Diridloi Allah dulu apa menjadi baik dulu?

seringkali kita menginginkan untuk menjadi baik, namun caranya dengan memaksakan diri untuk menjadi baik. Al Hasil gagal dan gagal, bagaimana seseorang berjuang untuk bersabar, ihlas, tapi setiap mendapatkan masalah sabar dan ihlas selalu menjadi utopia, ujung yang tidak dapat kita capai. Saya tersadarkan ini ketika sholat ashar ini, teringat kajian al khusyu fii shola yang menyinggung masalah alfatihah. Dalam al fatihah kita membaca di awali dengan BA’ (bi) yaitu bi ismi Allah, artinya semua dengan nama Allah. kemudian ketika saya membaca pada ayat ” tunjukkanlah kami jalan yang lurus yaitu petunjukknya orang – orang yang engkau ridloi bukan orang orang yang engkau murkai. nah dari al fatihah inilah saya sadar bahwa untuk menjadi baik harus di ridloi Allah dulu.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

7 thoughts on “Diridloi Allah dulu apa menjadi baik dulu?

  1. Ass wr wb pak pur….tulisan bpk yg mengupas kaitan ttg niat baik dan ridho Allah,menjadikan saya semakin paham ttg makna bhw islam itu agama yg mengajarkan utk “berserah diri” pada Allah…apapun niat kita bila tdk selaras dg keinginan Allah jg tdk akan terjadi…hal ini sy buktikan ketika sy dihadapkn pd org yg buruk akhlaknya,wlpn scr akal sy sdh semestinya perlu mmberikan input agar bs brsh utk berubah..tpi kok berat banget utk melakukannya,tpi kdg2 ada temn yg nelpon nqngis2 curhat yg katanya mulai pagi-malam nangis smp lemas krn rmh tangga diujung tanduk perpisahan,…dg hati tenang sy brserah diri pd allah utk memasrahkan urusan teman sy td dg doa brserah yg khusyu’..subhanallah skrg sdh rukun+kembali harmonis,bahkan jauh lebih baik …jd memang benar skali bhw bila tak ada ridho Allah..tak ada gerakn Allah… kita jg tak mampu apa2…apa kira2 benar pemahaman sy pak pur…nyuwun input-nya …matur nuwun…”

    Wassalam
    Alistya

    • waalaikum slam wr wb,
      insya Allah demikian Bu alistya, tidak ada apapun kecuali atas gerak Allah. nanti saya akan menulis tentang keinginan dan kenyataan. semoga ini bisa memperjelas lagi.

  2. Alhmdlh,memang segala sesuatunya Allah duluan..janganlah merasa kita yang mengingat Allah,tapi justru Allah duluan yang mengingatkan kita,baru kita bisa ingat kepada Allah..

  3. Salam… Sejak kebelakangan ini diri semakin malas dan berat untuk solat…adakah ini tanda diri tidak diredhai Allah SWT. Puas saya usahakan untuk solat tetapi gagal mengecapi nikmat solat yang pernah dirasai sebelum ini…jadi solatnya seperti mahu cepat dan tidak nikmat, seakan terpaksa…mohon bantuan, puas saya berkomunikasi dan berdoa agar dimudahkan untuk solat, dibuang perasaan malas ini…nyata gagal…

    • salam, tetap jalankan sholat. meski dengan malas, berpikir positif saja kalau Allah meridloi. semoga tetap semangat salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *