Pencapaian spiritual yang sudah ada capai dalam berpsiritual melalui level 3 memudahkan anda untuk sholat lebih khusyu. Khusyu terkait dengan di positioning anda secara kejiwaan. Jiwa anda ketika menjalankan dzikir nafas level 3 akan mendaki atau masuk kedapam wilayah spiritual yang semakin tinggi. Nah Tingginya wilayah spiritual ini dapat anda gunakan untuk positioning sholat anda. Jadi begini, ketika anda sholat, ketika takbir langsung saja berada pada wilayah tertinggi. Semakin tinggi wilayah spiritual yang anda gunakan dalam sholat maka semakin mudah anda mendapatkan dan merasakan khusyu yang diberikan Allah.

saya membuat dzikir nafas ini awalnya memang untuk kawan kawan yang belajar sholat, sebab kawan kawan yang belajar sholat merasa ada kesulitan untuk sadar Allah selama sholat. dan ternyata dari beberapa testimoni jamaah yang mempraktekan dzikir nafas ternyata mampu merasakan kekhusyuuan sholat yang sedang dijalankannya.

jadi tidak ada pertentangan atau penyelewengan dzikir nafas dari sholat khusyu, bahkan saya yakin jika dzikir nafas ini dijadikan salah satu kurikulum pelatihan sholat akan sangat membantu sekali.