e learning : halaqoh di dunia maya

suatu saat (he he seperti mama lauren saja) sistem pendidikan akan berubah, guru atau dosen bukan lagi pengajar namun pengarah yang mengarahkan muridnya untuk belajar bagaimana caranya belajar. begini.. guru nantinya cuma mengajari muridnya bagaimana mempelajari suatu ilmu. mengapa terjadi demikian … karena internet lebih pinter dari guru dalam masalah pengetahuan. internet lebih tahu dari pada guru atau dosen.. taruhlah misalnya kita bertanya sesuatu kepada guru.. maka guru akan berusaha mengingat atau buka buka buku lagi tapi kalau kita tanya mbah google atau tante yahoo dalam hitungan detik sudah tersedia berbagai informasi terkait dengan apa yang kita tanyakan. ┬ánah ini suatu kemajuan yang akan menggeser peran ┬áseorang guru .

kajian sholat khusyu ini pun nantinya akan berubah menjadi halaqoh yang tidak lagi di fatimah masjid raya, namun akan terjadi halaqoh di dunia maya. silatun pun bisa dilakukan di rumah masing masing dengan panduan seorang trainer di rumahnya pula… tentunya hemat waktu dan hemat biaya…. (terus kenclengnya gimana???) ya.. nantipun tidak model diputar tapi tinggal gesek…

trainer halaqoh nantinya lebih menjadi fasilitator dari pada menjadi tentor.. karena dalam hal ini mungkin jamaah lebih memiliki kemampuan dibanding dengan trainernya..

One thought on “e learning : halaqoh di dunia maya

  1. ini benar2 menarik… sdh ada di salah satu milis acara doa bersama online, tp sayangnya lintas agama.
    smoga bisa terealisir utk halaqoh sholat khusyu.. amiinn..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *