pelajaran patrap diawali dengan patrap gerak dulu dengan gerakan yang kasar artinya ggerakan yang dapat menimbulkan guncangan seluruh tubuh. gerak patrap yang kasar ini berfungsi untuk melibatkan seluruh tubuh agar terisi dengan file file ilahi.. semakin kuat ke allah maka akan semakin besar gerakan yang ditimbulkan dan semakin kuat pula pengaruh terhadap tubuh.

setelah gerak kasar maka selanjutnya adalah melatih dengan gerak halus atau gerak rasa jadi gerak semacam tai chi yang menggerakkan tubuh dengan penuh kehalusan. disini berfungsi untuk mengaktifkan bagian dalam yaitu hati dan pikiran agar terjadi sinkronisasi terpadu dalam gerak jiwa yang mengharmonisasi dan menstimulasi otak untuk memperoleh loncatan listrik yang teratur.

setelah itu baru duduk diam, menerima bukan merespon. diam dalam keheningan diri. memasuki alam kedirian sehingga muncul kekuatan yang bukan berasal dari kita namun dari luar diri kita.

setelah diam menerima tahap yang paling akhir adalah gerak menerima.. yang merupakan kelanjutan dari pelajaran diam tak bergerak, sekarang gerak menerima. ini yang sering orang jawa menyebutkan dengan topo ngrame.