Dakwah dengan materi ilham

ada model dakwah yang perlu kita kembangkan selain dakwah dengan materi yang sudah jelas. Yaitu dakwah dengan materi ilham. Dakwah ini menggunakan bahan ilham yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain. Ini sangat sesuai dengan fasilitas dunia internet yang ada misanya ilham bisa langsung di share di FB, Ilham langsung bisa di share di WA , tweet atau kalau panjang dan agak detil dapat di upload di blog atau web.

model dakwah ini sangatlah orisinil dengan tidak menyimpang dari pakem ajaran islam. Model dakwah yang satu ini dapat memberikan suatu pengertian dan pemahaman baru dari suatu masalah sekaligus dapat melatih seseorang untuk selalu bergantung kepada Allah. Dengan kita selalu bergantung kepada Allah maka ilham akan turun dan memberikan suatu pencerahan kepada kita dan akan menuntun kita ke arah yang lebih baik.

budaya mencatat atau menulis dan mensharekan masih sangat jarang biasanya orang takut untuk dianggap “gila” disinilah diperlukan suatu ketulusan dan keihlasan dalam belajar. Memang model dakwah dengan berdasar ilham ini menrupakan bentuk dari belajar kepada Allah. jadi kadang agak berbeda sudut pandang terhadap suatu masalah.

Sudut pandang yang berbeda ini disebabkan karena tingkat kesadaran yang dimiliki seseorang dari masalah tersebut berasal dari alam tidak terbatas, maka isinya sesuatu yang belum pernah dipikirkan orang lain.

dakwah dengan menggunakan bahan ilham ini sangatlah menarik untuk diikuti sebab si penulis sendiri atau dai tersebut juga ikut belajar. Letak belajar seorang dai yang menggunakan ilham adalah turunnya ilham  disaat dia menuliskan apa yang baru saja diterima, setelah menulis maka aliran ilham terus berjalan menuntun untuk menulis pemahaman berikutnya, tentunya secara otomatis dai tersebut juga belajar akarena mendapatkan banyak hal dari yang sedang ia tulis. bagi para pembaca juga merasakan asyiknya mengikuti uraian penulis yang seolah olah juga mendapatkan pencerahan persis dengan apa yang penulis peroleh.

Buku yang berkualitas bukan yang pandai menyadur sana dan sini tapi buku yang mampu memberikan warna baru dalam kehidupan. buku buku yang mencerahkan adalah buku buku yang berkualitas. buku buku yang dihasilkan dari ilham akan dapat memvibrasi pembacanya untuk dapat merasakan daya yang dipancarkan dari penulis, ketika menulisnya. dan anehnya daya dari tulisan itu akan tersimpan dalam setiap tulisan meski buku itu sudah berumur ratusan tahun.

baik, setiap kita adalah dai, setiap kebaikan yang kita terima kita sampaikan setiap yang mencerahkan hidup kita kita sampaikan … marilah kita mencoba membiasakan diri seperti para sahabat nabi yang dengan rajinnya menuliskan setiap wahyu yang turun ke dalam media tulis jaman itu, kita ikuti budaya para alim ulama tempo dulu yang selalu menulis dan menulis. mari berdakwah dengan tulisan semoga keberkahan untuk kita dan semua yang membaca tulisan kita yang mencerahkan, amiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *