Imam sholat lah yang harus bertanggung jawab…

Menjadi imam sholat tidaklah mudah selain bacaan dan gerakan solat lebih baik, keadaan spiritual Imam juga harus baik, sebab Imam akan membawa makmum menghadap Allah. Keadaan spiritual Imam harus juga bisa mencakup para jamaah, sebab Imam tidak sholat sendiri tapi memimpin jamaah. Kalau Imam individualis ya apa bedannya dengan sholat sendiri. Rasulullah mencontohkan bagaimana beliau ketika menjadi imam penglihatannya bisa meliputi semua jamaah, Rasulullah mampu melihat keadaan jamaah meski beliau membelakangi jamaah. ya yang kita contoh tentu saja bukan penglihatan seperti beliau karena ini dibutuhkan kemampuan lebih, yang kita contoh adalah bagaimana rasulullah kesadaran bisa mencakup semua jamaah.

Menjadi imam dalam sholat harus bertanggung jawab penuh terhadap kekhusyuan, ketumakninahan dalam berjamaah. Untuk Imam harus belajar bagaimana sholat yang khusyu itu dan bagaimana sholat yang tumakninah sesuai dengan apa yang diajarkan oleh rasulullah. Sekarang ini sudah banyak buku buku yang membahas tentang khusyu bahkan ada pelatihannya tidak ada salahnya untuk mengikuti pelatihannya tersebut. Menjadi Imam sholat tidak hanya fasih fasihan karena lebih dalam dari itu adalah keadaan jiwa yang tenang yang bisa memvibrasi jamaah.

Jika anda adalah Imam masjid yang sudah tetap maka belajarlah bagaimana anda mampu memvibrasi jamaah dengan bacaan dan gerakan Anda. Jaman dulu seorang imam mampu membuat jamaahnya khusyu padahal jamaah tidak tahu apa itu khusyu tapi ketika menjadi makmum imam jamaah mampu merasakan getaran getaran khusyu tersebut, dan ternyata ini adalah kekuatan Imam dalam sholatnya.

kalau saya sholat berjamaah jika ada yang bersedia menjadi imam saya akan lebih senang karena tidak akan terkena tanggung jawab tersebut. Saya lebih senang dengan menjadi makmum karena saya bisa melambungkan jiwa saya berserah kepada Allah secara bebas ketika sholat berjamaah.

Kenapa Rasulullah mewajibkan sholat berjamaah dalam sholat karena memang sholat berjamaah bisa menjadi charge bagi jamaah, nah apakah sekarang ini terjadi hal yang demikian?,. makanya banyak yang sholat sendiri di rumah karena memang sholat berjamaahnya malah membuat sholat tidak lebih khusyu dibanding sholat sendiri. Hadis Rasulullah yang menyebutkan bahwa sholat berjamaah itu memiliki 27 derajat tentunya memiliki alasan yang positif bukan malah menjadikan sholat tidak lebih baik kan. Nah berarti sekarng yang harus di rubah adalah bagaimana imam ini sebagai agent of change bisa menjadi perubah dalam sholat.

Para imam sebaiknya mendapat pelatihan khusus terutama dari departemen agama yang membawahi seluruh masjid masjid. Saya tidak pernah mendengar DEPAG punya program khusus untuk para imam. Program untuk para imam masjid ini sangat penting karena para imam inilah yang bisa secara langsung membina umat.

model sholat berjamaah memang harus berubah, berubah untuk yang lebih baik saya kira tidak ada salahnya. saya mengkriti imam tapi saya juga memberi solusi. Saat ini saya sedang merancang model pelatihan sholat khusyu untuk para imam masjid. dan saya merencanakan pelatihan gratis untuk para Imam masjid. Semoga Allah memudahkan niat saya untuk bisa saya wujudkan.amin

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 thoughts on “Imam sholat lah yang harus bertanggung jawab…

    • Subhanallah Walhamdulillah
      saya tungggu pelatihananya agar imam2 di seluruh minimal Indonesia menjadi seragam terutama gerakan sholatnya
      Misnadi Ahmad Santoso Masjid Al-Muhajirin Tabanan Bali

  1. amiiin…setuju mas Pur,baiknya diprogram juga yang sehari-hari ini menjadi imam keluarga.. insyaAllah niatan mas Pur bisa terlaksana,amiin

  2. mas pur, apakah sudah mengkontak lembaga amil zakat yang ada di solo, ada baitul mal hidayatullah, ada laz solo peduli, lazismu, lazisnu, dan lainnya. biasanya lembaga2 tersebut ada program untuk peningkatan kualitas imam masjid.suwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *