hikmah i’tikaf

Itikaf seperti halnya manfaat meditasi banyak memberikan manfaat terhadap diri. Islam memiiki cara untuk mendapatkan banyak mnfaat dari meditasi yaitu dengan cara i’tikaf. manfaat tersebut saya sebut dengan hikmah itikaf

1. hikmah DIAM  pada saat I’tikaf

HIkmah i’tikaf pada saat diam memiliki manfaat yang sangat besar, dalam psikologi transpersonal dikenal dengan the altered state of consciousness, atau keadaan kesadaran yang berubah. Keadaan kesadaran yang berubah ini akan membuat cara pandang terhadap dunia menjadi berubah. cara pandang ini tergantung dari mind set yang ditanamkan sebelumnya. misalnya sebelumnya ditanamkan zuhud maka ketika itikaf akan muncul keadaan kesadaran yang berubah terhadap perilaku zuhud. yang sebelumnya belum zuhud setelah itikaf dengan mudah dapat melakukan zuhud.

hikmah di lakukan di masjid

itikaf merupakan ibadah yang melibatkan kesadaran, baik itu kesadaran bawah atau kesadaran atas. pada saat itikaf kita diam maka kesadaran kita lebih peka dengan sekeliling. Ketika kita beritikaf sekeliling kita adalah masjid, karena wajib itikaf adalah di masjid dan lebih baik adalah masjid jami. maka tempat yang sering digunakan untuk shlat terutama untuk sholat berjamaah memiliki vibrasi positif terhadap siapapun yang itikaf di situ. vibrasi ini akan memudahkan kita untuk sambung lurus ke Allah. karena hal tersulit yang menjadi hambatan dalam beritikaf adalah sambungnya hati lurus ke Allah.

itikaf mendekatkan diri kepada Allah secara instan

dengan diamnya tubuh lalu aktifnya jiwa kita berserah kepada Allah menjadikan kita akan sangat cepat merasa dekat dengan Allah. Perasaan ini akan berdampak kepada kebahagiaan yang tidak terkira.

ititkaf artiya adalah mengurung diri atau menetap, hikmah spiritualnya adalah, yang kita kurung dan yang kita tetapkan adalah tubuh kita atau yang kita kurung adalah hawa nafsu kita , terkurungnya hawa nafsu ini akan membebaskan jiwa dan ruh untuk kembali kepada Allah dan berserah diri kepada Alah. sehingga jiwa menjadi merdeka dan bebas berserah diri kepada Allah.

itikaf merupakan ibadahnya jiwa dan ruh , tidak melibatkan jasad atau tubuh. ibadahnya yang murni jiwa dan ruh ini akan memunculkan kekuatan jiwa dan kekautan ruh. yaitu suatu kekuatan ghoib yang adalah diri kita. Kekuatan inilah yang akan mampu menangkap lailatul qodar. sangat tidak mungkin menangkap lailatul qodar dengan hawa nafsu kita.

ada banyak hikmah lainnya semoga kita diberi kefahaman tentang ibadah yang satu ini

baca pelatihan itikaf

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *