Hidup ini tidak untuk menolong orang lain tapi untuk kembali kepada Allah

Tujuan hidup itu harus jelas , dalam beragama islam kita harus bisa membedakan mana tujuan hidup dan mana cara hidup. tujuan hidup kita satu yaitu kembali kepada Allah sedangkan caranya sangat banyak salah satunya adalah menolong orang lain.

kalau tujuan hidup kita untuk menolong orang lain maka Allah jelas jelas kita kesampingkan, bahkan kita menduakan (syirik) Allah dengan yang lainnya yaitu menolong orang lain. Dalam hal ini saya harus tegas bahwa menolong adalah perbuatan baik sedangkan kembali kepada Allah adalah “untuk apa kita hidup”. Hal inilah yang membedakan antara kita dengan umat lainnya misalnya umat nasrani yang merupakan ajaran kasih, jadi kehidupannya memang di tujukan untuk kasih (memberi kepada orang lain).

Baik kita dalam beragama harus jelas tujuan hidup dan tentunya selain jelas juga benar. misalnya kita menetapkan tujuan hidup untuk berdakwah, untuk berjihad dan lain lain maka sebenarnya kita sudah salah dalam memiliki tujuan hidup. Meski nampak benar tapi hal tersebut sudah membelokkan kita dari arah yang sebenarnya dalam hidup yaitu kembali kepada Allah.

anda akan paham dengan maksud saya ini jika anda sudah bisa membedakan mana tujuan hidup dan mana cara hidup, yang cara jangan dijadikan tujuan. seperti halnya kita akan ke jakarta caranya menggunakan kereta, maka jangan menjadikan naik kereta tersebut membuat kita lupa akan tujuan kita yaitu jakarta. Jangan terlena dengan keasyikan naik kereta lupa akan tujuan.