flashdisk 1 gb sudah bisa hafal 30 juz dan ribuan hadis

bagi penghafal Quran ini bukan suatu sindiran namun sebagai motivasi agar jangan sekedar menghafal quran sekedar mengumpulkan ayat ayat quran disimpan dalam memori otak, kalau ini yang menjadi niat dan tujuan maka akan sangat kalah dengan flashdisk 1gb.
isitilah “menghafal” ini pun mengandung niat untuk sekedar mengumpulkan hafalan ayat ayat quran, seharusnya di ganti dengan kata kata yang lebih tepat.
seharusnya tidak sekedar menghafal, namun memasukkan ayat ayat kedalam otak kemudian layaknya software setiap ayat quran mengandung suatu program yang harus dijalankan. apa untungnya mengumpulkan software kalau tidak dijalankan. nanti akan seperti flashdisk tadi dia tahu berbagai macam jenis software dari A – Z namun dia tidak bisa menjalankan softwarenya.
nah seorang penghafal quran dia harus bisa menjalankan software sofware ayat ayat dalam memorinya sehingga benar benar hidupnya mencerminkan Quran… sekali lagi bahwa quran itu wahyu bukan tulisan atau kalimat kalimat untuk sekedar dihafal. tulisan dengan wahyu jelas sangat berbeda.
maka kemulyaan penghafal quran karena mereka menyimpan wahyu dalam memori otaknya dan menjalankan setiap saat, bukan sekedar menyimpan tulisan atau kalimat quran yang hanya bisa dipamerkan ketika semaan quran saja….

10 thoughts on “flashdisk 1 gb sudah bisa hafal 30 juz dan ribuan hadis

  1. Semua itu ada manfaatnya…
    tanpa ada kegiatan menghapal qur an, maka mana mungkin Al Qur an dapat sampai ke tangan kita tanpa diragukan keshahihan nya…
    kalo semua cuma menyimpan di flashdisk, maka kemukjizatan Al Quran dibanding kitab suci lainnya akan tiada. Manusia penghapal Qur an bisa juga berbuat salah, memang lebih utama disamping menghapal juga mempraktekan. Tapi pertanyaannya, sudahkah kita menghapal Qur an?
    ato kita sudah menganggap tidak perlu lagi menghapal Qur an karena merasa sudah menjadi Qur an berjalan? Aduhai….. alangkah sombongnya kita… moga2 tidak demikian

    • pada jaman dahulu sebelum ada percetakan dan sebelum quran di tulis dalam kitab peran seorang penghafal sangat penting sekali…

    • Kalau sudah Hapal Al Qur’an terus hapalannya mau dikemanain? menghapal penting tapi lebih penting lagi – ente hapalan lalu amalin semua hapalan itu dalam kehidupan nyata.

      Qur’an itu pedoman hidup – memangnya salah kalau jadi Qur’an berjalan? rosul saw adalah salah satu Qur’an berjalan – beliau hapal dan mengaplikasikan yang dia Hapal dan ketahui dalam muamalah nyata.

  2. Jaman dulu atau sekarang sama saja, lebih baik masih ada orang yang menghafal AlQuran daripada tidak. Salah satu kemukjizatan AlQuran dibanding kitab2 lain ya karena AlQuran itu satu bahasa dan banyak yg hafal sehingga tidak bisa dipalsukan atau diganti2 redaksinya.
    Kalaupun kita ngga sanggup menghafal ya kita dukung orang yang masih mau menghafal… saya kira itu lebih bijak daripada kita memperdebatkan penting-tidaknya menghafal Alquran

    • ya memang lebih baik ada yang menghafal…. kan menambah khasanah dunia islam… dan menunjukkan bahwa quran yang setebal itu bisa dihafal…..

    • Disinilah salah satu letak janji Allah yang pasti menjaga kemurnian Al Qur’an dengan menjaga hamba-hamba Nya yang senantiasa mencintai Qur’an, Hafids Qur’an dan Mengamalkan Qur’an.

  3. Janji Allah memang benar, yaitu kita dimudahkan untuk menghafal Al Quran…. kalau mau…! dan bagi penghafal Quran juga ada reward di alam kubur, di hari penghisaban dll, dan itu merupakan motivasi bagi orang yang beriman… seberapa iman kita ? Orang yang bisa menghafal pasti bersih hatinya, pikirannya, terjaga perutnya dari yang haram, amalan Quran menjadi gaya hidupnya dll. Menurut cerita, hati yang berpenyakit akan sulit dalam menghafal Quran. So… nasihat untuk saya sendiri nih: saya mulai amalkan Quran, saya yaqin pasti akan dimudahkan Allah dalam menghafal Quran…yoook

  4. memang benar jika semua orang para penghafal memiliki program yang direalisasikan sebagai manipestasi dari hafalan yang dilakukan. tapi dari pada tidak sama sekali hafal bahkan al-qur’an hanya dijadikan hiasan itu sangat irones sekali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *