahu’alam.

  2. coba tolong ayat berikutnya di baca , yang khusu sholatnya adalah mereka yang meyakini bertemu dengan tuhan nya. sholat khusu disini sebenarnya sudah termasuk ke dalam tasawuf/sholat da’im

  3. wah bagus nih saya setuju, dan ternyata untuk sabar memang gak semudah teorinya, perlu sedikit ada pemaksaan…. oke salam kenal mudah2an bisa share terus… Assalamu’alaikum…..

  4. saya setuju.. bagi qt utk bsa betul2 bisa pasrah kepada allah paling tdk hrs melalui bbrpa tahab… yaitu belajar dan mencari ilmu tauhid… kepada guru yg tepat( guru wasitah) bliau akan menerangkan ttg keesaan dan ilmu tauhid atau izim ghoib….. qolbun mukminin baitullah ( rumah allah adalah dihati org mukmin.

  5. Setuju… Mas Pur,
    untuk mencapai sabar memang harus pasrah kepada Allah.
    Alhamdulillah… setiap saya sadar akan hal itu, subhanallah… dahsyat sekali efeknya. Seperti kejadian minggu lalu, saat saya akan pergi ke luar kota, tiba2 istri telpon, katanya anak kami yg klas 3 SD jatuh dari tangga dan dirawat di RS mengalami gegar otak dan harus ada penanganan khusus segera. Begitu saya menyadari segala sesuatu terjadi atas ijin Allah, sambil mengamati dada ini ternyata begitu lapang, tenang tanpa ada rasa was2 & takut. Langsung saya sarankan istri untuk menghubungi pihak sekolah, trus saya menuju RS yang dimaksud. Dan rasa tenang itu pun menular ke istri, Ternyata hanya modus penipuan.
    Walaupun keberangkatan saya tertunda, tdk masalah karena dapat pelajaran, dengan selalu mengamati dada ini.

  6. Alhamdulillah……….penjelasan yang sangat tepat,……….dengan sabar dan sholat yang khusu, insya Allah kita akan di beri pentunjuk oleh Allah untuk keluar dari kesulitan, setelah itu baru kita ikhtiar

  7. …Barang siapa yg bertakwa kepada Allah,maka Allah akan memberikan jalan keluar dari setiap masalah dan kesulitan, dan memberikan rezeki dari arah yg tidak d duga-duga. Dan barang siapa yg bertawakkal kepada Allah, maka Allah akan mencukupkan kebutuhannyaa,,,Surat Thalaq ayat 2-3

    Maka bertakwalah kepada Allah supaya kita selalu mendapatkan solusi dari setiap permasalahan, dan janji Allah itu pasti…

  8. memang kita butuh temen untuk mengingatkan,soalnya saat saya terhanyut dalam permasalahan,semakin mencoba mencari solusi,semakin di pikir malah semakin pusing,,,,sering lupa kalau ada Alloh SWT.terus ada temen yang ngingetin,suruh pasrah,tp saya masih blm yakin soalnya belum berusaha/ihtiar,kemudian teman mengingatkan lagi dengan Surat Thalaq ayat 2-3,,,saya jadi semakin yakin bahwa apa yang akan menjadi usaha atau ihtiar kita itu adalah hasil dari petunjuk Allah sesudah kita pasrah,,,,,,kesimpulannya,Allah akan memberi solusi setelah kita bertaqwa,salah satu wujud taqwa kita adalah sholat dengan khusyuk (pasrah),Insya Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *