ilham dulu baru quran

kebanyakan kita dalam memecahakan masalah lewat quran …(pembahasan bukan untuk aturan di fiqh) ada suatu metode yang cukup akurat dan lumayan bagus yaitu melalu metode ilham. ilham merupakan bentuk pencerahan yang diberikan allah kepada kita terhadap suatu masalah yang kita hadapi sehari hari. setiap saat kita dihadapkan pada suatu problem dan setiap saat pula kita diberi fasilitas allah pikiran dimana pikiran itu menjad wadah bagi kita untuk menerima ilham dari allah. nah ada baiknya kalau kita belajar bagaimana menerima ilham dari allah ini, maksudnya kita belajar menerima dan peka terhadap apa yang disampaikan allah kepada kita (berguru kepada allah).dalam kontek keseharian ilham dapat diartikan tuntunan yang dissusupkan dalam hati kita… dengan catatan hati kita nyanthol ke allah, sebab kesambungan ini yang menjadi kabel tersalurnya ilham allah kepada kita. sehingga kalau ada pertanyaan bagaimana membedakan ilham itu dari allah atau dari syetan jawabannya ya itu tadi hati kita nyambung ke allah atau tidak. kalau nyambung ke allah berarti ya tapi kalau tidak ya berarti dari syetan.

nah dari ilham belum final masih ada satu langkah lagi yaitu kroscek dengan quran dan sunah… jika sesuai maka ilham itu baru dilaksanakan, kalau tidak sesuai jangan dilaksanakan. konsep quran sebagai tuntunan mungkin sedikit kita rubah , kalau saya quran sebagai rujukan bukan tuntunan. artinya bahwa apapun masalah kita bisa kita rujuk ke quran tapi kalau tutunan hidup kita akan jadi robot yang sedikit sedikit salah dan sedikit2 haram. akan sangat enak kalau quran itu jadi tempat rujukan … aku punya masalah ini … oh qurannya begini… bukannya quran nya dulu…

ya maaf ini pendapat sangat pribadi mungkin / sebenarnya kurang layak untuk saya publikasikan .. mohon maaf… kalau bapak ibu mas atau mbak yang pingin berdiskusi lebih lanjut silahkan beri komen… makasih wass

0 thoughts on “ilham dulu baru quran

  1. Assalamualaikum Wr Wb

    Pak Setyo, bagaimana kondisi di Solo. Semoga rumah aman dari banjir.

    Saya ingin tahu lebih lanjut mengenai tulisan dibawah ini. Mungkin bisa dijelaskan secara lebih terperinci, apa yang harus kita lakukan sehingga ilham tsb masuk.

    “….nah ada baiknya kalau kita belajar bagaimana menerima ilham dari allah ini, maksudnya kita belajar menerima dan peka terhadap apa yang disampaikan allah kepada kita (berguru kepada allah).”

    Terimakasih banyak. Dan salam buat keluarga

    Wassalamualaikum Wr Wb

  2. untuk dalil silahkan dilihat di an naml 19, bersyukur itu ilham ketika bersyukur ini di kroscek dengan quran sesuai tidak, jika sesuai berarti harus dijalankan. jika bertentangan harus di hindari..
    ibu sundari, disini aman aman saja bu… sempat meluap namun langsung surut. baik Bu dalam kita belajar menerima yang penting adalah menerima semua ketentuan allah… nah berawal dari menerima tanpa reserve inilah akan membuka ruang dialog dengan allah, apa yang disampaikan allah akan kita tangkap sebagai sebuah pemahaman tentang sesuatu. dan pehamanan inilah yang dimaksud berguru kepda allah. wass

  3. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Perkenankan saya untuk ikut berbagi perihal Digital Qur’an v3, sebuah aplikasi Windows buatan Bpk. Sony Sugema yang menampilkan ayat dalam bahasa Arab, terjemahan dalam bahasa Indonesia/Inggris, sekaligus suara pembacaan dari ayat yang dimaksud.

    Semoga bermanfaat. Terimakasih.

    Wassalam

  4. terimakasih infonya …. semoga para ustad bisa memanfaatkannya…..sehingga tidak repot2 menghafal….

  5. cuma orang tolol yang bilang AlQuran itu sebagai rujukan, bukan tuntunan. bahkan seorang gali ato preman (yang muslim) pun tahu kalo AlQuran itu tuntunan.

    “Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Qur’an) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Qur’an) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Qur’an itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.” (Q.S. 26/Asy-Syu’araa: 52)

    185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa di bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS. 2:185)

    setahu saya dan sebagian besar umat Islam (anda tidak termasuk tentunya) IAlquran itu sebagai “penunjuk (atau pedoman atau penuntun)” jalan menuju kebaikan bukan sebagai perujuk jalan…

    mendingan gak usah ngomong deh mas, nanti jadi salah kaprah. kasihan orang yang masih kurang bagus iman-nya, bisa keblinger.

  6. he he mbak/mas dewa akbar… terima kasih dalil dalilnya…..wah tapi kok tulisannya diatas agak kasar ya…(padahal di quran nggak ada lho) kalau saya sih memang tolol tapi kalau mbak/mas dewa mengatakan saya tolol apa ndak takut sama allah… lha wong ketololan saya ini yang nyiptakan Allah jua…. ati ati lho mbak kalau ngomong bisa kuwalat sama allah nanti….he he ngancam….

  7. “kalau saya sih memang tolol tapi kalau mbak/mas dewa mengatakan saya tolol apa ndak takut sama allah… ” Busyet yang S2 UGM aja masih merasa Tolol trus saya ini masuk kategori apa ya? Mbah buyutnya tolol kali ya pak?? He..he..he

    • barusan saya selesai sholat,baca s.albaqoroh,saya cari yg terjemahan,saya buka,mata saya tertuju pd s.azzumar 50 sy jadi ingat artikel ini ,jadi yg diturunkan Alloh dan harus diikuti,ilham atau Quran ,ya pak[pada ayat ini]? terima kasih.

  8. wah memang manusia itu memang tolol … tapi dilarang keras untuk mengatakannya kepada orang lain… bisa kuwalat bukan kuwalat kepada manusia tapi kuwalat kepada yang buat manusia… hii hiii naudzubillah

  9. tidak usah ngomong kasar-kasar lae di situs ini…jangan merasa JAGO atau merasa hebat…nanti iblis yang datang…banyak-banyak beristigofar,,,,

    horas,,,

  10. rujukan atau tuntunan tujuannya sama yaitu ke Allah. rujukan berarti jika ada sesuatu kita merujuk kepada kepada buku induk, dan buku induk itu adalah Al Quran. kata lain dari rujukan adalah referensi. hanya permainan kata-kata. Tuntunan berarti hal yang sudah ada alias petunjuk yang jelas. kalau kita belum tahu kan berarti mencari info, nah mencari info kan sama saja kita merujuk.. hemm. jauh dari syak wasangka buruk itu sangat susah. tidak akan paham sesuatu jika hanya melihat sesuatu dari satu sisi….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *