Dzikir tidak ada hubungannya dengan sugesti

Ada sebagian yang mengatakan bahwa dzikir dapat menjadi self sugestion bagi yang melakukan. Tapi menurut saya pendapat ini tidak benar. Jika seseorang melakukan dzikir dengan benar maka apa apa yang dia peroleh dari dzikir tersebut bukanlah hasil self sugetion ada beberapa alasan yang akan saya sebutkan :

  1. Jika seseorang melakukan dzikir dengan benar maka ada suatu yang aktif yaitu keadaan di atas sadar atau super consiousness, keadaan ini sangat berbeda dengan keadaan bawah sadar atau subconsiousness. Kalau orang dzikir ada kesambungan dengan Allah sang maha segalanya maka yang aktif adalah super sadar, super sadar ini kekuatannya akan melebihi bawah sadar. Namun jika dzikirnya hanya bermain di makna dzikir tanpa ada kesambungan dengan Allah maka yang aktif adalah bawah sadar. Sugesti bisa teraktifasi melalui pikiran bawah sadar bukan di atas sadar. Itulah alasan utama saya kenapa dzikir (silatun) tidak ada hubungannya dengan bawah sadar ataupun sugesti.
  2. alasan kedua saya, kalau sugesti itu dilakukan antar manusia (misalnya melalui NLP atau hipnosis) atau dilakukan secara sendiri (self sugestion) kedua keduanya bersifat dilakukan antar manusia atau pada manusia itu sendiri sedangkan dzikir dilakukan antara Allah dan manusia (kita). Jadi kalau saya dzikir yaa ghonii kemudian rejeki saya melimpah maka sebenarnya saya tidak mensugesti saya sendiri untuk kaya tapi Allah lah yang membuat saya menjadi kaya.

Dua alasan saya diatas merupakan jawaban dari sebagian orang atau bahkan ahli yang secara tidak sengaja bagi saya merendahkan amalan dzikir. Pengertian yang menjelaskan bahwa dzikir bisa menjadi self sugestion dapat menyesatkan pikiran seolah kita bisa berbuat sesuka hati kita tanpa ada campur tangan Allah SWT. tentunya pengertian “tidak ada campur tangan Allah” ini menjadi sangat bahaya bagi keimanan dan ketauhidan kita.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *