Gerakan sosial santunan berbasis ATP

Seringkali santunan hanya sekedar memberkan santunan hanya sekedar memberikan uang setelah itu selesai, tidak menyisakan perubahan ahlak yang lebih posiif, bahkan kadang pemberian begitu saja uang kepada fakir miskin membentuk pribadi “pengemis” yang selau mengharap bantuan orang lain.

Dengan gerakan sosial santunan berbasis ATP ini, memiliki kelebihan selain santunan lebih bermanfaat dan berefek multiple juga memberikan bekas positif kepada yang disantuni agar lebih berahlak amanah.

misalnya santunan berbasis ATP adalah memberikan beras dari pada memberikan uang, otomatis beras tersebut akan di konsumsi karena ini adalah makanan pokok, dan tidak mungkin untuk yang lain. Misalnya lagi dibelikan benda yang dapat mendukung atau membantu yang disantuni menjalankan amanah. Misalnya yang disantuni jualan makanan dengan dibelikan alat penggorengan akan memberikan dampak positif terhadap jualannya.

Gerakan ini akan menjadikan fakir miskin terbangun mentalnya, terbangun ahlak amanahnya. Sehingga mereka akan berkembang ekonominya juga dan mungkin pada periode mendatang fakir miskin ini sudah tidak lagi minta atau mengharap bantuan, bahkan diberikan saja dia sudah tidak mau alias malu, dia akan meminta untuk diberikan orang lain saja.

Jadi fokus gerakan santunan berbasis ATP ini adalah bagaimana mental fakir miskin bisa terbangun dan lebih amanah dalam menjalankan kehidupan.

Mari kita dukung gerakan santunan berbasis ATP ini yaitu dengan :

  1. Merubah santunan uang menjadi barang yang dibutuhkan
  2. Melihat kebutuhan fakir miskin barang apa yang diperlukan dalam menjalankan amanah
  3. Sebelum memberikan bantuan menanyakan kesanggupan untuk menjalankan amanah dari barang yang diberikan. hal ini untuk mendidik agar dia juga amanah dengan apa yang sudah diberikan
  4. mengevaluasi santunan yang sudah diberikan, melihat apakah yang di santuni amanah atau tidak. berikan reward jika benar benar amanah

semoga dengan gerakan ini para donatur diberikan keberkahan yang lebih berlipat dan manfaat santunan bagi dhuafa lebih bermanfat ganda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.