ciri tawakal yang salah

ada salah satu ayat quran yang menyebutkan bahwa barang siapa yang bertawakal maka Allah mencukupi segala keperluannya. Ayat ini adalah ayat yang sudah pasti, jadi jika kita bertawakal kemudian masalah kita tidak terselesaikan maka yang salah adalah cara melakukan tawakal kita, karena sudah pasti jika benar tawakal kita maka Allah akan mencukup segala keperluan kita.

bertawakal memerlukan totalitas dan keyakinan yang mantab kepada Allah. keraguan kepada Allah sedikit saja dapat menyebabakan rusaknya keyakinan kita. dan bertawakal ini memerlukan suatu kemampuan untuk berada pada “wilayah tawakal” yaitu suatu wilayah dimana kita merasa tenang dan tenteram karena sudah kita serahkan masalah tersebut kepada Allah. dalam hatinya tidak ada khawatir lagi dan tidak ada keraguan lagi.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “ciri tawakal yang salah

  1. Assalamualaikm wr wb pak ustadz…,bila tawakal itu wilayah rasa,perasaan tenang dan tentram krn sdh berserah diri pd Allah sang pemilik segalanya…yg ingin sy share disini ada lah proses utk mencapai “rasa tawakal” itu sendiri rasanya yg tdk semudah mmbalik telapak tangan,sperti yg sy alami sendiri,sy mengalami banyk ujian,jatuh-bangun,keterpurukan,kekecewaan dlm hidup,krn kecewa pd keadaan dan manusia..krn proses itulah yg mmbuat sy mencari yg sll ada buat saya,yg bisa sy sms kapan saja,bisa sy curhat kapan saja,nyandar kapan saja…krn setiap menyambungkn hati sll diberi jln keluar,dari situlah hati semakin yakin pd kuasaNya,otomatis hati akan lebih mudah utk bertawakal krn sudah membuktikan sendiri bhw Allah sangat dekat,asalkan hatinya mau bersinergi dg kehendak Allah,pasti Allah akan sll siap membantu kita…jadi..mgkin yg blm bnyak mengalami pahit-getir kehidupan mgkin saja masih akan bnyak menonjolkan ego nafsu kesombongannya,kecuali Allah memang memberi petunjuk…demikian share saya pak,bila ada keliru mohon dikoreksi,trima kasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *