ingin menjadi orang baik tidak boleh pakai nafsu

ketika seseorang terdorong hatinya untuk menjadi orang baik, entah itu karena habis melakukan dosa besar, atau tobat mendadak, atau tercerahkan sesaat, biasanya dorongan untuk menjadi baik sangat kuat dan bila tidak hati hati akan tercampur dengan nafsu. syetan tidak akan tinggal diam jika jika nasabahnya tiba tiba menjadi baik, syetan akan melakukan berbagai cara agar nasabahnya tersebut tetap tersesat dan mengikuti jalannya. kembali ke jalan Allah pun yang kelihatan lurus ini di modifikasi syetan agar tetap pada jalan yang tidak benar. berbuat baik tidak boleh tercampur dengan nafsu kita, berbuat baik harus ihlas karena Allah, dan dilakukan dengan relaks dan santai.

sholat , sedekah, dzikir dan amalan lainnya harus dilakukan dengan hati tenang, relaks, tidak dilakukan dalam keinginan yang menggebu menggebu dengan shalat sekian puluh rekaanm dengan sedekah puluh puluh rupiah, dengan dzikir sekian ratus ribu… dikhawatirkan amalan yang bersifat seperti itu akan melahirkan amalan dadakan dan tidak istiqomah, lebih mudah menimbulkan sifat sombong dan riya.

untuk menjadi orang baik sekali lagi kembali kepada Allah, dalam setiap beramal harus lurus karena Allah, jika karena nafsu akibatnya kurang menguntungkan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *