hakikat qorban secara hakikat makrifat

makna qorban berarti mengorbankan, sesuatu yang kita korbankan tentunya sesuatu yang kita cintai dan memiliki nilai yang besar. Satu kambing atau satu sapi merupakan nilai yang besar (tentunya ini juga relatif). Korban bukan menekankan kepada pembagian kepada dhuafa, bukan kepada berbagi kepada yang belum pernah makan daging atau jarang makan daging, hal ini dapat di lihat sejarah korban dari Nabi ibrahim dan nabi Ismail. Dimana awalnya adalah mengikuti perintah Allah mengorbankan rasa cinta Nabi Ibrahim kepada Nabi ismail. Pengorbanan inilah yang menjadi inti dan hakikat  berkorban yaitu mengorbankan yang dicintai karena perintah Allah.

Ketika kita mendapatkan perintah korban maka kita akan melihat pada diri kita, bersedia tidak kita berkorban … yaitu mengorbankan 2.5 juta rupiah.. suatu nilai yang tinggi bagi saya pribadi. korban berbeda dengan sedekah … kalau sedekah pasti lebih kecil dari nilai berkorban.

Pengorbanan kita yang kita peruntukkan unntuk Allah akan memberikakn suatu nilai cinta di sisi Allah. Bukti kita cinta kepada Allah terwujud dari idul adha yaitu hari raya korban. Maka kita sadarkan diri kita sekarang sebelum hewan yang kita korbankan benar benar merasuk ke alam hakikat dan makrifat. Yaitu kita luruskan niat bahwa korban ini adalah sebagai cinta kepada Allah, BUKAN ingin berbagi kepada tetangga atau fakir miskin. Urusan korban kita adalah untuk Allah bukan untuk siapa siapa termasuk tetangga atau yang lainnya.

kalau tidak kita sadarkan akan hal ini bisa bisa korban kita menjadi kurang berdampak pada keadaann spiritual kita yaitu sisi hakikat dan makrifat kita. kita jadikan qurban ini sebagai penigkatan spiritualitas beragama kita. jangan terlalu mementingkan unsur berbagi, tapi lebih pada pengobanan kita kepada Allah SWT. ingat salah niat bisa menyebabkan ibadah tidak sesuai dengan tujuan ibadah. mementingkan orang lain itu baik, tapi untuk masalah qorban kembalikan kepada tujuan awal yaitu di tujukan kepada Allah SWT bukan yang lain.

Qurban bukan untuk orang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *