duduk dalam patrap 3 saya sendiri masih banyak belajar dalam hal ini. leburnya ego dalam diri merupakan kunci dari duduk patrap 3. butuh perjalanan untuk sampai dan memahami duduknya. gemblengan patrap gerak sangat penting untuk duduk manis pada posisi ini. cara menjalani patrap adalah dengan meng on kan terus sehingga pemahaman terus mengalir.

duduk patrap 3 harus memahami perjalanan dari mulai patrap 1 dan 2… saya kita tidak bisa langsung mak bedunduk duduk di patrap 3. butuh proses dan perjalanan. perjalanan yang tidak berat berat amat .. karena memang tidak perlu nggekeng atau ngoyo atau memaksakan diri untuk paham duduk di patrap 3. karena pemahaman itu akan muncuk dalam bentuk cling… kita paham.. paham pun masih butuh proses yaitu keajegan untuk bisa duduk.. oleh karena itu paham ada 3 lapis.. paham secara teori : bisa diperoleh melalui baca buku berguru kepada allah, bisa berdiskusi dengan para patrapis senior disini paham yang akan di dapat adalah paham secara kogniti. ainul yakin lah istilahnya. paham berikutnya adalah paham yang berbentuk insight yang sudah beberapa kenyataan.. ini dapat dicapai dengan terus menerus sambung ke allah sambil banyak berbincang dengan para senior patrap.. kenyataan duduk patrap 3 yang berbentuk insight atau ilham masih dalam bentuk kasar artinya kita belum duduk sacara benar benar karena masih sering lari dan lari.. cara agar meningkat pada pemahaman yang lebih dalam adalah dengan meresapi duduk patrap 3 ketika kita mendapatkan pemahaman tersebut .. diam dan duduk lah berlama lama dalam patrap 3… selanjutnya adalah pemahamann yang sudah menyatu dalam kehidupan. disini sudah mampu menerapkan dalam setiap keadaan untuk selalu berada pada patrap yang sesungguhnya..

saudara dan sahabat semua.. mengenai patrap 1 2 3 tidak perlu di pikir berat berat.. yang penting adalah hati kita selalu hadir bersama allah.. karena semua adalah wewenang allah. untuk itu lah kita saling mendoakan diantara kaita mudah mudahan allah memberikan pencerahan kepada kita semua sehingga kita menjadi paham ..amin,.