Hanya Allah yang dapat menolong bukan ibadah kita

banyak di masyarakat muslim yang meyakini bahwa dzikirnyalah yang dapat mendantangkan kebaikan khasiat dan fadhilah. Bahkan ada yang baca shalawat dengan tujuan tujuan khusus untuk ini dan itu. Tentunya ini menjadi keprihatinan kita karena hal ini tidak saja menjadikan sikap menyekutukan Allah dengan dzikir dengan shalawat dan dengan amal ibadah yang lain. Terlepas ini kepandaian syetan dalam menjerumuskan manusia ke lembah kesyirikan yang pasti bahwa manusia sudah melakukan dosa besar yaitu menyukutukan Allah dengan amal ibadah.

Pada surat al fatihah sudah sangat dijelaskan bahwa ada pemisahan yang sangat jelas antara ibadah dan meminta, iyyakana budu terpisah dengan iyya kanastain. kesyirikan umat islam adalah mencampuradukkan antara ibadah dan permintaan, sehingga tereduksi menjadi dengan baca ayat ini aku akan bisa ini, dengan shalwat iniĀ  rejeki saya lancar… dan lainnya. Seharusnya jangan sampai mencapur adukkan antara ibadah dan tujuan selain Allah. Kalau ibadah ya ke Allah, baru setelah selesai ibadah , boleh minta tapi harus dipisah artinya waktunya bisa terpisah antara ibadah dan minta.

meski dengan shalawat saja, minus Allah, artinya meyakini shalawat bisa menndatangkan rejeki tanpa melibatkan Allah, bisa membuat rejeki lancar. it’s Ok …ini benar dan nyata, tapi meyakini yang memberikan rejeki adalah berkat shalawat dan bukan Allah adalah kesyirikan nyata. Kalau kita tidak introspkesi dengan hal ini maka selamanya kita akan berada di lembah kesyirikan dan ibadah selamanya tidak akan bisa menolong.

maka luruskan jiwa kita kepada Allah, dalam ibadah kita dalam shalawat kita jangan sampai ada tujuan apapun selain ke Allah, setelah ibadah selesai barulah kita minta sesuai hajat kita.

 

 

One thought on “Hanya Allah yang dapat menolong bukan ibadah kita

  1. kalau kita nggak usah minta/mendoa apapun sebenarnya juga nggak apa2 ya Pak …
    ibadah ya ibadah, tunduk,patuh, & tawajuh berserah diri pada Allah semata….

    salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *