cara sederhana dan paling mudah mendidik anak adalah dengan mensyukuri anak. misalnya mengajak anak sholat karena kita bersyukur sudah dikaruniai anak, tidak lagi anak sebagai amanah, tapi sebagai karunia yang kita syukuri. kadang jika kita menganggap anak sebagai amanah maka kita akan merasa terbebani tapi jika anak sebagai sesuatu yang kita syukuri maka mendidik anak membuat kita lebih bahagia.

dimana letak spiritual nya dalam hal mendidik ini, letak spiritualnya ada pada mensyukuri bahwa Allahlah yang telah memberikan anak. apapun keadaan anak tersebut jika kita syukuri akan menjadi lebih baik. ketika kita mensyukuri anak kita maka sudah memberikan sentuhan spiritual keada anak kita. jadi konsep spiritual ini bukan pelajaran spiritual namun bagaimana dalam pendidikan anak orang tua lebih banyak menggunakan kesambungan kepada Allah. nah cara yang paling praktis dan mudah kita pahami adalah kita mensyukuri anak kita. jika saya uraikana dampak dari mennsyukuri anak ini akan sangat banyak dan luas…. silahkan pembaca praktikan dulu nanti jk ada pengalaman silahkan tuliskan komen

mendidik anak dengan spiritual sebenrnya membawa Ruh anak untuk bersama sama ke Allah, nah dalam hal ini jika kita sambung ke Allah kemudian kita bersyukur kepada Allah maka otomatis anak kita akan bersyukur juga kepada Allah… syukur adalah cara pintas “by pass” untuk meningkatkan derajat hidup kita. saya belum pernah menemeukan cara yang paling praktis , paling mudah untuk meningkatkan derajat hidup kita, kebahagiaan kita selain “bersyukur”. cara ini bagi saya adalah senjata paling mujarab untuk segala hal.

baiklah saya akan memberikan salah satu contoh bagaimana mendidik anak dengan syukur dan pengaruhnya kepada anak. ketika anak kita menangis karena meminta sesuatu maka langkah pertama adalah sadari dulu bahwa anak ini adalah sosok anak yang kita syukuri, pandanglah Allah kemudian sampaikan “ya Allah terimakasih engkau telah karuniakan seorang anak kepada saya”… lalu dekati anak gendong anak tetap dengan membawa rasa syukur kepada Allah…. lalu tanya.. adik kenapa menangis?…( tanyalah dengan penuh rasa syukur kepada Allah)…. kemudian dengarkan si anak bercerita …. dan dengar kan keluhan anak, keinginan anak dengan penuh rasa syukur kepada Allah. jadi orang tua jangan sampai lepas “rasa syukurnya kepada Allah” selama berinteraksi dengan anak. terus lakukan interaksi dengan anak .. rasa syukur itu akan menuntun orang tua untuk membawa anak kepada keadaan tenang.

nah inilah bagaimana kita dengan rasa syukur kepada Allah ini dapat membawa keluarga kita kepada keadaan yang lebih baik, terutama tingkat spiritualnya. ada pelatihan praktis untuk melatih bagaimana kita beryukur dimana dengan pelatihan tersebut kita bisa menerapkan rasa syukur untuk hal hal yang kita perlukan seprti sukses mendidik anak, sukses ditempat kerja, sukses dalam segala hal, caranya sederhana yaitu dengan bersyukur. saya menyebutnya pelatihan syukur ini dengan “meditasi syukur langkah praktis menuju bahagia dunia akhirat” ada beberapa hal yang selama ini kita salah dalam melakukan syukur sehingga syukur menjadi tidak optimal atau malah tidak berdampak apa apa.

untuk Bapak yang kemarin malam jumat ke rumah, jauh jauh dari bekasi jakarta ke padepokan kami, yang mengkonsultasikan putrinya yang di indikasikan mengalami ADHD, insya Allah saya akan menemui putri Bapak, dan coba Bapak praktekan dulu syukur ini kapan pun dmanapun… insya Allah nanti akan ada jalan keluar., coba dipraktekan metode ini.