alhamdulillah acara dapat terlaksana, peserta mencapai 70, dimulai jam 08.30 selesai jam 12.30. beberapa catatan yang harus menjadi perhatian untuk pelaksanaan pelatihan serupa adalah…

1. ternyata 3 jam itu teramat singkat, pada sesi awal saya gunakan untuk merubah mind set tentang solat, ternyata bagi peserta yang baru atau belum pernah mengikuti pelatihan sholat khusyu agak berat merubah mind set ini, sehingga kemarin waktu yang saya gunakan untuk merubah ini sangat panjang hampir 1 jam. sehingga pada pelatihan berikutnya harus ditemukan cara yang praktis dan cepat bagaimana bisa merubah mindset peserta, yaitu dari wajib sholat menjadi Membutuhkan sholat atau perlu sholat.

2. kurangnya kesiapan peserta untuk mengikuti misalnya masalah peralatan yang harus dibawa. ternyata pakaian sangat penting , beberapa peserta masih menggunakan pakaian ketat sehingga menyulitkan untuk dapat rukuk dan sujud secara tumakninah. perbaikan untuk pelatihan berikutnya adalah dengan menuliskan di leaflet dan mengingatkan peserta melalui sms untuk membawa perlengkapan solat yang diperllukan seperti rukuh, sjadah, pakaian yang longgar.

3. latihan tumakninah dan silatun yang terlalu singkat, wah benar ini terasa sekali ternyata 3 jam khusyu merupakan waktu yang teramat singkat. tapi ini tantangan bagi saya untuk lebih bisa menemukan cara yang lebih praktis lagi. mungkin langsung digabung antara tumakninah dan silatun kemudian di praktikan.

4. saya merasa dalam pelatihan ini target saya kurang tercapai, yaitu peserta dapat menemukan titik kekhusyuan. padahal pelaithan yang sudah saya rancang memiliki target agar peserta dapat mencapai kekhusyuan sehingga bisa di recall kembali setelah peserta selesai mengikuti pelatihan ini.

pelatihan sholat 3 jam khusyu

3 jam khusyu d galeli resto