Cara praktis mentraining tumakninah

Sore ini tadi saya mengisi pelatihan di Masjid miftahul janah di jalan kenari solo baru. peserta ibu ibu menengah keatas… termasuk usia nya juga menengah keatas.

sejak  awal ibu ibu sudah pada protes.. pak kalau model caranya begini kapan selesainya, pak kalau jamaah kita ketinggalan terus.. pak kok  begini kok begitu.. pokoknya super rame.. tapi seneng juga melihat beliau beliau cukup antusias dalam mengikuti pelaithan ini.

saya memang sengaja sedikit ceramah tapi banyak prakteknya. ya praktek takbir, berdiri, rukuk, sujud dan itidal. ya alhamdulillah setelah saya jelaskan bahwa ini kan cuma latihan, persis kalau kita latihan makhroj  dalam membaca quran apa bisa kita baca cepat cepat.. kan ndak bisa.. bagaimamna mau cepat kalau setiap keluarnya huruf saja bentuk mulut harus sesuai dengan aturan yang ada. dan sholat seperti ini tidak untuk sholat jamaah pasti ditanggung ketinggalan, jadi gunakan untuk sholat sendiri.

sedikit demi sedikit ibu ibu mulai mempraktekan.. dari gerakan takbir yang pelan pelan, kemudian gerakan rukuk yang pelan dan dirasakan stretcing pada kaki, kemudian sujud lama lama beliau merasa enjoy juga.

pelatihan ini ditutup dengan contoh yang relaks terapannya untuk berdiri, takbir rukuk dan sujud.

setelah pelatihan … saya menawarkan buku pelatihan sholat khusyu yang kemarin memang sudah dipesan langsung wuuud 10 habis….alhamdulillah….