hati nurani dalam konsep saya merupakan konsep uiversal, saya tidak menggunakan konsep islam. hati nurani siapapun itu memilikinya. memang kata nurani sebenarnya dari bahasa arab, tapi saya tidak menggunakan istilah ini kemudian hanya di gunakan dalam islam , sebab kita tahu bahwa kata nurani sudah menjadi kalimat yang umum.

baik, sekarang saya akan bahas hati nurani ini dari sisi universal. Setiap dari kita dibekali adanya suara hati atau kata hati atau hati nurani atau hati nurani yang paling dalam,semua ini saya samakan. berarti kalau semua manusia memiliki maka baik orang islam, orang non islam atau ateis semua memilikinya, boleh dibilang hati nurani ini merupakan bawaan lahir.

Hati nurani adalah kejiwaan manusia maka kita harus hati-hati jika hanya mengandalkan hati nurani ini. Logika kita adalah jika hati ini tidak di bimbing Allah berarti dibimbing syetan. maka kita perlu sangat berhati hati dalam melihat perkataan hati nurani ini. hatinurani ini laksana radar yang akan mencerminkan sinyal yang masuk, kalau radar ini kita arahkan ke Allah maka yang ditangkap adalah perkataan Allah namun jika radar ini tidak kita arahkan ke Allah maka yang ditangkap adalah sinyal dari syetan.

jadi cukup sederhana untuk dapat membedakan apakah hati nurani ini datanya dari Allah atau dari syetan cukup radar kesadaran kita berada di di wilayah Allah atau tidak.

jika radar kesadaran kita tidak mengarah ke Allah maka kita perlu hati hati dengan data yang diberikan bisa jadi menyesatkan kita karena memang bukan dari Allah. Ada orang yang ahli hadis ahli quran tapi karena radarnya tidak diarahkan ke Allah maka quran dan hadis bisa menyesatkan baik dirinya atau orang lain. Anda pasti pernah menjumpai orang orang yang seperti ini…. atau dalam sejarah indonesia kita contoahkan seorang snouck H yang ahli quran dan hadis tapi memiliki hati nurani yang jahat.

Arahkan radar kesadaran