harta adalah pelayan bagi kita

ketika anda mendapatkan rejeki yang lebih dari cukup, maka hati-hati karena jika tidak kita akan diperbudak atau kita akan menjadi pelayan dari harta kita. Harta kita yang berlebih seharusnya harus menjadi pelayanan bagi kita, semakin banyak harta kita maka hidup kita seharusnya semakin menenangkan karena banyak pelayan-pelayan yang memudahkan hidup kita. secara praktis jika kita memiliki harta berlebih jangan membeli barang yang memaksa kita untuk melayaninya. misalnya kita sudah cukup satu mobil tapi kita beli mobil lagi. maka beli mobil yang kedua ini menyebabkan kita melayani mobil kita. contoh mudahnya ketika mobil satu tidak digunakan maka kita juga memanasi mobil tersebut agar aki nya tidak thekor. Memanasi mobil yang tidak dipakai adalah satu bentuk dari pelayan dari harta. coba seandainya kita hanya memiliki satu mobil maka ketika kita memanasi mobil memang tujuannya adalah mau digunakan.

berhati hati lah dengan harta sebab harta ini jika sudah menjadi tuan kita maka kita akan tersiksa meski kita memiliki banyak harta. hiduplah yang secukupnya saja dan membeli barang sesuai dengan kebutuhan kita.Jika memang barang yang sudah ada tidak bisa diperbaiki maka gantilah dengan barang lebih baik atau baru namun barang yang lama sebaiknya dijual lagi atau kalau memang memungkinkan kasihkan saja kepada orang lain yang dapat memanfaatkan barang bekas kita tadi.

kuncinya : semakin kita memiliki banyak harta maka semakin banyak hal hal yang harus kita perbaiki. dan menyita waktu kita.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 thoughts on “harta adalah pelayan bagi kita

  1. ass,..wr,wb.
    Salam sejahtera buat pak setyo & keluarga.semoga Allah selalu melimpahkan & meluaskan rezky & rahmatNYA buat pak setyo sekeluarga(Amin).Ada yang ingin saya tanyakan pada bapak & pak setyo berkenan memberikan pencerahan pada saya yang masih awam ini..Mengapa hati saya selalu mengajak untk mengingat Allah tetapi tubuh zahir ini t,kadang menolak untuk sholat? Saya menyadari itu.(sekarang ini saya perang batin).saya mohon pada bapak agar dapat memberikan solusi,apa yg musti saya lakukan?bls..

  2. konon bagi yg sudah menemukan hakikat hidup, banyak harta atau nggak ada sama sekali nggak ada bedanya. bahkan sakit & sehat juga begitu tetap bisa tersenyum dan bahagia. Emang bisa begitu ya mas ..?

    salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *