gampangnya jadi ustad

jangan bercita cita jadi ustad kalau hanya mengandalkan hapalan quran dan hadis karena akan kalah dengan laptop mini yang sdh diinstal dengan program quran dan hadis. Sudah bukan jamannya lagi jadi ustad kalau hanya pandai menyitir ayat dan hadis, sedikit sedikit qurannya ini… sedikit sedikit hadis nya itu… wah tidak beda dengan laptop mini tadi… bahkan lebih canggih laptop mini tadi yang tingkat kesalahan nya nol. jadi sangat gampang untuk jadi ustad .. tidak perlu belajar agama dalam dalam cukup beli laptop 3 juta kemudian diinstal program quran dan hadis dan bisa jadi ustad, cuma ditambah sedikit kemampuan mengoperasikan dan kemampuan untuk menggabungkan dari ayat ke ayat dan dari hadis ke hadis.

jargon sekarang KEMBALI KE QURAN DAN SUNAH memang cukup memudahkan kita menjadi ustad. jargon ini memberikan keluasan kepada kita yang tidak pernah belajar agama untuk bisa menjadi ustad secara instan.tidak perlu kemampuan menafsirkan ayat tidak perlu kemampuan bisa berbahasa arab apalagi belajar asbabunuzul nya ayat…

12 thoughts on “gampangnya jadi ustad

  1. Alkisah, seorang sopir bis ugal-ugalan didulukan masuk sorga, ketimbang seorang ustadz jenis gampangan.
    Ustadz gampangan protes:” Malaikat! Saya ini ustadz mengajarkan doa agar bisa masuk sorga, dan sopir itu kalau nyopir ugal-ugalan menyusahkan penumpang, mestinya saya yang lebih dulu masuk pintu sorga!”
    Malaikat menjawab kalem:”Ustadz, kalau kamu bekerja, lebih banyak orang yang tertidur ketimbang berdoa, tapi sopir ugal-ugalan itu kalau sedang bekerja, menyebabkan para penumpang pada berdoa!”

    Jadi, nggak gampang jadi ustadz!
    Salam kenal, Ustadz Setyo!

    • Kewajiban semua Muslim untuk saling ingat mengingatkan dan nasehat menasehati di jalan yang benar, Sampaikanlah walau satu Ayat pun. 🙂

  2. itu hanyalah anekdot bahkan lelucon yang tidak lucu. tidak ada yang bisa berargumentasi di akhirat nanti..mulut ini akan terkunci rapat. jangankan berkata-kata, baru bertemu jin saja tubuh sudah gemetar, apalagi ketemu malaikat….

  3. tp kan pak, ini hanya aen-maen aja. yah kalo mw d cri sisi positifnya ada jga. pkoknya, bisa jd drongan jga utk para ustadz supaya memperbaiki cara menyampaikan dakwah supaya jama’ah lebih banyak berdo’a dari pada tidr. ya kan???

  4. Terima kasih Pak Setiyo, saya jadi termotivasi untuk lebih belajar Dienul haq al Islam. Terus terang tulisan Pak Setiyo di atas adalah tulisan dengan argumen paling bodoh yang pernah saya jumpai. Sekali lagi terima kasih…

  5. Assalamu’alaykum wr.wb
    Bismilahirrohmannirrohim,Alqur,an dan Hadist adalah Ilham/petunjuk utk kita yg turunkan melalui perantara Rosul yang agung (Muhammad SAW),Alqur’an adalah filter buat kita,kita tahu didalam diri manusia ada Bashirah/ruhaniah,tapi jika kita belum dapat memahaminya secara utuh tentang Bashirah maka akan muncul Bashirah yang didominasi oleh ego Hawa nafsu,maka akan muncul hawa nafsu tidak terpimpin.Insyaallah sy faham apa yg dikatakan oleh mas Pur,kalau Ilham itu terpimpin oleh Allah,Bukan ……….

    yg susah kalau kita tidak tahu tentang Ego,maka sampai kapan pun kita tidak akan pernah mendapatkan Ilham itu secara hakiki,sejatinya diri kalau kita faham kita ini siapa,untuk apa,dan mau apa.

    dimana posisi Ego,dia ada diantara akal kita dan jiwa kita(di tengah-tengah)amati dia pasti tarik menarik itulah Ego.buang dia fahami Allah dan meniadakan yg lain,maka hati penuh dengan ketenangan maka kita telah membuka simpul Ego didalam tubuh kita

    Insyaallah kita smua slalu dijaga olehnya

    Ya Allah tunjukan kami jalan yg lurus bukan jalan yang engkau sesatkan

    Assalamu’alaykum wr. wb

    Hendri lesman

  6. Assalamualaikum.wr.wb. Salam Kenal Bapak Semua Rekan,,
    Sedikit Kesimpulan Hidup Di dunia hanya dan nyata Bersifat sementara, sudah kah kita
    memahami arti hidup, mengenal siapa diri kita sebenarnya dan dan apa tujuan kita dijadikan allah manusia, ketahuilah manusia itu hanya sebatas di dunia, maaf saya korek sedikit mengenai sopir angkot yg masuk surga,, sebegitu gampangnya kah masuk ke jannah allah itu,, yg mengalir sungai sungai di bawahnya,, pantaskah kalian masuk ke surga kalo kalian tidak tahu siapa dirinya tadi, sementara firman allah,,,,
    kenalilah dirimu jika engkau mengenal dirimu maka enkau akan mengenal tuhanmu. dan allah bukan manusia. kewajiban manusia mencari tuhan bukan tuhan mencari manusia. siapa sie allah, makanya kita perlu mengenal diri kita niscahya kita pasti akan mengenal allah. di dalam Fahamnya allah,. wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *