fenomena dukun cilik sakti jombang

fenomena ini merupakan letupan masyarakat level bawah yang membutuhkan pengobatan yang murah dan instan. benar saja ribuan orang berduyun duyun mmengobatkan diri pada si dukun cilik… kenapa bisa ribuan dan dari berbagai tempat bahkan banyak juga dari luar jawa… wah hebat…

saya pribadi cukup senang dengan dukun dukun tiban seperti di jombang… jadi orang orang cilik yang sakit parah seperti mendapatkan jalan keluar dari penyakit yang dialami. coba bayangkan kalau tidak ada dukun tiban kemana lagi mereka akan berobat… mau ke dokter? dari mana duitnya… sembuh belum sudah ndepe sekian juta… heh he rasan rasan ada rumah sakit rujukan nasional di solo malah ngabani begini, mau dioperasi sekarang atau seminggu lagi….kalau sekarang sekian kalau seminggu lagi lebih murah… waduh…….

pemerintah seharusnya memfasilitasi dukun dukun tiban yang tidak mematok harga… ¬†pemerintahkan juga terbantu, katanya mau menyehatkan masyarakat dan memasyarakatkan kesehatan alhamdulillah kan kalau ada dukun tiban mengurangi beban pemerintah… tapi…. kalau dilihat ¬†sebagai “mengurangi penghasilan tenaga medis” ya sudah tutup saja….

keadaan masyarakat yang percaya pada hal hal ghoib ini seharusnya digunakan sebagai alat untuk penyembuhan, jadi sebenarnya klop masyarakat klenik dapat dukun tiban … yang penting kan manfaatnya. seharusnya kita melihat secara objektif… sembuh tidak? kalau memang kenyataannya sembuh ya di support lah.. tapi kalau tidak sembuh ya paling2 nanti akan ditinggal oleh masyarakt itu sendiri.