Didiklah anak untuk mengikuti jaman

didiklah anak untuk mengikuti jaman dan yang  paling penting adalah didiklah dia untuk dapat memecakan masalah masalah keseharian mereka. ketika mereka berhasil menemukan cara cara menyelesaikan masalahnya maka nanti ketika dewasa mereka akan menjadi seorang ilmuwan yang selalu ingin menyesaikan masalah kehidupan secara global.

cara yang bisa diajarkan adalah ajari anak untuk menangkap ilham dari Allah yang merupakan solusi jitu dari permasalahan yang ada. Ajari anak unntuk zero jangan ajari anak untuk sombong dengan segala kemampuannya. Berilah pujian yang membangun yang dapat membangkitkan semangatnya untuk mencari solusi solusi baru. Pujilah bukan hasilnya tapi lebih ke proses sehingga anak dapat memahami dan menghargai proses  yang terjadi dalam proses pennyelesaian masalah.

Jangan terpaku dengan pendidikan formal sebab pendidikan formal lebih fokus pada kurikulum yang tidak ramah anak. jadikan anak menjadi individu yang memiliki keunikan dan keunggulannya. yang jadi masalah bukan anak akan menjadi apa tapi bagaimana anak dapat menjadi bermanfaat dari apa yang di jalankannya. Jadikan anak menjadi anak yang dapat memberikan solusi solusi bagi lingkungannya.

Amati benar arah kemana anak ini akan menjadi. Misalnnya dia suka menggambar maka ikuti daya yang mendorong anak untuk menggambar. berikan fasilitas fasilitas yang dapat mengoptimalkan daya misalnya anak suka binatang maka fasilitasi dia untuk bisa belajar segala hal tentang binatang.

 

2 thoughts on “Didiklah anak untuk mengikuti jaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *