Dibalik tanda (ayat) ada perintah Allah

jangan terpaku pada tandanya coba baca dibalik tanda itu ada apa, misalnya begini jika kita di perempatan ada lampu merah, maka lampu kuning hijau dan merah adalah tanda, kalau kita tidak pandai baca tanda bisa bisa hijau kita berhenti dan akibatnya kita bisa di tabrak dari belakang. Demikian pula kita dalam kehidupan sehari hari banyak tanda tanda yang harus kita sadari ada perintah di balik tanda tersebut. Misalnya tanda mendung maka perintahnya adalah siap siap bawa payung.

mkaa tanda ada dua yaitu tanda yang ada di alquran dan tanda yang ada di alam semesta ini. Maka selain kita rajin mempelajari quran kita juga harus rajin membaca tanda yang diberikan allah dalam kehidupan sehari hari kita.

Kepekaan tanda ini disebut dengan firasat, hal ini dapat kita baca jika kita selalu sambung kepada Allah maka ada hadis yang berbunyi hati hatilah dengan firasatnya orang yang beriman. Karena orang beriman melihat dengan nur Ilahi. Nur ilahi ini disebabkan karena kita selalu sambung ke Allah. Segala sesuatu yang dia lihat adalah Allah SWT maka tanda yang ada ini adalah kehendak Allah baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi.

kalau bahasa Gus Dur orang orang yang selalu melihat disebalik tanda ini adalah orang yang waskita. Orang yang waskita adalah orang yang selalu sadar Allah yang melihat sesuatu disertai sadar akan kehendak kehendak Allah.

maka mari kita pelajari disebalik tanda ini yaitu apa yang ada di quran dan apa yang kita alami sehari hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *