Dzikir Nafas membuat shalat anda tambah Khusyu

bertahun tahun saya belajar shalat khusyu dan memberikan training, kendala utama dalam menjalankan khusyu baik yang saya alami maupun jamaah yang saya latih ada dua masalah besar

1. Kesadaran ke Allah

2. Tumakninah dalam shalat

Dua hal mendasar ini menjadi problem yang banyak di alami. bahkan orang seperti saya sendiri yang berguru langsung kepada masternya shalat khusyu masih juga mengalami masalah yang sama. Saya pun mencari cara bagaimana agar dua masalah ini dapat terpecahkan dan alhamdulillah Allah memberikan saya ilham pemecahan masalah tersebut yaitu dengan metode DZIKIR NAFAS.

kemudian saya susunlah buku dzikir nafas itu sebagai latihan di luar shalat agar terjadi sinkronisasi antara sadar Allah dan relaksasi tumakninah. Penemuan saya ini kemudian saya susun menjadi satu buku yaitu buku Dzikir Nafas. Memang tidak saya khususkan namun sebenarnya awalnya adalah untuk mempermudah jamaah yang belajar shalat khusyu agar mudah di dalam belajar dan dapat progress yang cepat dari belajar khusyu.

metode dzikir nafas ini merupakan rangkaian dari beberapa ajaran guru saya tentang dzikir terutama dari guru tasawuf saya Ust Muhammad Muin dan guru spiritual saya Bp Haji Slamet Utomo banyuwangi. dari kedua beliau ini lah saya memberanikan diri untuk membuat buku panduan khusus tentang dzikir nafas.

Ternyata dari beberapa testimoni jamaah yang mempraktekan dzikir nafas mendapatkan sebuah keadaan kesadaran Allah yang sangat cepat serta proses relaksasi yang sangat kuat sehingga dengan waktu yang singkat dapat merasakan “rasa khusyu” dan beberapa pengalaman spiritual lainnya.

Saya menjelaskan ke jamaah DN (dzikir nafas) bahwa keadaan kesadaran akan Allah ini dan keadaan tubuh yang relaks ini dapat membuat shalat anda khusyu caranya adalah dengan membawa dua keadaan tersebutu di dalam shalat. keadaan kesadaran akan Allah yang dicapai dalam dzikir nafas (macam kedudukan, hal, maqom) kita gunakan untuk shalat dari mulai takbir hingga salam.

bagi jamaah yang sudah mencapai level 4 (kesadaran hanya Allah yang ada, ego sudah hilang berganti menjadi diri sejati) saya sarankan untuk melakukannya di dalam shalat, dan hasilnya sungguh luar biasa. Gerak shalatnya bukan dia yang bergerak tapi digerakkan Allah. sehingga ketika takbir betapa dia dibawa ke Alam ke “takbir”… alam alfatihah, alam sujud , rukuk dan lainnya. seolah dia diajak Allah menikmati indahnya shalat.

bagi anda yang sedang belajar shalat menuju khusyu anggap saja dzikir ini sebagai latihan sadar Allah dan tumakninah, sehingga buanya nanti dapat anda gunakan untuk menjalankan shalat.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “Dzikir Nafas membuat shalat anda tambah Khusyu

  1. Assalamualaikum tuan,
    Alhamdulillah dpt berjumpa dengan laman DN milik tuan, disamping fb zikir nafas yg lain, sesungguhnya segala ilmu milik Allah, dan dia berkehendakkan agar dia dikenali dan ini adalah ilmu yang amat wajar tuan sebarkan kepada manusia yang lain. Saya amat bersyukur sejak berzikir Laa ilaha illah, ia turut sama berzikir terutama sekali ketika mahu bangun tidur, ia akan mengulangi bacaan mana -mana ayat Al Quran yang telah saya baca sebelumnya sehingga saya tercari – cari ayat itu dari surah yang mana satu… Ya tuan sekali saya tertinggal kerana lalai, syaitan akan cuba masuk merosakkan saya. ZN merubah hidup saya menjadi seorang yang lebih positif, kini saya menjadi lebih redha hingga baru-baru ini dapat tersenyum dan hati rasa gembira walau pun diberi dugaan seolah – olah saya nampak keberkatan di dalam dugaan yang Allah berikan itu, semoga saya dapat beristikomah melakukan zikir nafas hingga ke akhir hayat. Sekian Terima Kasih atas berkongsian ilmu dari Allah ini, moga tuan diberkati dan dirahmati oleh Allah hendaknya.

    • waalaikum salam wr wb

      En kartina, terimakasih sudah bagi komen di laman ini, saya sangat bersyukur En kartina memperoleh manfaat dari mengamalkan Dzikir nafas, saya berdoa semoga Allah meng istiqomahkan En kartina untuk selalu ber Dzikir Nafas. salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *