Diskusi kosong tapi isi, atau kosong tetap kosong?

kosong tetap kosong
kosong tetap kosong 

ada pertanyaan satu anggota group di dzikir nafas facebook, menanyakan tentang pengertian kosong itu isi, saya jawab dengan bahwa dalam islam tidak ada kosong karena semua kita isi dengan Allah, termasuk dalam dzikir nafas ini tidak ada wilayah kosong, yang ada semuanya adalah isi. Allah bukan kosong tapi Allah adalah isi. kalau kosong itu isi , isi apa, kita perlu bertanya? maksudnya apa isi jin, isi demit atau apa?

dalam islam semuanya dilputi Allah tidak ada setitik atompun yang kosong dari Allah, semua sudah menjadi kekuasaaan Allah. Pemahaman kosong itu isi itu biasanya dari agama lain yang suka meditasi, kalau meditasi memang terjadi kekosongan tapi tidak diisi dengan apapun jadi kosong ya kosong bukan isi, Kalau islam ketika berdzikit semuanya sudah terisi dengan Allah. awal dzikir sudah sadar Allah. Kalau mengamalkan dzikir kemudian terjadi kekosongan dan tidak ada Allahnya maka itu namanya penyimpangan dalam berdzikir, Kalau kosong lalu kemana kesadaran Allahnya, diarahkan kemana dzikirnya kalau kosong.

pikiran bisa jadi kosong tapi kesadaran tetap harus terisi yaitu dengan Allah SWT, Kalau pikiran kosong dan kesadaran kosong maka itu sudah terjadi kesesatan dalam berdzikir. Kira berdzikir tujuan kita adalah Allah jadi tidak wilayah yang bersama Allah SWT, baik semoga kita selalu berada pada wilayah sadar Allah amin