Ego = hawa nafsu, nafs=Self

ya ini analisa sementara saya tentang Ego dan Self, jika Ego itu hawa nafsu, dan jika self itu nafs. tentunya terminologi islam dan psikologi ini memiliki beberapa perbedaan, nah itulahyang perlu kita kajibersama. sebab susah juga mencari pandanan yang pas untuk hawa nafs dan nafs. baiklah sementara ilmu yang saya dapatkan adalah ini maka kita gunakan terminologi ini, semoga nanti Allah ilhamkan ilmu yang baru lagi.

Belajar ketuhanan tidak harus meninggalkan dunia kita hanya menempatkan bagian diri kita yang memang berurusan dengan dunia yaitu self, biarkan dia makan mencari kesenangan asal tidak ci campuri dengan ego atau hawa ini. sebab jika mencari dunia dengan hawa nafs maka bisa dipastikan porsinya akan berlebihan. Gunakan self untuk mendapatkan makanan lezat, mobil mewah dan keperluan dunia lainnya , insya Allah Self sudah tahu ukuran seberapa banyak yang dia perlukan.

untuk meredam ego seseorang harus mau untuk merelakan dirinya termasuk self berserah kepada Allah, karena Allah mengatur semuanya dengan fitrah maka ketika diri ini berserah kepada Allah denga total maka kita akan berjalan sesuai dengan fitrah yang dikehendaki Allah.