Cipta Rasa Karsa

cipta berarti kehendak yang kita cita citakan, atau kehendak yang kita pikirkan jadi cipta pikiran, dari cipta pikiran inilah muncul rasa.. misalnya kalau kita memikirkan jeruk maka rasanya akan masam, masam itulah rasa jeruk yang ada dalam pikiran itulah cipta. segala sesuatu diawali dari cipta dulu baru nanti akan muncul rasa. tahap terakhir adalah karsa yaitu suatu perwujudan dari rasa tadi.
penting sekali bagi kita untuk selalu menciptakan cipta dalam pikiran, segela kehendak kita kita wujudkan dalam pikiran dulu.. seperti seorang arsitek yang mewujudkan rumah yang akan dibuat dengan gambar dulu. maka ibarat seorang arsitek kita harus pandai pandai menciptakan blue print keinginan kita agar tercetak dalam pikiran semakin jelas blue print itu maka rasa yang dihasilkan akan semakin jelas dan semakin jelasnya rasa akan lebih mudah untuk masuk tahap karsa yaitu perwujudan.
kita datang ke allah harus diawali dengan cipta dulu yaitu keingin yang kuat untuk mendekat kepada Allah jika hal ini kita tidak boleh membayangkan allah seperti apa cukup dengan niat saja yang kuat maka nanti akan muncul rasanya yaitu rasa dekat jika sudah muncul rasanya maka akan menjadi kenyataan kita dekat kepada allah.
atau jika kita menginginkan sesuatu maka ciptakan dulu dalam pikiran kemudian rasakan bahwa hal itu benar benar ada kemudian lakukan sesuatu yang muncul dari dorongan yang dihasilkan oleh rasa tersebut. biasanya pada tahap karsa ini banyak hambatan seperti pikiran dan ilmu kita. pada tahap karsa ini kita tidak perlukan berpikir karena tugas pikiran dalam tahap ini cuma menerima materi pikiran jadi sudah tidak lagi menciptakan pikiran lagi. karena seringkali langkah langkah pada tahap karsa bertentangan dengan adat kebiasaan, sehingga seringkal memunculkan keragauan, jika demikian karsa tidak akan aterwujud.
karsa bergerak melalui proses nah proses inilah yang harus diikuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *