fenomena dukun cilik sakti jombang

fenomena ini merupakan letupan masyarakat level bawah yang membutuhkan pengobatan yang murah dan instan. benar saja ribuan orang berduyun duyun mmengobatkan diri pada si dukun cilik… kenapa bisa ribuan dan dari berbagai tempat bahkan banyak juga dari luar jawa… wah hebat…

saya pribadi cukup senang dengan dukun dukun tiban seperti di jombang… jadi orang orang cilik yang sakit parah seperti mendapatkan jalan keluar dari penyakit yang dialami. coba bayangkan kalau tidak ada dukun tiban kemana lagi mereka akan berobat… mau ke dokter? dari mana duitnya… sembuh belum sudah ndepe sekian juta… heh he rasan rasan ada rumah sakit rujukan nasional di solo malah ngabani begini, mau dioperasi sekarang atau seminggu lagi….kalau sekarang sekian kalau seminggu lagi lebih murah… waduh…….

pemerintah seharusnya memfasilitasi dukun dukun tiban yang tidak mematok harga… ¬†pemerintahkan juga terbantu, katanya mau menyehatkan masyarakat dan memasyarakatkan kesehatan alhamdulillah kan kalau ada dukun tiban mengurangi beban pemerintah… tapi…. kalau dilihat ¬†sebagai “mengurangi penghasilan tenaga medis” ya sudah tutup saja….

keadaan masyarakat yang percaya pada hal hal ghoib ini seharusnya digunakan sebagai alat untuk penyembuhan, jadi sebenarnya klop masyarakat klenik dapat dukun tiban … yang penting kan manfaatnya. seharusnya kita melihat secara objektif… sembuh tidak? kalau memang kenyataannya sembuh ya di support lah.. tapi kalau tidak sembuh ya paling2 nanti akan ditinggal oleh masyarakt itu sendiri.

0 thoughts on “fenomena dukun cilik sakti jombang

  1. Assalamualaikum Wr Wb,

    Setuju tulisan dan komentar Pak Pur. Ironis memang fenomena dukun cilik tsb. Bukannya menafikan keberadaan pengobatan alternatif, tetapi berdasarkan pengalaman pribadi saat ikhtiar mengobati anggota keluarga, bukannya kesembuhan yang didapat malah justru menjurus ke arah syirik. Akhirnya say good byelah.

    Wassalamualaikum Wr Wb

  2. waalaikum salam Bu Sundari
    ya pokoknya yangberbau alternatif memang harus ekstra hati hati karena memang tidak ada yang bisa dipertanggungjawabkan dari praktek yang dijalankan.
    tips untuk mencari pengobatan CARILAH PENYEMBUH YANG DAPAT MEYAINKAN KITA UNTUK SEMBUH tentunya semua atas ijinNya.
    bagaimana Bu kabar.. semoga allah memberikan kesehatan lahir batin aminn…

  3. menanggapi pengobatan alternatif yang sekarang menjamur, memang harus kita waspadai, jangan-jangan kita sedang di ‘lulu’ (istidraj) oleh Allah SWT. Oleh karena itu, kita lihat saja cara mereka menyembuhkan. Kalau cara penyembuhannya menggunakan sarana yang memang sudah diteliti secara ilmiah ada manfaatnya bagi kesembuhan, boleh kita beramai-ramai berobat. Akan tetapi bila sarana yang digunakan itu belum diteliti secara ilmiah kita perlu hindari. Mis. ayam jago, kembang setaman, air tujuh sumur, tlethong kyai slamet, rajah huruf arab, dll.
    Mari kita jaga bersama akidah kita agar lurus hanya ke Allah SWT; Kalau Allah berkalam: faidza maridltu fa huwa yasyfin (bila kamu sakit maka Dia yang menyembuhkan), mengapa kita tidak minta disembuhkan Allah..? Belajar pasrah sama Pak Pur saja biar sakit tidak terasa sakit, tahu-tahu disembuhkan Allah…. gitu ya pak?

  4. yang ilmiah pun kalau tidak karena allah juga bisa bikin akidah rusak lho Bu… jadi kalau saya ilmiah tidak ilmiah itu semua allah. kan syirik atau tidak kan mellibatkan allah atau tidak. kalau melibatkan tidak syirik (meski tidak ilmiah) tapi kalau allah ditinggalkan (meski ilmiah) tettap syirik.
    tapi yang paling efektif memang pasrah… pasrah is the best….

  5. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    setelah membaca tulisan bapak dan pak Abu Sangkan, Saya mulia faham tentang shalat khusu’ tetapi bagaimana cara menjaga keistiqomahannya? trimakasih pak pur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *