dakwah tanpa metode tidak akan mudah diterima

islam ini adalah petunjuk dan perintah, perintah untuk menjadi baik. sejak jaman rasululah dalam perjalanan hidup beliau dalam berdakwah pasti menggunakan metode, metode ini adalah cara untuk mencapai tujuan. Metode tidak mungkin tidak mengikuti jaman. metode selalu mengikuti jaman. ESQ merupakan metode untuk mendapakan pemahaman tentang KeTuhanan, Pelatihan sholat khusyu merupakan metode untuk bisa mendapatkan sholat yang khusyu, manasik adalah metode untuk menjalankan ibadah haji yang lebih baik, Iqro adalah metode untuk belajar membaca Al Quran. Sampai kapanpun metode tidak ditemukan dalam al quran, dan sunah rasulullah. Bahkan membukukan Al Quran pun adalah metode untuk memudahkan orang mempelajari dan membaca al quran, dicari perintah untuk membukukan al quran di al quran dan sunah pasti tidak ada.

Dakwah tanpa metode seperti menjual roti tanpa kemasan, kemasan ini adalah metode untuk menarik orang membeli. Lha kita menyampaikan agama tanpa metode akhirnya menjadi barang cemoohan. Berapa banyak mubaligh, penceramah agama menjadi baha tertawaan ketikat yang disampaikan kepada umat ini tidak disampaikan dengan menarik. Rasulullahpun memerintahkan untuk berdakwah dengan bl hikmah artinya berdakwah dengan metode, agar apa yang kita sampaikan dapat diterima.

Saya setuju jika para ustad yang ahli agama ini dilatih untuk menjadi trainer. karena kalau sekedar penceramah mereka tidak dituntut untuk mengamalkan dulu, tapi kalau trainer mereka dituntut untuk menjalankan terlebih dahulu baru menyampaikan. kalau trainer dampak kepada jamaah akan sangat jelas, yang berubah tidak hanya pengetahuannya saja namun juga perilakunya, tapi kalau penceramah hanya sebatas pengetahuan yang belum tentu merubah perilakunya.

Dzikir nafas adalah metode , yaitu metode untuk menjalankan perintah quran dan sunah rasul, orang cerdas pasti bisa membedakan mana metode dan mana perintah. jadi metode adalah cara untuk menjalankan perintah Allah SWT. Dzikir nafas yang saya formulasikan dalam buku dzikir nafas merupakan cara yang sangat efektif untuk melatih seseorang selalu sadar Allah. jadi dzikir nafas bukanlah suatu amal ibadah tapi cara untuk dapat selalu berdzikir.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *