catatan ngaji kitab al khusyu fii sholaa 5 juni 2012

ngaji kitab ini diasuh oleh ust Muhammad Muin al banjari.

untuk rekaman silahkan klik link berikut : ngaji kitab pertemuan kedua
khusyu itu adalah tunduk kepada Allah SWT, dengan tunduk inilah yang bisa mewajibkan atau mendatangkan lebih khusyu (tunduk itu memudahkan kita untuk khusyu) tanda tanda khusyu jika dia di bantah maka dia akan menerima dan tunduk. jadi khusy tidak hanya di sholat bicara dengan orang dia akan menerima dengan baik. khusyu itu tunduk merendahkan hati kepada Allah yang mengetahui brang yang ghoib. kenapa ghoib? itu otomatis hati kita kena atau lebih tahu dengan apa yang kita rasakan dan kita pikirkan dan lakukan .
telah mufakat satu paham bahwa khusyu itu tempatnya adalah di hati. buah dari khusyu itu ada pada perilaku tubuh yang tenang. asli dari khusyu itu lunak hati kita, dan halus dan tenang, dan khusyu, dan tidak lain kecuali hanya kepada Allah.
apabila khusyu hati maka tubuh akan mengikuti khusyu. sesungguhnya dalam tubuh itu ada segumpal daging, jika segumpal daging itu baik maka seluruhnya akan baik. segumpal daging hati itu adalah hati. kalau hati kemasukan riya maka rusaklah tubuh.
apabila khusyu hati maka akan khusyu itu pendengaran , mata, kepala, wajah, seluruh anggota khusyu, dan apapun yang timbul dari tubuh semua khusyu. rasulullah : ya allah untuk engkau aku rukuk, dengan enbgkaubaku beriman untuk engkau aku pasrah diri, telah khusyu pendengaran untuk engkau, dan semua khusyu untuk engkau. ini merupakan dalil jika hati khusyu maka seluruh tubuh khusyu semua.
khusyu itu sama dengan khudu sama sama merendahkan diri. ada yang mengartikan takut. makna lain, khusyu itu lebih tinggi dari pada takut. karena khuysu yang diiringi dengan takut maka ada unsur makrifat kepada Allah. keluarnya khudu timbulnya dari takut dan khusyu. dari sinilah hamba dapat tunduk karena Allah taala.
kkhsyu itu langsung ketika beribadah kemudian tenang dhohir dan batin. yang demikian lah khusyu yang spesial (khusus). adapaun khusyu yang langgeng (daim) adalah khusyu dalam segala hal inilah sifat khusus dari pada muslim. inilah sempurnanya kenalnya hamba kepada ALlah.
makrifat Allah yang sempurnanya inilah yang bisa menguasai hati,

kesimpulan : khusyu itu adalah lunaknya hati, lembutnya hati, tenangnya hati, hadirnya hati, diwaktu bertemu d engan Allah, yang diikuti oleh tubuh baik dhohir dan batin. hati adalah rajanya anggota. sedangkan tubuh itu adalah tentaranya hati.

DISKUSI

khusyu itu adalah tasawuf, dan semua wajib belajar ilmu tasawuf, bukan ilmu khusus. dan khusyu itupun bertingkat. jadi siapapun wajib belajar sesuai dengan tingkatnya. anak TK pun ada pelajaran tasawuf yaitu dengan mengajarkan anak untuk menyertakan Allah dalam setiap aktivitasnya seperti makan, pergi keluar dari rumah.

yang peling penting adalah tauhid khusyu itu kembangannya saja.

dengan khusyu itu kita bisa amar makruf nahi munkar dengan diri kita sendiri.

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “catatan ngaji kitab al khusyu fii sholaa 5 juni 2012

  1. Assalamualaikum wbt,
    Alhamdulillah,terima kasih Tuan Ustaz kerana diberikan pencerahan berkaitan Khyusu.
    Dalam diri kita ada seketul daging yang dinamakan hati. Hati ini apabila kita basuh selalu dengan dzikirullah lama kelamaan akan menjadi bersih dan bersinar. Lagi kerap PATRAP lagi bertambah penyucian jiwanya. Apabila hati baik maka seluruh diri anggota yang lain turut menjadi baik termasuklah akhlak dan budi pekerti turut menjadi baik.Dengan hati yang bersih ini hasil daripada berdzikirullah ,solat yang khyusuk akan tercapai termasuklah pendengaran,penglihatan,dan lain-lainnya turut tunduk dan khyusuk ke hadrat ALLAH SWT. Benarkah pemahaman saya ini Tuan Ustaz? Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *