hirarki belajar patrap

anda tidak bisa melompati dalam belajar … siapa yang menyampaikan kepada anda itulah guru anda… seorang Abu sangkan adalah guru saya maka saya tidak bisa main loncat langsung belajar ke Pak Haji … ini etika berguru… pasti jika kita melompati ini akan terjadi ketidak baikan.

beberapa waktu yang lalu ust Abu sempat melarang kita untuk datang ke PAk haji, bukannya apa apa karena pasti akan bingung dan benar…. ilmunya belum sampai sudah datang sendiri tanpa ijin beliau akhirnya.. bingung…. salah siapa? ya si murid itu sendiri.

kadang murid saking bernafsunya ingin cepat makrifat maka loncat pembimbing… ya … bukannya pemahaman malah kebingungan…

seperti halnya seorang penjual yang kulakaan kepada juragan.. maka pembeli tidak bisa langsung beli kepada juragan tadi.. tidak bisa karena kemampuan beli nya paling eceran sedangkan di juragan tidak mengenal eceran… maka untuk bisa beli eceran harus ke distributor.. atau bakul…

jadi kuasi dulu ilmu bakulnya… kalau sudah bisa minta ijin kepada bakul tersebut untuk bisa kulakan sendiri. ini adalah hormat kita karena tidak bisa tidak ilmu pertama kali adalah dari bakul …. maka taklim mutakalim atau adab bergurunya harus dipakai …. kalau tidak kata orang pesantren ilmunya tidak berkah.

5 thoughts on “hirarki belajar patrap

  1. Ass, Mas aku jadi bingung nih.. aku mau belajar patrap, dan aku dkat ke jati bening sana. apa bisa aku langsung aja ke jati bening?

  2. Assalamu’alaikum pak Setyo. Saya, Asburni dari kota Padang.Saya ingin sekali belajar patrap, pak. Apakah bisa belajar patrap sendiri, jika tidak bisa sendiri, apakah ada pembimbing untuk di kota Padang.
    Mohon bantuannya pak.

    wassalam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *