Ibarat mobil yang ditinggal drivernya

Tubuh saya ibaratkan dengan mobil (kereta : bhs malaysia), mobil ini tentu memiliki sistem dalam dirinya, seperti sistem pendingin, sistem mesin, sistem pengapian dan lainya. semua sistem ternyata bisa berjalan dengan sendirinya asal kontak starter dinyalakan.

saya ingin menjelaskan tentang diri manusia yang terdiri dari 2 unsur pokok yaitu jasad dan Ruh,  jika kita sudah berniat itu artinya kita sudah menyalakan kontak starternya maka sebenarnya tubuh sudah punya sistem sendiri untuk bertindak. misalnya ketika kita sholat maka ketika kita menjalankan sholat , kita niat, maka sebenarnya tubuh sudah melakukan dengan sendirinya untuk melakukan sholat. sekarang bagaimana dengan Ruh, Ruh ibarat sopir atau penumpang, yang bisa saja meninggalkan mobil ketika dalam keadaan hidup. jadi ketika kita sholat kita dapat meninggalkan tubuh untuk menuju berserah diri kepada ALlah, dan tubuh itu akan melakukan sholat dengan sendirinya.

maka sebenarnya tugas kita ketika sholat hanya ada dua (al baqoroh ayat 46 yaitu bertemu dengan Allah dan kembali kepada Allah, itu saja. kalau tidak percaya silahkan dicoba, yaitu dengan menjalankan sholat dengan niat yang benar kemudian tinggalkan tubuh kita dan mulailah berserah diri kepada Allah, maka tubuh akan menjalankan sholat dengan sendirinya.

dengan cara itulah maka khusyu akan diturunkan, bukan dengan berada pada tubuh tapi dengan meninggalkan tubuh. dengan kita bertemu dan kembali kepada Allah maka khusyu akan dirasakan tubuh itu. maka marilah kita sholat dengan penyerahan diri kepada Allah. tidak akan mungkin khusyu itu datang tapi kita tidak berserah dalam sholat. Penyerahan diri kepada Allah dengan totalitas akan menyebabkan jiwa akan tenang (nafsul muthmainnah) tapi ketika tidak berserah diri kepada Allah maka jiwa tidak akan tenang (nafsul lawwamah).

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 thoughts on “Ibarat mobil yang ditinggal drivernya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *