celakalah mereka yang shalat

ini merupakan peringatan keras dari ALlah bagi mereka yang menjalankan sholat. seperti tak ada beda antara mereka yang shalat dengan yang tidak menjalankan sholat sama sekali yaitu sama sama celaka!! ayat ini tidak main main.. (dan memang tidak ada ayat yang guyonan) ayat ini jelas ditujukan bagi mereka yang sholat. saya sempat kaget mencermati ayat ini, ya Allah kenapa peringatan mu begitu keras (sama kerasnya dengan mereka yang tidak menjalankan sholat) mbok ya diperhalus.. begitu pikiran saya.. namun kata kata fawailul lil mushollin jelas celaka yang amat sangat ditujukan mereka yang sholat

kalimat pada ayat diatas merupakan shock terapi bagi kita yang menjalankan sholat. salah satu sisi allah memang keras namun kerasnya ini sebenarnya untuk mengangkat derajat orang yang menjalankan sholat. karena kebanyakan orang yang sholat ternyata tidak ingat sama allah malah ingat lainnya.. bahkan kadang disengaja untuk tidak ingat sama allah. nah sholat yang demikian jelas akan mendapat celaka dan yang diperoleh jelas yaitu neraka… persis dengan mereka yang tidak menjalankan sholat yaitu neraka.

seharusnya peringatan allah ini menjadi perhatian kita semua, jangan malah dibandingkan dengan mereka yang tidak sholat… seringkali ayat ini diteruskan dengan kata kata “apalagi tidak sholat” . saya katakan bahwa ayat tersebut tidak ada lanjutannya “apalagi yang tidak sholat” itu artinya antara yang sholat lupa sama allah dengan yang tidak sholat sama sekali SAMA : CELAKA!!

ada yang membedakan namun bukan masalah “dari pada tidak sholat” yang membedakan adalah mereka yang sholat mendapatkan kesempatan untuk memperbaiki sholatnya yaitu dari yang tidak ingat kepada ALlah sewaktu sholat menjadi ingat allah. nah untuk dapatingat Allah sewaktu sholat membutuhkan niat. kalau niat saja tidak ada ya .. jelas celaka… setelah anda membaca artikel saya ini silahkan anda evaluasi ulang sholat anda “ingat sama Allah apa tidak ? ketika anda sholat” jika tidak maka langkah pertama adalah anda harus niat untuk setiap sholat ingat kepada allah. jangan mengentengkan niat kalau anda tidak bersungguh sungguh tidak akan mampu berniat.

yang kedua adalah belajar untuk bagaimana bisa ingat kepada allah sewaktu sholat. jadi anda harus banyak belajar baik kepada buku buku terutama kepada mereka yang sama sama belajar ingat kepada allah. saya menyarankan anda untuk membuka buka artikel saya yang lain yang terkait dengan masalah ingat kepada allah ini.  silahkan di search saja…

semoga allah menjadikan sholat kita menjadi sholat yang selalu ingat kepada allah bukan ingat kepada yang lain.

dirikanlah sholat untuk mengingat ku

0 thoughts on “celakalah mereka yang shalat

  1. itukan memang fitrah pikiran mbak cinta, tinggal pikiran kita arahkan ke allah saja insya allah pikiran nggak akan kemana mana selain allah. kalau kita biarkan ya dia akan berfikir yang lain

  2. Salam !
    Kajian tentang sholat ini juga cukup menarik bagi saya.
    Sering saya berpikir banyak diantara kita yang semakin banyak menjalankan sholat, semakin dia menuju kepada kemusrikan. Bagaimana tidak musrik, ternyata tanpa disadari mereka mengalahkan Allah dibanding pandangan manusia.
    Gambaran yang jelas bagi saya adalah pada saat sholat id. Yang jelas-jelas hukumnya sunnah, tapi malah banyak yang berbondong-bondong menjalankannya, sementara yang wajib banyak yang meninggalkan. Dari sini timbul pertanyaan, apa niatan mereka menjalankan sholat ?
    Dan hal yang sama juga sering terjadi untuk ibadah-ibadah yang lain, seperti puasa, zakat, dan naik haji.
    Mengapa saya katakan mendekati kemusrikan ?
    Karena ternyata niatan yang seharusnya lillahi ta’ala dikotori oleh keinginan untuk dipandang alim ataupun biar dipandang sebagai pemeluk agama yang baik oleh lingkungan. Sehingga tanpa disadari ternyata pandangan Allah dikalahkan oleh pandangan manusia lain.
    Memang ada yang berpandangan bahwa itu lebih baik daripada tidak mengerjakan sama sekali.
    Semoga saja pengamatan saya ini tidak benar.
    Dan semoga masih lebih banyak yang lillahi ta’ala dibanding yang dengan niatan lain.
    Salam !

    • wah..sy setuju banget dengan kupasan bpk baset ini..ini lah yg berlaku di kebanyakan tpt..di m’sia jg begitu pak..astaghfirullah..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *